Blogger Jadi Corong Perusahaan Juga Sah-Sah Saja……

Yola dulur…. menarik juga artikel yang ditulis oleh Iwanbanaran.com tentang independensi seorang blogger. Meskipun hal ini pernah deka angkat menjadi sebuah artikel tentang kebebasan seorang blogger ( ketika blogger condong ke satu merkΒ ),namun kali ini deka akan membahas tentang kenapa-nya.

ilustrasi-pengunjung-blog_663_382

Banyak pembaca blog, khususnya blog permotoran menuntut agar blogger atau empunya warung mempunyai sikap independen atau tidak condong ke salah satu merk. Mereka meminta agar blog berisi artikel tentang informasi motor antar merk dengan berimbang, porsinya sama. Sah-sah saja sebenarnya, karena sekarang blogger bisa menjadi reverensi publik yang ingin membeli motor, sehingga mencari referensi dari blog.

Namun menurut deka, blog itu khittah awalnya merupakan catatan harian, tempat mencurahkan pikiran sang penulis yang bersifat terbuka, yang bisa diakses oleh publik. Disini bukan informasi satu arah, namun dua arah karena adanya kolom komentar yang disediakan. Kolom komentar inilah wadah bagi pembaca untuk ikutan beropini menanggapi artikel curahan pikiran penulis. Karena catatan pribadi penulis tentang tema tertentu, maka artikel di blog sah-sah saja jika dibumbui oleh opini pribadi dari sudut pandang penulis, tentu sudut pandang ini akan berbeda-beda, tergantung selera, kesukaan dan latarbelakang si penulis. Inilah perbedaan pokok Blog dengan Media Informasi Lain.Β 

Maka dari itu kalau ada pembahasan motor dengan sudut pandang agak subyektif di ranah blogsphere sebenarnya ya sah-sah saja……itulah makanya ada kolom komentar jika ada sudut pandang lain dari persepsi si penulis. Akhirnya akan menjadi sebuah diskusi dari artikel yang dibuat, kecuali artikel tersebut merupakan sebuah berita ( info dadakan kalau versi deka ), disitu harus mencantumkan sumber, resmi atau tidak resmi, serta tidak boleh menambahi isi berita dengan hal yang tidak sesuai atau memanipulasi isi berita. Itupun kadang masih boleh ditambahi dengan opini pribadi tentang berita tersebut di akhir tulisan…. lha wong namanya juga catatan si penulis.

ilustrasi-blog

Lha terus bijimana dengan blog yang sudah seperti media berita lainnya, ini juga sah-sah saja….. nggak ada yang salah, lha wong blog mau buat ajang promosi dagang aja boleh kok. Apalagi blog sebagai sumber mencari berita aktual, ya jelas bisa… sangat bisa meskipun bukan sebuah keharusan. Jadi ketika sebuah blog condong ke sebuah merk motor, bahkan menjadi corong perusahaan pun sebenarnya nggak masalah, blog tidak ada kode etik…. yang ada adalah kode nilai sosial…….namun bisa juga bersinggungan dengan kode-kode hukum jika sudah masuk ranah memfitnah dan menjelekkan pihak lain, nggak ada bedanya dengan media sosial lainnya, termasuk dalam UU TE.

Yang diperlukan itu adalah kedewasaan pembaca, harus memilah mana yang sesuai dengan penilaiannya atau mana yang tidak. Kalau dirasa kurang sesuai ya silahkan ada kolom komentar untuk menanggapi. Blogger bebas mau memposisikan ke arah mana….. monggo-monggo saja, itu hak pribadi blogger. Yang memutuskan untuk membaca atau menengok warung adalah si pembaca sendiri, kalaupun blogger melanggar nilai-nilai sosial atau dianggap banyak berita hoax, maka lambat laun juga yang cocok saja yang akan mengunjunginya.Pembaca sendiri yang akan menghukum si blogger…. dengan cara masing-masing pribadi pembaca.

Itulah beda blog dengan media informasi lainnya…. blog cenderung bebas tulisannya, karena lepas dari kode etik jurnalistik. Kadang ada untungnya ( karena blak-blakan ), kadang pula ada negatifnya ( hanya rumor, isyu, atau bahkan penyesatan). Kembali lagi ke peran pembaca sendiri yang menilainya. Lha terus kalau deka ini condong ke mana? fans apa? Hmmmmm….. yang jelas ane fans Juventus……kalau motor sih….. dream bike triumph street triple ama suzuki bandit lampu bulet πŸ˜€ πŸ˜€ ……….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

18 Komentar

Filed under opini

18 responses to “Blogger Jadi Corong Perusahaan Juga Sah-Sah Saja……

  1. Nah, ini dia, sring saia berdebat sama komentator lain tntang bloger yg katanya condong ke sini (atau sana)
    Blog sejatinya adalah mirip2 saosial media, kita boleh menulis apapun yg kita suka (asal bukan yg melanggar hukum di suatu negara) blog bisa saja aktual, akurat, terpercaya, tapi sah2aja kalo ngmg asal keluar, (resiko paling2 ya dibully komenter :mrgreen)
    Makanya situs blog ga di benarkan jadi sumber untuk tulisan resmi, (cmiiw) , beda sama majalah , surat kabar, buku atau yg lain2,
    Ga butuh kartu pers untuk jadi bloger, ga harus konfirmasi sama narasumber kalo mau posting artikel, so, tentu dgn sgala “kebebasan” ini, naif sekali beradu argumen dan menuduh yg tidak2 kpada bloger yg dianggap corong perusahaan,
    Saia nganggap nya, blog iu kaya buku diary, tapi bsa di baca publik, bner ga om?

  2. KLX Adventure

    Betul, mestinya nggak masalah dan nggak perlu jadi perdebatan.

    ==========

    Plus Minus Dry Bag, Side Bag, Box, dan Aluminium Pannier untuk Adventure http://klxadventure.com/2014/10/07/plus-minus-menggunakan-dry-bag-side-bag-box-dan-alumunium-pannier-untuk-adventure/

  3. datuktoman

    Yes juventus…. Haha

  4. namanya saja blog pribadi..tentu bolah boleh saja kalau terselip opini pribadi…

    *jadi corong mesjid juga boleh.. πŸ˜‰ :mrgreen:

  5. semakin berbeda semakin berwarna…ibaratnya seperti pelangi semakin banyak warna semakin indah…

    gk jemur dulu gak punya cucian numpang absen sajah

  6. 46sukses.com

    Yg gak boleh tu kalo bergentayangan..berubah rubah wujud,,,hihihi

  7. Ping-balik: Pengakuan Diri : Deka Adalah Blogger Ternak…… Nggak Munafik | 78deka

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s