Strategi Yamaha Di Kelas Metik Dengan Cara Tebas Kepala?

spyshot N.max
spyshot N.max
spyshot N.max

Yola dulur…. tulisan ini terinspirasi dari spyshot metik 150 cc-nya Yamaha yang beredar di publik permotoran beberapa waktu yang lalu. Dengan melihat desain metik sekilas dari spyshot tersebut, deka kira metik ini akan diposisikan untuk mengimbangi pergerakan AHM di kelas metik 150 cc lokal dengan Vario 150 cc. Deka menganggap desain metik yang disinyalir bernama N-max tersebut  masih kurang untuk mengimbangi metik premiumnya AHM PCX. Mungkin saja deka salah menilai karena baru gambar spyshot yang mungkin saja akan berbeda dengan penampakan utuh atau bentuk rielnya nanti.

Yamaha-Majesty-S-125-Red
Yamaha-Majesty-S-125-Red

masih perkiraan deka, nantinya YIMM akan membawa metik CBU yang selevel dengan PCX-150, yaitu antaran X-max atau Majesty-S. Eh ternyata salah perkiraan ane, metik dengan inisial N-max inilah yang akan menemani tingkah polah PCX di pasar metik premium. Awalnya deka ragu dan bertanya-tanya…. msak metik CBU mau dihadapin ama produk lokal, sedangkan mindset segmen ini cenderung meojolkan unsur prestis? terus vario 150 cc entar mau dihadang pakai apa… itulah pemikiran seoarang bike enthusias awam…. ternyata ya memang pihak pabrikan berisi orang-orang ahlinya strategi marketing.

spyshot yamaha nmax
spyshot yamaha nmax

Kalau dari terawangan deka, pihak Yamaha sepertinya ingin menggunakan strategi baru untuk melakukan mission motherland mereka. Memperbaiki penjualan di kelas metikyang makin remuk dikangkangi metik AHM. Sekarang Yamaha sepertinya enggak melayani secara frontal kekuatan AHm….. jelas kalah “bensin” dibandingkani AHM ( punten nih….. analisa biker awam). Mereka mengalihkan perhatian bukan  di core lagi…. bukan antara mio vs beat atau vario vs gt125. Kalau badan lawan badan sampai sekarang membuktikan yamaha kurang bisa mengimbangi kekuatan AHM. Namun sekarang memakai strategi icar kepala….. tebas lehernya dulu… seperti melawan ular naga, kalau kepalanya ditebas, segede apapun badannya, dijamin tak berdaya.

yamaha-nmax-2 spysut

Seperti kita ketahuibersama bahwa metik PCX adalah metik kelas flagshipnya AHM….. lansung impor dan merupakan produk global Honda. Fungsinya untuk memimpin metik-metik AHM secara brand image. Sampai sekarang publik juga menganggap PCX adalah metik yang mempresentasikan kenyamanan, eksklusifitas, kaya fitur, bertehnologi tinggi yang menggambarkan secara keseluruhan metik-metik AHM seperti Vario, beat< scoopy, dan spacy. Sampai sekarangpun kita enggak begitu peduli dengan hasil penjualan PCX…. wajar…. flagship. Nah dengan adanya N-Max ini, berarti nantinya PCX akan ada lawan tanding. Apa senjata N-max yang merupakan produk lokal, kok berani-beraninya lawan produk CBU? Entahlah…. namun yang jelas Yamaha sudah memperhitungkannya…. kalau enggak segi harga ya fitur yang lebih melimpah., kalau soal desain relatif ke selera saja…. meskipun ada pengaruhnya juga.

honda pcx

Kalau produk flagship yang awalnya enggak diekspose penjualannya berapa, nantinya akan diekspose. Ibaratnya mereka akan bentur-benturan kepala, siapa yang menang, maka badan mereka menjadi taruhan…… Ibarat ular naga sekuat apapun tubuhnya kalau kepalanya terpenggal ya akan tahluk juga…..Kalau secara brand image metik premium bisa diambil alih maka pengaruhnya dianggap akan menular ke metik dibawahnya. Lha terus Vario 150 ini dianggap apa sama Yamaha? Well….mungkin dianggap segmen yang merupakan “Aset Sekali Habis”, setelah kepakai sekali langsung habis enggak punya prospek lagi…. mungkin seperti itu. Jadi dibiarkan saja…nanti juga surut dengan sendirinya. Berhasilkah misi menebas kepala ini, atau malah seperti menebas kepala medusa?? tertebas satu muncul kepala yang lain??? entahlah.

