TVS Sedang Persiapkan Apache 200 Untuk Bendung Bajaj Pulsar 200 NS Yang Menggila

tvs-apache-180-

Yola dulur…. Info dadakan dari negeri ketipung dangdut, India. Tentang kumpeni motor yang dulunya kongsian ama Suzuki, dan sekarang menggandang BMW, TVS. Sudah agak lama TVS tidak merefresh motor sport naked mereka Apache, baik yang 160 maupun yang 200 cc. Apalagi bajaj pulsar yang terus menggila pasarannya dengan motor sport hasil selingkuhan dengan KTM, Pulsar 200 NS. Sayup-sayup terdengar TVS sedang menyiapkan new Apache yang naik kubikasi 20 cc menjadi 200 cc untuk segera bangkit agar kegilaan Pulsar 200 NS berhenti.

tvs-apache-180-
tvs-apache-180-

Memang si 200 NS ini mengevolusi mindset tentang motor naked yang punya value tinggi di India, dengan desain ala eropa, mesin tehnologi KTM, liquid cooled, twinspar perimeter frame, monoshock, kubikasi 200 cc power 23 dk on crank ( cmiiw). Bandingkan dengan Apache 180 yang masih air cooled, 180 cc, dual shock, desain kentara India terlalu commuter, power under 20 dk… Semua sisi lebih inferior dibandingkan Pulsar.Agar tidak terus tenggelam, ada bisikan bahwa TVS akan menelurkan new Apache 200 agar motornya bersaing melawan 200 NS. Selama ini kita tahunya TVS sedang mengembankan motor naked 250 cc, kerjasama dengan BMW, rencananya motor ini disebut dengan konsep Draken. Sehingga pengembangan motor 200 cc ini kurang terendus oleh media India sono.

TVS-Draken-250cc
TVS-Draken-250cc

TVS seperti kecolongan dengan move Bajaj tersebut. Maka dari itu, TVS akan mengambil langkah yang sama, yaitu membengkakkan kubikasi mesin 180 ke 200 cc, seperti langkah Bajaj. Belum jelas akan seperti apa, apakah membore-up mesin apache 180 atau completely new engine. Untuk soal desain, kemungkinan besar TVS akan merombak total, mengingat kesan ketertinggalan dibandingkan Pulsar 200 NS. Dan TVS punya basis desain yang keren… Draken yang merupakan desain eropa diharapkan bisa menarik publik permotoran.

Namun sepertinya motor ini bukanlah proyek kerjasama dengan BMW. Karena kerjasama mereka mulai dari motor 250 cc ke atas untuk motor sportnya. Meskipun bukan bagian kerjasama dengan BMW, akan sangat menarik menunggu bentuk utuh dari new Apache ini…. Semoga sudah monoshock, desain eropa, liquid cooled, power di atas 20 dk, sporty, seat height bersahabat jika ingin melebarkan sayap di marih. Jangan terlalu India lagi desainnya, soal kerapihan dan kualitas…. I trust U TVS….

Bonus…..Apache Indian … Chok┬áThere

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

10 Komentar

  1. Ane pernah nyoba tes ride TVS APACHE & BAJAJ 180
    Perasaan untuk mesin TVS lebih halus reduksi dari BAJAJ, dan untuk Riding Posision juga enak TVS
    Kalau masalah performa gak tau deh bagus mana.

Silahkan Beropini