Bukan Soal Irit Saja Yang Bikin Beat Menjadi Metik Paling Laris

honda-beat-fi-2014 metik fenomenal

Yola dulur…..hari ini AHM melakukan press release yang disebar ke media-media online, blog salah satunya, ( deka sih kaga dapat…maklum blog kecil nyempil di pinggiran cirebon 😀 ). Press release tersebut mengenai metik tambang uangnya AHM, Honda Beat. Di situ diterangkan moncernya jualan beat sehingga merajai pasaran metik, dan alasannya…yaitu publik butuh metik irit dan itu terwakili oleh Honda Beat.

honda-beat-fi-2014 metik fenomenal
honda-beat-fi-2014 metik fenomenal

Di sisi penjualan motor, metik adalah core atau inti dari penjualan AHM, dan Beat ini yang memimpin rekan-rekan metiknya merajai pasaran. Di jalanan manapun akan sangat mudah menemui spesies matik yang satu ini, bahkan di rumah deka pun ada satu ekor…. walaupun spesies lama… betty si bletak dor karbu. Memang dari awal metik ini digembor-gemborkan sebagai metik paling irit oleh AHM, sehingga publik layak untuk mendambakannya sebagai metik pilihan.Namun di mata deka, tidak sebatas itu yang membuat Honda Beat merajai pasaran metik. Kesuksesan Beat sekarang adalah hasil ” Kompleksitas Kinerja Korporasi “. Ya…. metik irit merupakan sebuah faktor pendukung….. namun bukan faktor utama kesuksesan. Ya… publik menginginkan metik yang irit, sebuah keharusan untuk metik kelas entry level, syarat wajib karena menyasar pemakai kalangan umum yang massive jumlahnya, motor harian. Kalau bicara irit, Beat bukan satu-satunya metik yang irit, ada metik lain yang sama iritnya, bahkan lebih irit. Mau dibantah kek apapun, ya kenyataanya emang kek gitu saat dilakukan uji irit antar metik. Bahkan dari hasil uji irit tersebut membuat petinggi AHM…….. ( ah sudahlah…… 😀 ). Kenapa deka bisa ngomong kek gitu….. ane nyimpen testimoninya 😀 😀 .

 beat betty
beat betty

Bek tu topik ( bukan wak haji 😀 ), Kesuksesan beat merajai pasaran disebabkan oleh kompleksitas kinerja Honda dalam mempengaruhi mindset dan produk  sendiri, salah satunya ya soal keiritan itu tadi….. Beat adalah salah satu motor metik yang konsumsi bbmnya irit, fitur fungsional yang melimpah. Namun yang utama adalah mindset yang tertanam di pikiran publik……..HONDA. Sebuah mindset yang sangat simpel, namun membutuhkan daya upaya serta proses yang lama. Honda tidak butuh waktu yang singkat untuk membuat Trust publik terbentuk kepada merk yang satu ini. Namun proses puluhan tahun, lebih dari 40 tahunan.

Selama 40 tahun lebih Honda terus memupuk kepercayaan publik motor untuk sebuah merk Honda. Tiada putusnya Honda mempertahankan kualitas produk motornya agar kepercayaan, trust itu terjaga. AHM yang sekarang tinggal menikmati dan meneruskan menjaga trust publik tersebut. Pada awal peluncuran Beat dulu emang nggak semoncer sekarang… Lho katanya honda udah punya trust???? Lha iya…. namun coba lihat… berapa waktu untuk Beat merajai pasaran??? hanya sekitar 2 tahunan dari awal kelahiran…. sebuah waktu yang cukup singkat lho untuk melunturkan mindset pioneer, metik is mio…… Deka dulu udah feeling… kalau sampai honda ikut bermain di metik……. tinggal menunggu  waktu saja untuk meraih sukses… AHM punya segalanya.

lambang honda
lambang honda

Memang menjaga trust tersebut banyak faktornya, dan utamanya adalah ya produk itu sendiri. Namun dengan adanya Pengaruh Mindset ( nyebar jin, istilah deka) dan strategi diluar produknya membuat ” daya toleransi lebih longgar”. Nggak apalah nggak paling irit, nggak apalah kualitas selisih dikit, nggak apalah sparepart nunggu sebentar, publik udah percaya ama Honda…… Dan ujung dari itu semua adalah harga jual balik yang tinggi untuk motor-motor Honda, termasuk Beat. Untuk bahasan kompleksitas  hasil pengaruh mindset itu apa, nanti kita bahas di artikel terpisah…… terlalu panjang kalau cuma 1 artikel…….

Jika ada yang tidak sesuai, silahkan dishare saja….namanya juga opini, isi kepala tiap orang beda-beda….. yang penting sopan, kita adalah saudara…

Bonus…….. Megadeth…… TRUST………album cryptic writing

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

22 Komentar

  1. Wah masak anda ga tau :
    – bebas geal geol
    – bebas CVT berdecit
    – bebas getar berlebihan
    – shock lebih empuk
    – resale value lebih tinggi daripada mio
    – pionir fitur PBL + CBS
    – ban lebih gambot dikit

    berarti bukan cuma irit.. tapi ada value “nyaman, awet, harga jual tinggi” juga sudah terpatri kuat di mindset konsumen Indonesia..

    cuma image “kenceng” yg belum dimiliki Honda, itu yg melatarbelakangi dipilihnya DOHC Overbore untuk segmen sport mainstream mereka

  2. seinget saya saya bukan 2 thn om, 2008-2012= 4 thn yach?

    2012 beat bener-benr telah menang atas mio

    2011, beat baru menang sebagian
    2010, beat seimbang dgn mio

    koreksi kalu salah

  3. eneg bgt liat nih matic dirmh ada dua satu beat karbu satunya injeksi buat dipake nyonya. gak sodara, tetangga, ponakan setiap rumahnya pasti nyempil tuh metic cap friedchiken dengan santainya.

  4. Nek wong biasa nganggo honda terus ganti nganggo yamaha sering pada kagok,tapi nek biasa nganggo yamaha terus ganti nganggo honda biasane langsung nyaman (obrolan orang sedang servis dibengkel)

    • Utk metik, yamaha keknya kudu memfasilitasi biker yg butuh metik nyaman, tdk sekedar enak buat nikung2… Tapi kalu soal jok…. Maaf yamaha lbh enak…. 🙂 , kalau suspensi enak Honda….

Silahkan Beropini