14 Pengembangan Motor Paling Penting Abad Ini

Yola dulur… artikel ini merupakan saduran tulisan dri Rideapart, namun sangat menarik perhatian deka.Maka dari itu ane sadurkan buat pemirsa, untuk menambah wawasan akan dunia permotoran. Perkembangan tehnologi dan pengembangan motor memang terus akan terjadi. Artikel ini mungkin hanya berlaku sampai sekarang, karena kedepannya pasti akan ada temuan inovasi-inovasi dalam tehnologi motor. Namun tidak salah jika sejauh ini sudah dirangkum perkembangan tehnologi motor yang sangat berpengaruh pada motor yang ada sekarang. Mari kita simak bersama-sama.

throttles body
throttles body

Mesin Injeksi
Memang benar bahwa Kawasaki memulai debutnya sepeda motor dengan tehnologi fuel injection pada awal tahun 1980, tetapi EFI tidak mencapai kesesuaian yang diharapkan dan diadopsi oleh hampir menyeluruh oleh industri sampai awal 2000-an. Sistem bahan bakar saat ini menggunakan beberapa bank dari injector, kontrol digital yang canggih dan pemetaan mesin, peta bahan bakar switchable dan ride-by-wire throttles untuk memberikan hasil yang konsisten, efisien, tenaga handal, instan sejak Anda memencet tombol starter.

yamaha YZF-R6
yamaha YZF-R6

Yamaha YZF-R6
Yamaha R6 mungkin telah memasuki produksi pada tahun 1998 dan langsung menghancurkan persepsi industri motor tentang sebuah motor yang kelas menengah seharusnya seperti apa. Ini adalah pertama kalinya motor kelas 600 cc yang memecahkan dinding 100 hp, dimana performa ini iasa dicapai dengan mesin 1000 cc beberapa tahun sebelumnya.  Masing-masing evolusi utama dari R6 mengangkat pamor dimana sportbikes 600cc akan dinilai, mengungguli motor-motor dari the Big 4 selama hampir satu dekade. Yamaha menginvestasikan beberapa nya teknologi canggih pada  R6, termasuk ride-by-wire throttle, a stock slipper clutch, dan variable length intake stacks.

bmw s1000rr
bmw s1000rr

BMW S1000RR
Hingga tahun 2008, BMW telah terkenal sebagai besar produsen motor yang unik, heavy touring and adventure berat yang bisa dikendaraioleh orang tua maupununtuk balapan Dakar Rally. Mereka telah bermain-main dengan variasi yang lebih sporty pada tema itu, dalam bentuk R1100S (of Boxer Cup fame) dan K1200S, tetapi tidak menghasilkan apa pun yang serius bisa bersaing dengan motor-motor Jepang yang mematikan.

Semua itu berubah dengan debut S1000RR, rudal 193 hp ditujukan langsung pada bagian atas kelas Superbike. Motor ini memepertahankan karakter sebuah BMW,namun juga tidak kekurangan akan hal yang menakjubkan, baik dari segi teknologi dan kinerja.

motoczysz
motoczysz

MotoCzysz E1pc
Jika kita akan memesan daftar ini, motor ini mungkin akan berada di puncak. Ketika mimpi Michael Czysz ‘dari mesin MotoGP buatan Amerika pupus oleh beralih ke powerplants 800cc, ia memutuskan untuk membangun sesuatu yang lebih radikal daripada C1. MotoCzysz E1pc bukanlah motor balap listrik pertama, tapi itu yang pertama yang tampak lebih seperti fiksi ilmiah dari proyek ilmiah. Dengan pembalap harian Amerika Mark Miller kapal, ia memenangkan 2010 TT zero balapan di TT Isle of Man , dan mengulangi prestasi selama dua tahun ke depan dengan Miller dan Michael Rutter. Rutter “memecahkan rekor” di TT pada tahun 2012, rekaman lap dengan kecepatan rata-rata 104 mph. E1pc adalah motor yang melegitimasi gagasan bahwa sepeda listrik bisa terlihat keren, kencang, dan suatu hari nanti bersaing dengan mesin pembakaran internal. Hal itu membuat produsen utama duduk dan memperhatikan, yang mungkin apa yang mengubah lanskap sepeda motor lebih dari apa pun sesuai abad yang terus berkembang.

dual compound ban
dual compound ban

Ban Compound ganda
Di tahun 90-an, Anda memiliki dua pilihan ketika memilih ban untuk sepeda motor Anda. Anda bisa membeli ban yang grippy, namun berlangsung sekitar dua minggu, atau ban yang akan dapat melalui musim panas, tapi yang keras seperti batu.

