Upgrade CBR150R Ringan Ala Ultraspeed…. Pakai Upgrade-an CB150R SF.. PNP

Yola dulur… info dadakan tentang dunia upgrade-upgrade-an. New CBR150R memang baru saja diluncurkan, belum ada 2bulan, namun tentang part upgrade motor ini sudah tersedia di beberapa motor shop. Salah satunya adalah paket upgrade ringan ala Ultraspeed Racing jakarta. Kenapa bisa secepat itu tersedia? karena mesin cbr150r ini memang identik dengan mesin CBSF yang sudah berkeliaran sebelumnya.

cbr150r omr
cbr150r omr

Daya tarik upgrade peforma memang sebuah racun khusus yang untuk sebagian kalangan merupakan sebuah addict. Apalagi dipengaruhi oleh motor-motor CBR150 yang digunakan oleh HRC untuk balap OMR yang jelas-jelas sudah bukan standar lagi. Jin-jin bergentayangan mencari korban yang mau dipengaruhi 😀 . Ultraspeed racing memang sudah cukup berpengalaman tentang upgrade motor, khususnya untuk mendongkrak performa motor untuk harian. Sedangkan part-partnya sendiri karena memang identik dengan CBSF, maka lebih mudah didapatkan, apalagi sekelas USR.

“Mesin All New CBR150R, mirip dengan bawaan CB150R StreetFire. Jadi beberapa part aftermarket untuk mendongkrak performa, sudah tersedia di pasaran dan bisa plug and play,” kata Freedy Gautama dari Ultraspeed Racing di Jl. Panjang, Jakbar.

Nah… untuk mendongkrak performa CBR150R untuk spek harian, USR menyediakan paket upgrade ringan untuk CBr150R ini. Hanya ada 4 part yang dicangkokkan ke CBr150, menggantikan part yang masih standar. Part-part tersebut adalah

ECU aRacer
ECU aRacer

ECU
ECU yang dipakai adlah model stand alone bermerk aRacer tipe RC1, bisa diandalkan untuk menggantikan fungsi ECU bawaan pabrik. ECU ini sebenarnya memang bukan spesifik untuk All New CBR150R, namun fitur yang disediakan bisa untuk membantu saat melakukan upgrade performa.

“Dengan aRacer RC1,  bisa disesuaikan dengan motor apa yang dipakai dan setingannya bisa lebih advance. Setingnya tentu via laptop dan software di kasih ke pembeli,” jelas Freddy.

Dalam 1 paket produk RC1, juga termasuk perangkat iMODE. Perangkat ini lebih berfungsi sebagai gadget bagi penggunanya, karena setingan kebutuhan mesin langsung melalui laptop. iMode memiliki tombol pengubah setingan mesin dari yang advance ke ecoriding. Artinya motor yang sudah diseting pol-polan identik dengan boros bahan bakar, bisa langsung berubah ke setelan irit bahan bakar. Untuk sekarang, ECU ini bisa ditebus semahal Rp 5,8 juta saja.

knalpot wrx oval series
knalpot wrx oval series

Knalpot
Muffler tipe oval yang punya spesifikasi untuk balap, bisa jadi pilihan buat yang hendak upgrade saluran gas buang. Atau bila hanya mau buat pemakaian harian, pabrikan knalpot WRX menyediakan tipe GP6. Dengan spesifikasi balap, maka power maupun torsi mesin akan lebih nongol pada putaran mesin menengah sampai atas. Sementara model GP6 yang untuk harian, power maupun torsinya lebih lebar sampai putaran mesin bawah.
Ke-2 produk tersebut sama-sama menggunakan bahan dari stainless steel. Soal harga jual, dua-duanya bisa ditebus dengan banderol Rp 1,2 juta saja.

Kampas_kopling_WRX
Kampas_kopling_WRX

Kampas Kopling
Penggunaan kampas kopling aftermarket, seperti biasa bisa jadi solusi untuk bikin akselerasi motor lebih galak dari standarnya. Itu karena pemakaian bahan pada produk aftermarket lebih bagus dari bawaan pabrik.
Kampas kopling buatan dari WRX  ini cukup dibanderol dengan harga Rp 200 ribuan, bisa dijadikan alternatif pilihan.

per kopling racing
per kopling racing

Per Kopling
Performa All New CBR150R sudah di-upgrade, maka kampas koplingnya harus bisa lebih kuat mencengkeram pelat gesek. Untuk bisa seperti itu, maka dibutuhkan per kopling yang lebih kuat tekanannya. Biasanya ‘dibubuhkan’ pada per kopling yang dibanderol dengan harga Rp 200 ribuan

Dengan total biaya RP 7,5 juta rupiah kurang 100 ribu, maka performa CBR150R akan meningkat dibanding standar keluaran pabrik. Bagi yang tertarik, silahkan hubungi saja perform-shop di atas. Bagi yang suka oprek sendiri, bisa menjadi acuan upgrade CBR150R-nya…. Kalau udah diupgrade, gunakan sebijak mungkin… ngebutlah pada tempatnya, yaitu sirkuit. Kalaupun di jalan umum pastikan kondisi sepi jauh dari pemukiman…. resiko tanggung sendiri…..

Sumber : Otomotif

Bonus….. Speed King…. Deep Purple

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

22 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*