Pengin Honda Forza 125? Silahkan Mimpi Panjang

honda forza 125
honda forza 125
honda forza 125

Yola dulur…. pertama kali muncul di Paris Motor show  2014, metik ini membius banyak biker di marih sevara desain. Desain, khususnya daerah fasial emang terlihat futuristik dengan goresan LED-nya. Daya tarik utama metik ini adalah desainnya itu sendiri, karena secara mesin metik ini plek sama dengan mesin yang digunakan oleh Vario 125 di marih. Mengandalkan mesin dengan dimensi bore x stroke  yakni 52,4 x 57,9 mm bervolume bersih 124,8cc. Teknologi yang diusung juga sama, yakni aplikasi injeksi PGM-Fi, SOHC dan sistem rendah gesekan eSP.

Namun bagipara biker yang ingin metik ini beredar di marih, keknya masih kudu mimpi panjang, karena metik ininggak akan disebar dimarih.

“Kami nggak ada rencana untuk menjual Forza 125 di Indonesia. Karena memang produk tersebut bukan untuk pasar Asia, lebih diarahkan untuk konsumen Eropa,” ungkap Thomas Wijaya, GM Sales Division PT AHM saat dihubungi Senin (6/10).

Bukan hal yang mengejutkan karena metik AHM di marih termauk sudah mempunyai line up yang lengkap, dari beat, vario 110, vario 125 sampai kelas premiumnya yaitu PCX, bahkan dalam waktu dekat ini Vario 150 juga akan melengkapi line up yang sudah ada.  Jika ingin metik AHM 125 cc sudah ada vario 125. Nah…. forza 125 cc ini mu diposisikan ke mana?

honda forza 125
honda forza 125

“Kalau mau main premium, kami punya PCX 150. Lalu di bawahnya sudah ada Vario 125. Segmen skutik kami sudah penuh. Jadi buat apa kita keluarkan motor premium bermesin 125cc lagi?” paparnya.

Jadi secara startegi perusahaan AHM sangat kecil memasukkan metik bertampang sporty dan agresif ini ke marih. Ini semua tentang startegi passar saja, andai kata vario 125 nggak ada atau nggak laku, maka kemungkinan Forza ini bakalan hadir. Namun nyatanya line up metik AHM sekarang laku keras….. so buat apa mengeluarkan metik baru di line up yang sama???

honda forza 125
honda forza 125

Ya…. memang patut disayangkan, jika ada motor dengan desain ciamik pasti untuk pangsa pasar eropa, sedangkan di marih adalah lumbung penjualan terbesar, namun desain-desain terbaik hanya lewat di depan mata. Coba saja perhatikan, kapan motor global Honda yang diporiduksi lokal dimarih? hampir nggak ada. CBR150 new saja bukan produk global, karena berbeda dengan CBR thai, berbeda secara frame. Metik global AHM, PCX  pun posisinya adalah CBU, bukan produk lokal. Kalau kek gini kapan yakita menikmati metik global desain global buatan lokal???? eh…..bentar lagi ada Suzuki Address yang merupakan metik global, namun secara desain kurang wow…..Ah…. andaikata Forza diproduksi dimarih…… kapan???? nunggu metik AHM jatuh kali ya???

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

9 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*