KTM RC Mungkin Akan Dipersenjatai Sistem Slipper Clutch

Yola dulur…. info dadakan dari negeri ketipung dangdut India. Kali ini tentang kabar motor sport full fairing dengan rangka trellis asli nan menawan, KTM RC. memang secara resmi pabrikan belum mengkonfirmasi, namun bocoran dari orang dalam mengatakan bahwa motor RC series akan dilengkapi dengan sistem slipper clutch pada transmisinya.

ktm rc-series
ktm rc-series

Sudah menjadi tradisi untuk menggunakan slipper clutch di sebuah motor balap atau motor berperforma tinggi. Saat ini, sebagian besar motor kinerja tinggi menggunakan kopling slipper clutch, seperti Yamaha R1, Suzuki Hayabusa dan Honda VFR1200F dan lain-lain. Kawasaki Ninja 300 juga mendapat kehormatan untuk dipasangi kopling slipper clutch ini, yang membedakannya dari Duke 390, dimana fitur ini absen.

Assist dan slipper clutch beroperasi dalam kondisi operasi normal untuk memberikan tenaga mesin ke transmisi. Assist cam memiliki mekanisme self-servo, sehingga akan membantu pengendara untuk merasakan operasi kopling lebih rinngan. Slipper cam akan berfungsi saat ban belakang mengalami pengereman berlebihan atau saat perpindahan gear persneling  yang membuat ban berputar lebih cepat dari kopling itu sendiri. Jadi Slipper clutch akan memisahkan hub kopling dan pelat gerabox (CMIIW).

Dengan Sistem kerja ini, motor akan akan terasa berkurang engine brake dari ban belakang karena rotasi dari ban dipotong oleh Slipper cam. Untuk motor dalam mode balap  dengan slipper clutch ini akan ada pengaturan di mana kita dapat mengatur seberapa banyak engine brake yang kita inginkan sebelum cam Slipper akan berfungsi dalam operasi mesin.

KTM India resmi meluncurkan RC390 dan RC200 untuk pasar India dan global diluncurkan pada acara yang sama. Pemesanan untuk kedua sepeda motor mulai bulan lalu dan pengiriman juga sudah mulai. The slipper clutch baru akan menjadi tambahan baru untuk sepeda motor RC, jika diperkenalkan.

Sumber : Bikewhale

Bonus : bicara slipper-slipperan alias licin,  ane kasih bonus lagu Dokken…. Slippin Away

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

Silahkan Beropini