10 Alasan Kenapa Motor Lama Kita Pertahankan

suzuki

Yola dulur…… mungkin dari judul artikelnya akan dibenci ama pabrikan motor, karena ngompori pemirsa agar mempertahankan motor lamanya daripada membeli motor baru 😀 . Sebenarnya ini adalah artikel milik Pete Hetzman, penulis di rideapart, tentang pertimbangan mempertahankan motor kesayangan kita daripada membeli motor baru yang semakin membanjiri pasaran. tentunya di sini adalah motor untuk kesenangan diri,bukan motor untuk niaga maupun motor untuk menjalankan usaha. Kalau motor untuk keperluan ini mah, daripada habis untuk maintenance, mending ambil yang baru biar usaha tetap lancar.

honda cb 500
honda cb 500

Ya… tidak dipungkiri ahwa semakin ke sini, pasar motor semakin beragam. banyak motor baru diluncurkan dengan model dan desain yang semakin ciamik. Godaan performa yang lebih mumpuni juga semakin menggelitik adrenalin untuk segera mencicipi sensasinya. Lantas kita akan melihat motor lama kita menjadi jadul dan semakin ketinggalan jaman. godaan untuk segera merogoh rekening tabungan, menggesek kartu kredit, menghitung sisa cadangan dana untuk meminang motor yang kinyis-kinyis fresh from oven. apakah tuntutannya seperti itu? mari kita lihat dari sudut pandang lain. Kenapa motor lama kita layak untuk dipertahankan daripada meminang yang baruKita lebih mengenal motor yang kita miliki luar dalam

Kita sudahmengenal setiap sekrup, baut, saklar dan kabel, dari ujung stang sampai ke buritan. Kita sudah memiliki alat pada sebagian besar dari mereka, sekarang. Jika ada kerusakan atau kelainan kita akan segera mengatasinya dengan mudah, atau minimal segera mengetahui pokok permasalahannya. Jika mempunyai motor baru, bahkan merek yang baru , berarti harus belajar semua itu lagi.

Kenyamanan
Segala kondisi motor lama kita sudah kita kenal dengan baik. Rasa keempukan jok, reaksi suspensi dan lain-lain sudah sangat kita kenal. Kita mengendarai motor seperti bagian dari tubuh kita. Segala reaksi motor saat dikendarai seperti sambungan syaraf bagi kita. Itu membuat kita nyaman dengan motor lama kita saat dikendarai.

suzi fxr
suzi fxr

Kita kehilangan Investasi kita saat menjual motor lama kita

jika anda suka modifikasi motor, sudah berapa besar budget yang anda keluarkan untuk mengganti spare part modifan yang sudah nempel di motor anda? brake lever, footpeg, knalpot, jok, velk, kaliper rem, dan lain-lain. Semua akan hilang jika nada menjual motor kesayangan anda, dan tentunya motor itu akan dihargai seperti motor standar.

Masih Ada potensi di motor  lama kita

Mungkin kita sudah lama mengendarai motor kita, namun sudahkah semua potensi yang dimiliki oleh motor tersebut sudah tereksplore semua? Istilah kata, potensi terpendam dari motor kita masih belum dimunculkan, bisa dilakukan upgrade atau memang kita belum pernah mengetahuinya. Dengan memakai potensi maksimal dari motor tersebut, maka kita akan mendapatkan sensasi yang baru dari motor lama kita, sesuatu yang belum pernah kita rasakan sebelumnya…. padahal motor yang sama.

triumph bonneville
triumph bonneville

Kagak punya Doku alias duit

Saat keinginan menggebu untuk mendapatan motor baru, lihatlah dana yang anda miliki. Atau hitung ulang dana yang kita peroleh, cukup tidak untuk membeli motor baru. Jangan sampai setelah membeli motor, kita malah mengorbankan kepentingan yang lebih krusial. Atau memang kredit motor sangat ringan, namun begitu membayar cicilan…. weh…. sampai mecicil kalang kabut 😀 . Lebih baik pakai motor lama tanpa beban mencicil.

