Dunia Permotoran Bukan Hanya Milik Fans Honda Dan Fans Yamaha ( Fenomena Blog Permotoran )

Yola dulur…… Tulisan ini berlaku hanya untuk yang merasa supporter Honda dan Yamaha. Dunia perbloggeran, khususnya permotoran sangat ramai sekali. Baik blogger itu sendiri dengan karakter masing-masing, maupun pemirsa baik yang jelas identitasnya atau yang abu-abu bahkan berubah-ubah warna membuat begitu beragamnya “Rasa” blogsphere motor.

(ilustrasi)

(ilustrasi)

Namun diakui atau tidak, warna yang paling dominan di ranah blog hanya ada dua. Yaitu warna Honda dan Warna Yamaha. Hanya ada dua kutub itu yang dirasakan paling kuat.

Ketika seorang blogger menulis sebuah artikel tentang sebuah motor dari kedua merk tersebut, maka akan ada cap yang mengikuti setelah artikel itu dibaca oleh pemirsa. Yang satu sisi bilang blog ini pro Y, disisi lain bilang pro H, sesuai interpretasi masing-masing kepala. Ini terjadi hampir di semua blog, bahkan selevel IWB pun mengalaminya.

Ketika seorang blogger menulis kelebihan sebuah motor, maka dianggap pro pada merk itu. Begitu pula saat menulis kekurangan sebuah motor maka akan dicap ngepro merk sebelah. Bahkan ketika menulis tentang motor diluar Honda dan Yamaha pun masih dianggap sembunyi di ketek merk lain πŸ˜€ . Kalau dipikir dalam-dalam tentang komentar-komentar dari suporter merk….bikin stress blogger ae πŸ˜€ .

ilustrasi-pengunjung-blog_663_382

Padahal ada kalanya blogger menulis kekurangan sebuah motor itu tujuannya baik, agar ada perbaikan sehingga konsumen motor mendapatkan barang yang bagus. Dilain sisi juga mengingatkan produsen motor untuk menjaga kualitas maupun mengeluarkan produk yang sesuai selera masyarakat. Kalau ini berjalan kan sama-sama menguntungkan, konsumen senang, produsen untung.

Namun begitulah suporter kedua merk tersebut, mereka seperti ingin menarik blogger ke kubu mereka. Padahal dunia permotoran bukan hanya Honda dan Yamaha, ada suzuki, kawasaki, TVS, bahkan ada Viar dan MAK yang mewakili produk lokal. Nah ketika blogger menulis motor diluar merk tersebut, tentu penerimaan para pemirsa berbeda-beda sesuai interpretasi masing-masing. Kalau background-nya H, tentu akan berbeda dengan yang background-nya Y. Padahal blogger sendiri menulis sesuai sudut pandangnya sendiri.

Kadang deka ikut kasihan melihat sedulur blogger dibully oleh supporter merk yang kecewa karena tulisannya enggak sesuai dengan pemikiran mereka. Kalau sebatas membantah atau beda opini yang berlanjut ke arah perdebatan dan diskusi sih enggak masalah. Deka sendiri kadang kalau emang beda opini dengan blogger lain ya akan diungkapkan, sebatas lempar opini.

Namun kalau sudah ke ranah mengumpat,melecehkan mendiskreditkan, memaki, menyinggung kehidupan pribadi, bahkan pembunuhan karakter itu yang bikin deka merasa kasihan. Kalau deka sendiri sih udah cukup kenyang dengan semua itu di kehidupan nyata. Bahkan dari SD ketika deka kecil bercerita tentang Sapi Laut dan diketawai oleh seisi kelas plus guru. Pun demikian saat deka kecil bilang ban motor balap motogp itu gundul dan diketawai teman-teman sekelas, deka udah bisa nerima… Walaupun kenyataan yang diceritakan itu benar namun memperoleh cibiran penghinaan.

Ane juga turut prihatin kalau hinaan dan bullying ini terjadi pada orang yang sensitif, dan membuat perasaan yang tidak enak, bahkan ada yang membuat blogger tersebut enggan melihat warungnya sendiri karena dibully melalui kata-kata sebab dianggap berseberangan dengan keinginan mereka. Dan rata-rata ya diantara kedua kubu ini. Bahkan merk motor apa yang dipunya blogger pun bisa menjadi cap blogger tersebut di kubu mana, kalau enggak H ya Y.

courtesy compumotor

courtesy compumotor

Bahkan blogger dengan background merk kawasaki maupun suzuki-pun suporter merk H dan Y masih bisa menggiring opini sesuai dengan kepentingan mereka masing-masing. Tapi kalau sudah bicara merk diluar jepang, semisal India, china, bahkan merk lokal mereka kompak…. Kalau enggak underestimate ya melecehkan. Bahkan untuk produk lokal seperti Viar dan Mak pun mereka membuatnya menjadi bahan lelucon.

Padahal mereka lah tonggak merk nasional yang masih bertahan, cikal bakal kemandirian permotoran. Memang sebagian masih ada yang diimpor, desain niru merk mainstream….namun itu lumrah sekali. Motor jepang pun dulunya juga niru motor eropa dan amerika pada awalnya. Jadi kalau belum berani membelinya, minimal diam…. Kagak perlu ngoceh menghina produk tersebut, itu bagian kecil dari rasa nasionalisme.
Dunia perbloggeran motor bukan milik supporter yamaha maupun honda saja. Semua merk boleh ikut meramaikannya, sesuai dengan kadar dan eksistensi mereka. Selama cara pandang melulu dari dua kubu ini maka wawasan permotoran akan nampak sempit, padahal dunia permotoran sangat beragam dengan karakter masing-masing. Dan itu yang membuat ane jatuh cinta pada dunia permotoran…..

Inilah opini dari blogger dan biker awam tentang fenomena perblogger motor sekarang ini…. Jika ada opini lain silahkan dishare saja, bebas asal sopan. Terima kasih…. Maaf jika artikelnya terlalu panjang.

Dedicated to : Eno Anderson

Bonus ….. The Sneaker…. More Than Just Two Of Us

 

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

22 Komentar

Filed under mental attitude, opini

22 responses to “Dunia Permotoran Bukan Hanya Milik Fans Honda Dan Fans Yamaha ( Fenomena Blog Permotoran )

  1. untung aku pakai megison aman dah..

  2. datuktoman

    Ya begitu lah yeng namanya fansboy,..

  3. KLX Adventure

    Sing sabar kang

    Tapi jujur saya baru tau ada merk lokal Mak 😐

    ===========

    Kawasaki KSR 110, Motor Mungil Tapi Bukan untuk Anak Kecil http://klxadventure.com/2014/10/22/kawasaki-ksr-110-motor-mungil-tapi-bukan-untuk-anak-kecil/

  4. Kalo saja pasaran motor indo gak didominasi 2 pabrikan jepang itu… mungkin beda cerita bro…

    http://omahmotor.wordpress.com/2014/10/23/antara-honda-all-new-cbr150r-dan-yamaha-r15/

  5. wong deso

    pasti fbh nih…. wkwkwkwk…..

  6. win aja

    wow
    dedicated for EA

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s