Mungkin itulah “pembacaan” deka terhadap langkah Yamaha di kelas metik dengan keberadaan N-max tersebut. Opini mungkin sekali salah, namun mungkin juga ada unsur benarnya, biar nanti waktu yang membuktikan. Jika Dulur sekalian punya opini lain, monggo dishare mawon. Terimakasih.

Bonus….. Megadeth….. Kill The King

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

33 Komentar

  1. bukan medusa tapi hydra..Cut off one head and two more shall take its place! HAIL HYDRA!! We Shall Never be Destroyed!!! lhaa jadi ngalur ngidur ke Marvel

  2. strategynya menaekkan image matic yamaha dulu, dgn melokalkan matic gendut.

    ibarat kata ymii ikuti strategy ahm yg dulu,

    kuatken dulua produk premium, baru diturunken ke klas dibawahnya

  3. Klo ga salah dulu mind genesis prnah mmbahas strategi tiap pabrikan mas,salah satunya ahm yg slalu membangun fondasi trlebih dahulu dgn sabar mlalui produk entry level,mlhan klo mmbangun mulai dr atap akan mudah ambruk,sperti kasus mio awal yimm dh benar,namun yimm seakan panik (pdhal ga perlu panik ngelawan ahm) smpe seolah2 dlm perkembangannya yimm lupa akan model paten mio nya sendiri..
    Intinya dgn membangun fondasi yg kuat walau trlihat lambat tp mempunyai kontinuitas perkembangan yg sehat n kuat..
    Malah justru dsini ahm jgn kepancing yimm,hrs tetap konsen membangun ssuatu dr bawah k atas..
    (IMHO)

  4. Selama Yamaha masih mempertahankan karakter power delivery skutiknya seperti sekarang, selama itu juga produk skutik Yamaha tidak akan pernah bisa bersaing dengan skutik Honda.
    Yamaha harus merumuskan ulang fungsi skutik menurut keinginan konsumen Indonesia.
    As simple as that!

  5. seru neh lsg sistem tebas

    mungkin jurus maut neh om

    mio 125 dibenturin ma beat fi
    value dari mio
    desain baru,mesin 125,(mungkin fitur sama ss,pbl ma cbs) dengan harga headtohead ma beat fi yg sekarang pa mgkin lebih murah
    ap mungkin lsg bisa tumbang ga ya??

    trus yg ke 2 buat hadang pcx dulu ini NMAX ABS hajar dengan harga yg lebh murah,maen tebak”an aja ane paling maen di 25jt

    btw om produksi sport 150 ma matic 150 mahalan mana
    NVL skrg nangkring di 23jtan ya?

    trus yg ke 3 buat hadang vario 150 dihajar dgn NMAX non abs,tgg harga resmi vario 150cc
    trus dihajar harga antara vario 125-150cc tar ngisi tengah”

    kalo beneran ky gt
    gayeng disegmen matic,mw ga mw ahaem ikut permainan e yimm dengan mengorbankan profit mereka ikutan bikin 125cc seharga 113cc

    • yamaha mengincar flagshipnya dulu keknya…. kalau head to head kelas metik umumnya dijamin langsung keok….. kalah modal….IMHO untuk sport aman… masih ada tabungan nvl new tuh…. ama desain r125 😛 ……lanjutin enggak ya???

      • mungkin 50-50 kesempatan metik mio 125 e

        mungkin yg head to head masalah harga bukan cc ato fitur e

        misal harga beat 13 jt vs mio 125 13jt

        dengan fitur penyempurnaan dari mio fi series

        dgn desain yg baru,mesin 125,fitur jg baru 13jt?

        menggoda

        eh btw om biaya produksi NMAX non abs dibandingkan dengan biaya produksi NVL kira” mahalan mana ya secara cc juga 150cc

        trus biaya NMAX abs ma R15 mahaln mana?

        kalo Nmax abs harga diatas 30juta apakah jadi kemahalan secara R15 cuman dijual 29.7jt?

        apakah NMAX harga 25jt? secara lokal…

        • kalo seumpama lebih gede dari R15 pantas lah dijual diatas 30

          kalo semumpama setara biaya produksi NVL??

          overprice?

          tinggal digebuk pcx versi lokal tamatlah matic yamaha

          kekuatan ahm itu modal ditambah mindset “irit n motor itu y honda” (yang masih tertanam baik)

          semakin seru aja

  6. Medusa ditebas muncul lagi kepalanya???
    Kalau kepala hydra ditevas iya muncul lagi. tapi kalo medusa kayanya ga dh. itu saya totnton dr beberapa film. hhhaaha.

Silahkan Beropini