Four Stroke Power Valve ( 4-SPV )… Makanan Apa Itu?

suzuki

Yola dulur…. awalnya ane hanya ingin tahu tehnologi SET atau Suzuki Exaust Tuning, namun ternyata ini adalah tehnologi yang bukan milik Suzuki sendiri, hanya yang dipakai oleh Suzuki bernama SET. SET sendiri adalah suatu tehnologi yag berdasarkan sistem kerja Four Stroke Power Valve (4-SPV).

four stroke power valve
four stroke power valve

(4-SPV) adalah sebuah perangkat yang dipasang ke mesin empat langkah yang terus-menerus menyesuaikan diameter internal dari sistem pembuangan lebih nyetel dan sesuai dengan putaran mesin. Pada mesin putaran rendah, tekanan gelombang dalam jaringan pipa knalpot juga rendah.

Sebuah osilasi penuh dari resonansi Helmholtz terjadi sesaat sebelum katup buang tertutup, dan untuk meningkatkan torsi pada kecepatan rendah , bisa dilakukan dengan cara menginduksi secara buatan tekanan gelombang amplitudo besar di jalur knalpot. Hal ini dicapai dengan cara penutupan sebagian dari katup kupu-kupu internal dalam knalpot pada titik di mana empat pipa primer dari silinder bergabung ( ini pada mesin 4 silinder ). Titik persimpangan ini pada dasarnya berperan seperti atmosfer buatan. Perubahan tekanan pada titik ini akan mengontrol perilaku gelombang yang terpantul pada peningkatan mendadak. Dengan menutup katup akan meningkatkan tekanan lokal, dan merangsang pembentukan lebih besar  gelombang pantul ekspansi ber-amplitudo negatif .

servo 4-SPV
servo 4-SPV

Sebuah motor servo dikendalikan oleh ECU untuk  membuka dan menutup katup. Katup akan nyaris sepenuhnya tertutup pada saat kecepatan idle, hingga sepenuhnya terbuka pada saat putaran mesin yang lebih tinggi. Hal ini akan membuat performa mesin meningkat saat putaran mesin low to mid-range, dan output power yang lebih linear dan mengurangi tingkat kebisingan saat katup berada dalam posisi kurang membuka ( RPM rendah ). Berhubung katup ini bekerja pada sistem buang yang super duper panas, maka bahan partnya menggunakan logam eksotis seperti titanium atau logam tahan panas lainnya.

suzuki exaust tuning
suzuki exaust tuning

Deka kira ini adalah tehnologi temuannya Suzuki, namun ternyata sebelum sudah dipakai duluan oleh Yamaha. Yamaha lah yang pertama kali mengembangkan sistem ini, yang disebut oleh Yamaha,  Exhaust Ultimate Power Valve (EXUP). Ini pertama kali muncul pada Yamaha FZR EXUP dan kemudian digunakan pada banyak Yamaha lainnya. Dan, Honda ngikut dibelakangnya mengembangkan versinya sendiri dan disebut dengan Honda Titanium Exhaust Valve (HTEV) dan Honda Variable Intake / Exhaust (H-VIX),yang muncul pada CBR600RR dan Honda CBR929RR. Kemudian baru Suzuki ikut menggunakannnya dan menyebutnya sebagai SET, Suzuki Exaust Tuning. Sistem ini juga dipakai oleh Triumph untuk daytona 675 triple silinder mereka.

Dari berbagai sumber

Semoga Bermanfaat

Wassalamualaikum

19 Komentar

Silahkan Beropini