Uji Irit Address Nggak Begitu Mengagetkan, Lha Wong Nex Aja Bikin Satu Pabrikan Sewot

suzuki address
suzuki

Yola dulur…. Mengiringi peluncuran metik Suzuki Address, sebelumnya sudah dilakukan uji konsumsi bbm dengan metode ECER40. Dan hasilnya, untuk sementara mengungguli metik-metik merk lainnya. Sebenarnya hal ini nggak begitu mengagetkan, lha wong mesinnya sama dengan mesin Nex kok. Padahal dulu pernah dilakukan uji irit tiga metik beda merk oleh media online, dan hasilnya Nex menjadi metik yang paling irit. Ini membuat salah satu pabrikan sewot dan ngambek menarik diri dari uji coba.

suzuki address
suzuki address

Soal irit di kelas metik emang sengitip. Karena motor ini menyasar ke kalangan umum yang lebar sekali pasarnya. Inilah core sebenarnya penjualan motor di sini, dimana dulu diisi oleh kelas moped aka bebek. Sebagai motor daily use, tentu soal keiritan akan menjadi faktor penting.

tes-bbm address.. pinjem dari lek ari
tes-bbm address.. pinjem dari lek ari

Soal metode uji konsumsi bbm suzuki Address sendiri dilakukan selama 2 hari berturut-turut. Dilakukan uji dengan mengendarai motor seperti normal sehari-hari di jalan super sibuk dan macet di daerah bekasi. Selain dikendarai single, juga dilakukan pengendaraab secara boncengan. Pokoke seperti penggunaan sehari-hari.

Waktu pengujian juga mulai pagi hari ke siang hari maupun siang ke sore hari. Dengan uji seperti ini Address menghasilkan konsumsi bbm sebesar 53 km/L . Dengan angka seperti itu tentu membuat Address paling irit dibandingkan yang lainnya yang hasilnya masih dibawah 50 km/L. Mungkin hasil ini akan membuat gerah pabrikan lain, lha wong tes ini dilakukan oleh internal suzuki sendiri.

tes-bbm address
tes-bbm address

Tapi sebagai gambaran, dulu pernah dilakukan tes uji irit 3 metik beda merk oleh media Detikoto. Dan ternyata hasilnya suzuki Nex paling irit dengan angka 60,3 km/L dengan bobot rider 60an kg. Tentu hasil ini membuat berang pabrikan yang mengklaim metiknya paling irit kok malah paling bontot dengan hasil 57,5 km/L.

Pabrikan tersebut melayangkan protes dan minta uji ulang dengan syarat
– Bobot Pengendara/Rider diatas 75 Kg
– Jarak tempuh sama, tetapi rute diganti dengan jalur yang banyak lampu pengatur lalu lintasnya
– Pengujian kedua dilakukan saat jam makan siang, sehingga jalur kendaraan lebih padat

Suzuki_nex
Suzuki_nex

Kemudian dilakukan uji ulang lagi sesuai syarat tersebut, namun pihak yang protes sudah terlanjur ngambek dan tidak mau meneruskan uji. Tinggal 2 metik beda merk yang diuji ulang… Dan hasilnya…. Malah lebih irit lagi itu Nex, dengan menghasilkan angka 65,9Km/liter. Dengan hasil ini, sampai sekarang belum ada konfirmasi lagi dari pihak yang protes tersebut…

Menurut Pak Endro, orang Suzuki : Otodetik adalah media Netral ” Kita gak minta kok dilakukan pengujian keiritan SUZUKI Nex, itu inisiatif mereka (otodetik) sendiri melakukan pengujian”

Dan sepertinya info ini sahih… Lha wong ane masih nyimpen testimoninya kok…. πŸ˜€ . Meskipun nggak selisih banyak, bagaimanapun brand image emang sengitip…. Apalagi klaim paling irit, begitu ada yang uji ulang nggak terbukti…wajar kalau sewot πŸ˜€ …. pride gitu loh….

Bonus… U2… Pride….. In The Name Of Love


Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

20 Komentar

  1. Maklum bosssss

    Itu kmrn cebong cuma ϑ‘ imbangin sinchan sohc 5 speed jg blogger2 ternakan ahem ahem pd protes minta ϑ‘ ulang dgn alasan ξœ—Π²Π²ΠΌο£« harus disamain pertamax lah itu lah ini lah

    Pokoknya kalo honhon blm menang bakalan protes mulu

    Menangnya cuma ϑ‘ congor fbh kambing

    Ngoahahahahahaa

  2. seirit2nya matik, kok masih irit pulsar135 ane ya, biasa riding magelang – jogja, speed 60-90km/h variatif tergantung kondisi keramaian jalan masih dapet 60-65km/ ltr premium. belum lg pake pertamax ron 92, tembus diatas 70 km/ltr….

      • mmg pulsar ajib konsumsi bbmnya, gara2 dobel busi bensinya jadi kelewat irit, padahal masih karbu vakum setipe ama punya byson,
        bener2 pake pulsar 135 masalah bensin jd gak pernah mikir, isi 25 rb dah sampe lupa kapan belinya , padahal tiap hari dpake trus, istilah teman saya “irit dunia akhirat!!!!” bebek honda 100cc yg katanya paling irit aja paling jg cm tmbus 50-55km/ltr kok
        cuman ketar-ketir kalo sparepart agak sulit coz BAI tutup!!!!!

Silahkan Beropini