Kalau Ingin Menjadi Konsumen Yang Dimanja Pabrikan, Belilah R25…. Sekarang Juga….

yzf-r25 by IWB

Yola dulur…. mungkin judul artikel terlalu bombastis atau seperti bahasa sales…… deka menjadi sales yamaha R25? Sebentar…. sebelum pikiran mengarah situ, mari kita lanjutkan obrolannya. Yang dari supporter Yamaha jangan girang dulu, sedang supporter kompetitor jangan mendidih dahulu…. kosongkan pikiran dari praduga.

yzf-r25 by IWB
yzf-r25 by IWB

Sudah kita ketahui bersama bahwa yamaha YZF-R25 merupakan produk premium Yamaha, meskipun “hanya” level 250 cc. Namunini adalah representasi dari jargon R mer.eka. Sebuah motor all new fresh from oven baik desain maupun mesin, siganture oleh Valentino Rossi di awal project. Target pangsa pasar juga sangat besaaarrrrr…. karena motor ini merupakan produk global ke seluruh dunia, dan disini adalah sentral produksinya. Posisi R25 sebagai produk Flagship Β memimpin motor dibawahnya yaitu R15 , kemudian nama besar Yamaha di core penjualan motor sport mereka, segmen Naked 150 yang sekarang baru diisi oleh new Vixion.

R25 brand ambassador
R25 brand ambassador

Namun itu hanya yang nampak mata, ada yang lebih penting dan krusial dari posisi YZF-R 25 ini.Apa itu? ya posisi yang sangat krusial di jargon R-nya Yamaha tadi, dibandingkan R15, posisi R25 jauh lebih strategis. Jargon R sendiri merupakan sebuah grand strateginya Yamaha untuk menancapkan mindset racing di segala lini produknya ke pikiran publik permotoran. Tidak boleh ada kegagalan dari strategi ini, maupun produknya itu sendiri. Kegagalan di salah satu sisi bisa menggagalkan grand strategi tersebut. Dengan Kondisi ini tentu pembeli R25 akan terlibat secara langsung, karena dari testimoni mereka, kepuasan mereka menjadi parameter keberhasilan proyek tersebut. So… kepuasan konsumen akan diutamakan.

Hal tersebut sudah dimulai dari pelayanan servis yang terpisah dari motor lain, R-Pit… ibaratnya kursi khusus VIP. Undangan fun race di sentul tiap bulan, undangan dinner khusus pembeli r25 dulu, tour de belitung merupakan beberapa contoh keistimewaan pembeli R25. Namun ada duakejadian yang mencolok mata yang sangat jelas membuktikan bahwa pembeli R25 merupakan pembeli yang diistimewakan karena posisinya. Kejadian tersebut adalah adanya komplainan akan motor R25 yang mengalami kelainan dan malfungsi. Β Yang pertama adalah kasus gigi transmisi yang pindah sendiri saat mesin dinyalakan ( cek artikel ini ) . Dan respons-nya luar biasa cepat…langsung bongkar, perbaiki, pemilik tinggal leha-leha sampai motor jadi normal dan gratissss…tissss….tisss.

r25 oli rembes
r25 oli rembes

Sedangkan kasus yang kedua adalah kejadian Seal gear depan yang olinya rembes ( Cek Artikel ini ). Sebuah kasus yang pernah deka alami sendiri di motor pulsar dulu….bahkan rembes di bagian sambungan blok mesin, dan apa kata diler? sudah biasa mas… kalau enggak gitu bukan pulsar namanya… πŸ˜€ πŸ˜€ tapi motor pulsar emang jossssss… enggak rugi naikinnya. Nah… di kasus R25 ini bukan respons seperti itu….tapi langsung ganti mesin baru!!!!….. weh…. pora penuk kui ( apa nggak enak kalo kek gitu? )??? πŸ˜€ . uenak to… suejuk to……muaknyuss to….muassirr to….. Siapa yang nggak mau jadi konsumen yang dianak emaskan kek gini, rusak dikit, ganti…..gratis… Tapi ya itu… saratnya beli R25 dulu….. dan produknya ada cacat produksinya. Kalau enggak ada cacat produksi ya jangan ngeharap diganti gratis… apanya yang mau diganti πŸ˜€ ……Tapi pelayanan seperti itulah yang diharapkan oleh konsumen motor jenis apapun, merk apapun, bukan hanya konsumen R-nya Yamaha….. ngimpi enggak ya???

Namun itu semua hanya opini deka, seorang blogger dan biker awam yang hanya membaca sebuah kejadian dengan analisanya sendiri, tentang kebenaran sebenarnya hanya YIMM yang tahu… atau dulur sekalian punya opini lain??? Masih berpikir deka jualan motor R25??? Silahkan dishare saja… monggo…

Bonus…..Teach Me How To Dream…. By robin Mc Auley

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

32 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Menunggu Jawaban Yamaha Atas Rumor Negatif R25 | 78deka

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*