Michelin membantu mengubah semua itu dengan pengenalan ban seri 2ct mereka. Mereka  sangat sukses melakukan proyek Percontohan ban dalam dunia race,  menambahkan senyawa soft di sisi ban, akibat langsung dari pengalaman mereka membangun ban untuk MotoGP. Produsen lain mengikuti, dan sekarang ban dual-cpmpound dapat ditemukan di ban sport, touring dan bahkan offroad.

aprilia-rsv4-
aprilia-rsv4-

Aprilia RSV4
Seperti S1000RR, Aprilia RSV4 adalah motor yang membawa legitimasi kembali silsilah balap ke merek Italia . Aprilia telah membangun secara indah, jika sepeda motor kurang bertenaga itu menyakitkan. Mereka tidak menikmati kesuksesan yang luas di trek balap sejak runtuhnya 2-strokes. RSV4 mengubah semua itu (kecuali bagian mahalnya harga), memenangkan gelar World Superbike pada tahun 2010 dengan Max Biaggi, hanya dalam musim kedua kompetisi .

Merek lain yang tersisa untuk mengerang Aprilia adalah mesin MotoGP “terselubung tipis”, yang mungkin benar, tapi itu juga indah, cepat, dan merupakan dorongan yang sangat dibutuhkan untuk produsen yang sebelumnya tanpa arah.

yamaha YZ250F_
yamaha YZ250F_

Yamaha YZ250F
Pertama, argumen adalah bahwa dirtbikes 4-stroke hanya mainan. Maka dari itu jika mereka hanya bisa berhasil dengan kubikasi yang lebih besar, mereka akan terlalu berat, dan Anda tidak bisa melakukan akselerasi sangat tinggi. Kemudian Yamaha melemparkan YZ250F, dan persepsi itu jatuh ke lantai begitu keras bahwa 125cc dua-stroke menjadi tidak relevan hanya dalam waktu hampir semalam. Sensasi kecil akan rev ke stratosfir 14.000 rpm, tidak berat lebih dari 125 cc, dan membuat sekumpulan torsi di mana-mana. Sementara model awal yang memberikan rasa sakit pada pemain-pemain raksasa untuk me-restart, lanskap motorcross tidak akan pernah sama setelah debut YZF itu.

airfence
airfence

Airfence
Keamanan saat rider jatuh di arena balapmotor sebagian besar saat latihan dalam disipasi energi. Sementara jawaban yang jelas untuk rider untuk menghantam dinding dan ban pengaman adalah untuk memindahkan dinding, kadang-kadang itu tidak praktis atau tidak mungkin. Pasir perangkap dapat membantu jika mereka dipersiapkan dengan baik, tapi dengan motor menjadi lebih powerfull dan kecepatan sudut meningkat, solusi, lebih murah lebih baik daripada mendesain ulang trek setiap musim diperlukan. Masukkan Airfence.

Airfence  mulai muncul di trek di seluruh dunia pada awal 2000-an, dan hari ini telah menjadi bagian dimana-mana di balapan MotoGP sampai balapan lokal. Pembalap menghantam dinding yang tidak dilindungi hampir tidak pernah terdengar saat ini, dan untungnya, begitu juga luka parah yang mengeringi kecelakaan seperti itu.

harley davidson V-Rod
harley davidson V-Rod

Harley-Davidson V-Rod
Ketika sebuah merek begitu mendalami image dan tradisi seperti Harley-Davidson menciptakan sesuatu di luar ciri-ciri dan mindset merk tersebut tidak selalu dalam cara yang baik. Tapi ketika HD meluncurkan V-Rod pada tahun 2001, itu jelas mereka telah melakukan dengan benar.

VRSC panjang, rendah, dan kurang ajar. Revolusi dari powerplant adalah air-cooled dan bahan bakar injeksi, dan benar-benar mampu membuat daya yang baik. Dalam bentuk drag race, motor itu diakui cepat.Motor ini juga tidak begitu mengerikan harganyal. Singkatnya, itu tidak seperti hampir semua hal yang Harley telah bangun selama beberapa dekade terakhir, dan itu memberi Motor Company udara relevansi yang sangat dibutuhkan untuk memposisikan diri secara kompetitif dengan pembalap generasi baru .

Honda RC211V
Honda RC211V

Honda RC211V
Ketika diumumkan bahwa MotoGP akan mulai memungkinkan 990cc empat-stroke dimulai dengan musim 2002, ada banyak menangis dan menggeretakkan gigi oleh fans balap Grand Prix . 2-stroke memiliki jiwa, mereka menangis, mengingat hal-hal indah dunia permesinan. Tetapi ketika RC211V tiba di lokasi, hampir semua orang cepat lupa keraguan mereka.

