Sistem Setoran, Salah Satu Biang Kecelakaan Angkutan Umum

suzuki

Yola dulur….. deka ikut prihatin dengan maraknya pemberitaan tentang banyaknya kecelakaan yang melibatkan angkutan umum atau bus. Kecelakaan pada moda transportasi umum memang sangat beresiko memakan korban yang banyak, karena kendaraan itu berisi puluhan orang. Sekali terjadi kecelakaan maka yang terlibat tentu puluhan orang, kru dan penumpangnya.

kecelakaan bus
kecelakaan bus

kejadian kecelakaan khususnya bus ini sudah terjadi dari jaman lampau, seperti warisan saja. Berbagai anjuran, kesadaran kru bus, pemilik perusahaan otobus, dari pemerintah seperti angin lalu yang berhembus nyaris tidak meninggalkan bekas. Pasti ada yang salah dengan sistem angkutan umum kita ini, dan dekapunya opini sistem setoran menjadi salah atu penyebab banyaknya kecelakaan bus atau angkutan darat pada umumnya.Perusahaan bus yang menerapkan sistem setoran pada kru atau pegawai bus adalah memberikan fasilitas 1 unit bus kepada kru dengan trayek tertentu selama jam trayek dengan membebani kru untuk setoran uang dalam jumlah tertentu saat  pulangnya. Dengan sistem ini maka kru, sopir akan lebih agresif untuk mencari penumpang. Berebut dengan bus P.O. lain bukan hal yang haram, menyalip bus satu trayek di depannya merupakansuatu kemahfuman agar kesempatan mendapatkan penumbah lebih duluan.

Dengan agresisivitas mencari penumpang inilah sopir mengatur strategi ngetem lebih lama untuk menunggu penumpang, kemudian ngebut agar  sampai tenggat jam trayek tercapai. Jalanan menjadi ajang berebut uang, ketertiban dijalan hanya slogan belaka, kalau ada jalur kosong agar lebih cepat sampai walaupun memakan jalur dari arah berlawanan mereka terkam. Nggak peduli ada kendaraan dari arah berlawananatau enggak, mengandalakan rasa bahwa bus adalah kendaraan besar sehingga kendaraan di depannya yang mengalah minggir.

kecelakaan bus
kecelakaan bus

Kru bus sepertinya lupa kalau di dalam kendaraan mereka banyak nyawa penumpang….. lupa bahwa mereka bekerja itu untuk mengantarkan penumpang selamat sampai tujuan. lupa makna awal dari fungsi alat transportasi itu apa. Semua dibutakan oleh uang setoran….. uang setoran adalah yang utama, apalagi sisanya akan dinikmati oleh kru bus… makin banyak makin menyenangkan.

Angkutan bus harus dirubah sistemnya, dari setoran menjadi sistem gaji. Kru bus tidak dikejar oleh target setoran, namun oleh waktu kedatangan dan keberangkatan. seberapa banyak penumpang yang diperoleh tidak mengurangi penghasilan dalam sebulan. Kenyamanan, keselamatan penumpang diutamakan, hukuman kru bus bukan dari hasil seberapa besar setoran, namun seberapa besar dia melanggar ketertiban saat menjalankan kendaraan. Dengan cara ini bus akan berjalan normal tanpa berebut penumpang, sopir tinggal menjalankan bus dari terminal sampai ke tujuan tanpa punya pikiran mencari penumpang sebanyak mungkin. Bukan nafsu mencari uang sebanyak mungkin, nafsu penuh dengan resiko perusakan, appetite for distruction, membuat jalan raya seperti hukum rimba

Jika ada penyebab lain maraknya kecelakaan bus, silahkan dishare saja…. terima kasih.

Bonus…… Guns N Roses……. Welcome To The Jungle…. album appetite for distruction

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

9 Komentar

  1. ANDA PUTUS SEKOLAH / KULIAH ?!
    MEMBUTUHKAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH ?! INGIN MERUBAH MASA DEPAN MENJADI JAUH LEBIH BAIK ?!
    ATAU ANDA MEMBUTUHKAN DOKUMEN PENTING LAIN ?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP UNTUK MELAYANI DAN MEMBANTU KESULITAN ANDA UNTUK MEMENUHI DOKUMEN DOKUMEN PENTING YANG ANDA BUTUHKAN.

    PELAYANAN KAMI PROFESIONAL KARENA KAMI AKAN MEMBERIKAN BUKTI, BUKAN SEKEDAR JANJI.
    DOKUMEN YANG KAMI SEDIAKAN AMAN – TERDAFTAR DAN TIDAK AKAN ADA MASALAH DIKEMUDIAN HARI KARENA UNTUK KEAMANAN LEGALITAS KAMI BERANI MENJAMIN.
    RAHASIA IDENTITAS PEMESAN AKAN KAMI PASTIKAN AMAN DAN TERJAGA .
    AMAN UNTUK MELANJUTKAN JENJANG PENDIDIKAN. AMAN UNTUK MELAMAR KERJA. AMAN UNTUK TEST CPNS.
    AMAN UNTUK MASUK TNI / POLRI

    DAFTAR HARGA IJAZAH SEKOLAH / UNIVERSITAS :
    IJAZAH SD : 4.000.000
    IJAZAH SLTP : 4.000.000
    IJAZAH SMU : 4.000.000
    IJAZAH D3 : 6.000.000
    IJAZAH S1 : 8.000.000
    IJAZAH S2 : 16.000.000

    UNTUK INFORMASI LEBIH JELAS SILAHKAN ANDA KIRIM PERTANYAAN MELALUI EMAIL : [email protected]
    ATAU SMS KE : 085736927001

    KAMI AKAN BERUSAHA MELAYANI DENGAN SEPENUH HATI KARENA KEPERCAYAAN YANG ANDA BERI AKAN MEMBANGUN KINERJA TERBAIK KAMI.

Silahkan Beropini