Inilah Kesalahan Marquez Yang Tanpa Ia Sadari Menjadi Penyebab Doi ” Merumput “

Yola dulur….misteri ndlosornya Marc Marquez di seri Philip Island minggu kemarin masih menjadi perdebatan seru. Dari pihak fans-nya masih kukuh berpendapat sesuai komentar Marquez, bahwa doi sedang mencoba-coba style balap ala Doohan dan gagal. Kalau alasannya ini, baru setengah benar, namun ada yang lebih bikin 😀 😀 ….. yaitu pendapat bahwa Marquez sudah enggak termotivasi terhadap sisa balapan, cari-cari alasan agar bisa balap cepat dan istirahat, makanya dengan sengaja mendlosorkan diri…  😀 . Oleh David Emmet pada artikel terdahulu sudah disinggung faktor penyebabnya ( cek artikel ini ) . Namun masih saja ada yang ngeyel ( selevel  David Emmet aja mereka nggak percaya 😀 ), sekarang deka akan berikan hasil wawancara ibu Samantha Wanless, writer Visordown ke Marquez sendiri. Dari hasil wawancara tersebut bisa disimpulkan penyebab “merumputnya” doi, dihubungkan dengan analisa pakdhe David Emmet.

marquez crash
marquez crash

Meskipun Marquez telah dinobatkan sebagai juara dunia MotoGP 2014 dan tidak mungkin ada kemungkinan kehilangan di sisa balapan, namun tersingkir dari balapan mungkin bukan rencana. Pembalap muda asal Spanyol ini berjuang keras untuk melewati pembalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo untuk memimpin dan berhasil menjauh memimpin empat detik.

Pada sepuluh lap tersisa, sang juara dunia MotoGP dua kali ini masuk ke Lukey Heights, dan ia kehilangan bagian depan, meluncur di aspal dan ke rumput, kemudian tidak dapat melanjutkan balapan.

Berbicara di Phillip Island, Marquez mengatakan: “Hari ini masalahnya adalah saya mencoba untuk melakukan race yang berbeda, saya mem-push  lebih banyak dari awal dan saya bisa membuat gap yang besar denagn pembalap belakang saya  ( seperti halnya yang dilakukan oleh Mick Doohan di masa lampau…. red. deka ).

“Ketika saya mengetahui suhu lebih dingin saya mulai menjadi sedikit lebih lambat, hanya 0.5 detik, karena aku berhati-hati di sudut kanan tapi ban semakin dingin dan dingin, dan seperti semua orang, kecelakaan kami benar-benar telak, terkunci di ban depan. ‘

Seorang Marquez yang bingung mencoba untuk menjelaskan kecelakaan nya: “Saya tidak tahu apa yang terjadi sebenarnya karena kami memeriksa data kecepatan yang sama, tekanan rem yang sama, semuanya sama tapi OK kita tahu untuk bekal tahun depan tapi tentu saja hari ini saya mencoba race yang berbeda dan itu bisa terjadi ketika Anda membalap tanpa tekanan. “

kondisi ban setelah balapan philip island
kondisi ban setelah balapan philip island

Yups… berdasarkan penuturan Marquez sendiri, doi mengetahui suhu ban yang ngedrop, dan doi sudah menurunkan kecepatan 0,5 sec tiap lap. Namun itu belum cukup untuk mengatasi efek dari penurunan suhu tersebut. Coba telaah lagi penuturannya di paragrap terakhir, doi masih menggunakan tekanan rem yang sama, data kecepatan yang sama seperti lap-lap awal….. dan doi bingung kenapa masih bisa ndlosor…. Nah…. dilain sisi kita tahu, kemampuan grip ban sudah dibawah performa pada lap-lap awal, apalagi ditambahi dengan penurunan suhu aspal, tekanan rem yang sama di lap-lap awal tentu belum mempengaruhi grip ban, namun di 10 lap sisa tentu berbeda dong saat dilakukan tekanan rem yang sama…… dan itu yang membuat doi merumput tadi…..Hal inilah yang kemarin disinggung oleh David Emmet.

Ada pertanyaan lanjutan, kenapa hal ini tidak terjadi di seri Motegi, dimana terjadi penurunan suhu aspal juga? kenapa Marquez tidak ndlosor waktu itu, kan kondisinya hampir sama?…. Nah…. gampang saja kalau kita mengikuti balapan race waktu itu….. di akhir-akhir lap doi sudah tidak terlalu mem-push terlalu keras motornya untuk menyalip Lorenzo, karena selama didepan Rossi dan Pedrosa, doi sudah cukup poin untuk menjadi juara dunia…. Clear??????

Sumber wawancara : Visordown

Bonus : kesalahan yang lugu…. An Honest Mistake By….. The Bravery

Semoga bermanfaat

Wassalamaualaikum

19 Komentar

  1. wajar, baru 2 thn di moto gp, msh banyak hal yg dipelajari,

    rossi juga kadang dlosor, walu dah kenyang makan asam garam moto gp.

    artinya semuanya itu manusia

Silahkan Beropini