Mungkinkah Segmen Motor Lokal “BASTARD” Ada Di Marih ?

triumph speedtriple
suzuki

Yola dulur…..segmen motor (lokal bukan cbu) laki, batangan di marih sudah mulai lengkap. Kelas standard, Dirtbike (trail) dan full fairing sport adalah basis dasar segmen tersebut. Meskipun jika dipecah lagi derivasinya keknya belum bener-bener lengkap. Masih ada segmen yang belum ada pemainnya, kelas cruisser, dual purpose ( adventure ), sport touring half fairing, dan segmen Bastard.

triumph speedtriple
triumph speedtriple

Sebentar…. sebentar….. kelas batard itu kelas yang mana? ini mungkin hanya istilah deka untuk motor yang mirip dengan kelas Hooligan, namun dengan cc kecil ( yang cocok di marih under 400 cc) disesuaikan dengan kondisi jalan di sini.

honda hornet 900
honda hornet 900

Motor Bastard pada dasarnya adalah motor standard, naked, namun dengan desain macho namu tidak klimis, cenderung kasar, mesin padat berisi, menonjolkan kekekaran sasis. Syarat utamanya adalah motor ini kudu full torsi karena untuk stop and go. Sedangkan untuk topspeed biasanya dinomor duakan. Paling gampang mengambil contohnya adalah RX-king, mekipun secara desain kurang wow, atau cb series meskipun secara torsi dan desain kurang nampol. Paling gampang itu mengambil contoh secara desain dari motor-motor luar, seperti Triump speed triple, KTM duke, Suzuki bandit, Honda Hornet.

Kenapa kelas bastard ini menarik di mata deka, karena motor dengan karakter seperti itu seperti mereprentasikan sisi liar dan kebebasan dari seorang laki-laki. Ibaratnya kalau motor fairing itu laki-laki ganteng, namun gantengnya ala salon yang klimis. Berbeda dengan kelas naked, bukan ganteng tapi gagah dan macho…..full fairing gantengnya Orlando Bloom, bastard naked kek Brad Pitt atau almarhum Phoenix River.

best-hooligan-streetfighter-winner-2014-ktm-1290-super-duke-r-633x422

Motor ini bukan berarti hanya untuk konsumen brangasan, namun konsumen yang menginginkan motor yang mewakili sisi praktis, orang yang jenuh dengan rutinitas normatif. Mungkin untuk menggantikan segmen yang ditinggalkan oleh Honda tiger dan Yamaha Scorpio kemarin, cuma dipertegas saja secara desain yang mewakili motor bastard/ hooligan… desain jangan terlalu klimis. Kawasaki sebenarnya sudah mempunyai basisnya, Ninja SL250 Mono, jika versi nakednya dibuat dengan desain seperti speedtriple, atau garis simpel tegas ala bandit sebenarnya sudah sangat layak karena sasisnya sudah trellis.

suzuki bandit 250
suzuki bandit 250

Gimana dulur… keknya kela bastard ini masih belum ada pemainnya deh……. kalau misalkan ada yang bermain di sini akan sukse nggak ya????silahkan dishare saja……terimakasih

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

12 Komentar

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Kecil Kemungkinan Honda Tiger dan Yamaha Scorpio Dual Silinder….. | 78deka
  2. Akankah Fazer 250 Menjadi New Scorpio? | 78deka
  3. Yamaha Kembali Menjadi First Mover, Kali Ini Jenis Bastard Entry Level | 78deka

Silahkan Beropini