Yamaha Akan Meluncurkan MT-09 Akhir Oktober, Adakah Udang Di Balik MT-09?

yamaha mt-09

Yola dulur….. saat memperoleh informasi bahwa Yamaha Indonesia aka YIMM akan meluncurkan sebuah moge naked atau orang bule sono bilang Standard Bike yaitu MT-09 akhir Oktober ini, deka langsung memicingkan mata ( halah…. 😀 ).

yamaha mt-09
yamaha mt-09

Informasi ini deka peroleh dari detikoto, dimana petinggi yimm mengkonfirmasi bahwa ada 1 moge yang akan diluncurkan akhir Oktober ini, saat Imos atau Indonesian Motorcycle Show 2014.Berikut petikannya

“MT-09 akan diturunkan di IMOS besok. Tapi ini baru hanya akan di display, tidak untuk dijual,” ujar Direktur Marketing Yamaha Indonesia, Yutaka Terada, Sabtu 4/10/2014 pada acara Yamaha Track Day di Sirkuit Sentul Bogor.
Dan dirinya juga memastikan MT-09 baru akan mulai dibeli konsumen pada Februari 2015.
“MT-09 baru bisa dibeli Februari 2015 mendatang. Sudah ada harganya, tapi saya lupa,” ujar Terada sambil tertawa.

Seperti halnya Suzuki yang meluncurkan mogenya danakan  disambung dengan motor-motor cc merakyatnya, deka yakin Yamaha juga akan seperti itu. Jualan moge memang punya margin yang besar, namun tetap saja menguntungkan jualan motor kubikasi merakyat, jualannya lebih massive. Apakah Yamaha akan menjadikan MT-09  sebagai jualan yang berfungsi tunggal, mengandalkan keuntunga banyak dari jualan si triple silinder? saia kira kok endak ya…..

r25 blue white
r25 blue white

Ada udang di balik itu, seperti moge-moge lainnya yang dijual di marih, selain sebagai amunisi jualan, posisi moge adalah mendongkrak image motor-motor dibawahnya. Hal yang sangat mahfum dan umum dilakukan oleh pabrikan motor manapun. Persoalannya nanti adalah, motor mana yang akan diangkat pamornya oleh si triple silinder crossplane cranksaft ini. Jika R25, R15 maka mending langsung coret saja kedua motor tersebut karena mereka motor fairing.

Yamaha mempunyai amunisi untuk motor naked yang ada yaitu Scorpio, Vixion,dan byson. Namun dari ketiga motor tersebut nggak ada yang mengingatkan orang akan Mt-09 ini. Lha terus motor yang mana yang akan diangkat oleh Mt-09 ? Mari kita bahas pelan-pelan ala warung agkringan.

Sudah kita ketahui bersama bahwa R25 belum mempunyai saudara yang naked. Sudah lumrah kalau satu desain atau satu mesin akan dipakai untuk beberapa derivasi motor. Masak mesin pengembangan baru R25 akan dipakai sendiri? ya eman-eman to biaya riset mesin barunya ini….. Ya jelas akan dipakai di motor yang sekelas, 250 cc, sedangkan versi nakednya dari R25 belum ada. Nah….. jika versi naked dari r25 ini mempunyai basis desain yang sama dengan MT-09, maka sah sudah MT-09 menjadi pembimbing naked 250 cc dual silindernya yamaha ini. Toh kelas MT-25 belum ada, baru ada MT-09, MT-07, MT-125. Bisa jadi versi nakednya R25 adalah MT-25 ya to…….

 

nvl
nvl

Sedangkan untuk Vixion, sudah biasa atau suatu keharusan kalau sebuah motor akan dilakukan penyegaran desain, seperti vixion yang berovuli menjadi new vixion. Bisa jadi lho nantinya NVL ini akan dirifresh minimal di batok kepala yang banyak mendapatkan kritikan sebagai kepala yang culun. Facelift NVL ini bisa jadi akan mengacu desain MT-125 sehingga akan mempermanis desain yang sudah ada. Publik akan membandingkan desainnnya dengan MT series…… apalagi kalau bener-bener nyomot desain MT-125… wes….. tambah gandrung mengko cah…… dan jika hal ini terjadi…… cocok dah MT-09 sebagai flagship vixion series.

yamaha mt-125
yamaha mt-125

Sedangkan untuk Scorpio… well… mending di kesempatan terpisah saja kita obrolkan. Untuk byson sendiri punya klan FZ…… jadi terpisah keknya untuk soal basis desain dengan MT.

Itulah terawangan deka tentang udang di balik Mt-09, jika Dulur sekalian punya opini lain,monggo dishare saja di kolom komentar dibawah, siapa tahu lebih masuk akal dan menambah ramai obrolan tentang dunia motor ini… matur nuwun.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

9 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Akankah “MT-25″ Akan Sesuai Ekspektasi? | 78deka

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*