Meningkatkan Self-Esteem…kebanggaan diri

Motor lama kita bisa juga diupgrade dengan mesin yang baru, daripada menjadi sampah loakan. dengan memperbaharui mesin dengan yang baru maka motor kita akan menjadi unik dan lain daripada yang lain. motor lama dengan sensasi performa baru, tentu memberikan keasyikan lebih, dan tentunya mengundang tanya banyak orang…. dan itu adalah motor anda…….anda bisa bangga dengan itu.

yamaha Rd350
yamaha Rd350

Retuned ulang lebih murah untuk menyaingi performa motor baru

Dengan merefresh sektor mesin, seperti mengganti busi, upgrade ruang bakar, tuning mekanik profesional, menambah part performa, ganti mufmler system, remapping ECU, membuat motor lama anda bisa bersaing secara performa dengan motor yang baru

Dengarkan keluhan teman 

Saat kita kehilangan selera untuk motor lama kita, mungkin kita bisa berkaca dan mendengar keluhan teman kita yang merasa kehilangan motor kesayangannya, baik yang hilang dicuri atau terpaksa hilang karena dijual untuk kebutuhan lain. Begitu terasa kehilangannya saat itu, ini bisa membuat kita mensyukuri motor yang kita miliki.

Menciderai otak kita 

Motor baru dengan segala tetek benget fitur dan tehnologinya membuat otak kita terciderai karena terasa kosong… asing semua. Motor baru dngan segala sistem yang baru, pengaturan yang baru, part yang baru, throttle baru, sistem kopling yang baru yang semua rumit saat pengenalan awal. Berbda dengan motor lama kita, tinggal stater, tarik kabel kopling, tekan gas dan enjoy your riding.

Menumbuhkan cinta lama

Cobalah berkendara dengan motor lama anda, melewati jalur baru, naik turun gunung sambil menikmati indahnya pemandangan. Nikmati hembusan angin yang menerpa tubuh kita. Rasakan motor kita mengantarkan kita sampai sejauh ini untuk menikmati indahnya berkendara. Cinta lama pada motor anda akan tumbuh kembali…. daripada mengeluarkan duit untuk membeli motor baru.

Bonus : Love and Affection…… By Def leppard

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

20 Komentar

  1. Bertahan dg motor lama karena:
    -motor lama msh bagus(jare aku)
    -sdh senyawa dg ku
    -jati diri ku
    -katrok technologi baru
    -injeksi rumit ,ribet,
    -gk duwe duwit beli baru(tepok jidat)

  2. kalo ane mungkin lebih ke nilai historisnya, dgn segala jerih payah sampai mesti kucing2an dgn orng finance, waktu perjuangan yg tidak sebentar dan harga yg kalau ditotal bisa nyampe 2x bahkan 3x lipat harga cash motor pada saat pembelian, sumpah.. sakitnya tuh disini pada saat motor kita ditawar dgn harga yg malah ga sampai 1/8 dari apa yg kita kluarkan untuk menjaga motor kita teteap pada performa terbaiknya dgn alasan “kan motor seken mas” zzz..
    padahal dgn biaya yg mungkin ga sampai 1/4 dari harga yg ditawarkan orang ke kita, motor kita sudah balik remaja lg, bahkan klu motor ane saat ini malah ga kaget dengan performa motor2 baru, karena performa yg mereka jual saat ini dalah performa yg udah ane capai 2-3 tahun yg silam hanya dengan sedikit riset dan biaya dan tetap butuh keringat pastinya
    apalagi motor baru identik dgn performa & sales yg lebay..
    satu kata.. capede..
    dan akhir kata, sorry klu ane bukan orang yg berkecukupan n terlalu jujur bahkan terkesan lebay, tapi itulah apa adanya ane n si maroon, n thx buat om deka yg udah bikin artikel berguna ini 🙂

Silahkan Beropini