Honda secra mengejutkan sangat cepat, dan di hari-hari awal pengembang elektronik pendukung, adalah mesin liar untuk dikendarai. Valentino Rossi memancing perhatian semua orang ke sebuah RCV pada tahun 2002, menerangi sisa balapan dengan 11 kemenangan dari 16 balapan, dan memenangkan kejuaraan dengan selisih 140 poin. Pada musim berikutnya, Honda telah melakukan tambahan 40 tenaga kuda, dan tanpa pembelotan Rossi ke Yamaha pada tahun 2004, kemungkinan akan mendominasi sisa era 990 .

armor CrossShirt
armor CrossShirt

Armor

Peralatan riding telah berkembang dalam segala hal selama empat belas tahun terakhir. Bahan canggih, teknik konstruksi yang lebih baik, bobot yang lebih ringan dan ventilasi yang lebih baik tersedia di seluruh bagian, bahkan dari merek entry-level. Tapi mungkin perkembangan yang paling penting telah dalam pengenalan bahan armor dan teknik untuk mencegah tulang, tulang belakang dan cedera sendi ketika sesuatu hal yang tidakdiinginkan terjadi.

Kembali dan pelindung dada, pengeras di sarung tangan, sistem dukungan pergelangan kaki pada sepatu bot, dan sisipan armor dalam setelan, jaket dan celana membuat pengendara hari ini jauh lebih sedikit rentan terhadap cedera daripada di tahun 90an. Dan sebagai bonus, Anda bahkan tidak harus terlihat seperti power ranger lagi untuk mendapatkan manfaat ini!

suzuki SV650
suzuki SV650

Suzuki SV650
SV650 adalah gadis santai polos dalam kelas yang Anda tahu Anda bisa mengandalkan untuk waktu yang baik. Sementara industri secara keseluruhan mempersiapkan senjata yang lebih cepat, lebih ringan, sepeda motor lebih rumit, Suzuki meluncurkan motor kelas standar, kecil dan sederhana.

SV650 tidak cepat, atau keras, atau eksotis, atau berteknologi maju dengan cara apapun. Tapi motor ini terjangkau, so close, mudah untuk bekerja dan naik, dan memiliki sekumpulan potensial. Itu mampu melakukan apa pun yang Anda minta untuk melakukan, dari tur petualangan ringan, dengan  perubahan minimal konfigurasi. Selama bertahun-tahun, itu adalah raja de facto dari kategori motor untuk new biker, kelahiran kembali dari kategori naked standart dari pabrikan Jepang, dan kebangkitan kembar kelas balap ringan di seluruh AS.

ducati-1098
ducati-1098

Ducati 1098
Saat kontroversial dari seri 999 yang mencapai keberhasilan dalam balap, memenangkan gelar juara dunia pada tahun 2003, 2004 dan 2006, namun tidak pernah benar-benar dicintai oleh Ducatisti. Fairing dikatakan terlihat terlalu Jepang, itu swingarm konvensional, dan tidak langsing, daya tarik visceral dari seri 916 yang berjalan itu.

Pada tahun 2007, bahkan banyak dimodifikasi seri 999 tanpa daya kalah oleh pesaingnya, turun sebanyak 20 hp dengan 1000cc . Ducati mengambil semua itu secara sungguh-sungguh ketika merancang 1098, kembali ke akar mereka dan memulai debutnya sepeda motor yang cepat, ramping, kuat, seksi, dan tak diragukan lagi “inilah Ducati”. Awal seri1098 bertepatan dengan dominasi Casey Stoner dari kejuaraan dunia MotoGP 2007 menyodorkan marque Italia ke tingkat popularitas kontemporer yang belum pernah diimimpikan oleh pabrikan Bologna ini.  WSBK diikuti oleh seri 1098 tahun 2008 dengan Troy Bayliss dan 2011 dengan Carlos Checa.

track day
track day

Track Day
Dalam hal peningkatan riding publik naik secara keseluruhan, ini mungkin perkembangan yang paling penting. Track day  untuk pengendara sepeda motor telah dibatasi selama puluhan tahun untuk orang-orang dengan ambisi untuk riding kencang. Tapi mulai di awal 2000-an, gerakan mulai menawarkan waktu untuk semua orang dan motor apapun, asalkan mereka memakai gearset yang cukup.

Sebagaimana boomingnya sportbike mencapai puncaknya, begitu pula permintaan untuk track day, dan hal ini muncul di seluruh negeri. Hari ini, di sebagian besar wilayah negeri ini, Anda dapat menemukan track day dalam beberapa jam dari rumah Anda hampir setiap akhir pekan, dan meningkatkan keterampilan Anda dalam  lingkungan yang terkendali, trek balap telah tersedia.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

17 Komentar

  1. Mantap infonya, HDne gak nguati…..
    Masukan dikit, terjemahannya kepolosan, jadi agak sulit dibaca….opo emang aku sing gak iso moco……

Silahkan Beropini