Akankah Suzuki Address Akan Merubah Nasib Suzuki ?

Yola dulur….. Suzuki sudah memperkenalkan bakal calon gacoannya di kelas metik entry level di Intermot Cologne Jerman. Sebuah metik 110 cc yang disinyalir akan menggantikan posisi Suzuki Nex untuk menggedor dan menembus dinding keterpurukan Suzuki di ranah penjualan motor negeri ini.

suzuki address

suzuki address

Perkenalan di Intermot sendiri menurut deka adalah sebuah langkah cerdas karena akan menaikkan gengsi si metik tersebut di mata konsumen.  Suzuki seperti ingin menunjukkan bahwa nantinya konsumen akan disajikan dengan sebuah metik dengan kualitas global. Mereka seperti ingin ngomong : ” metik yang anda beli dan anda pakai sama persis dengan metik yang dipakai oleh orang Eropa, Asia, Australia…..” .

Yups… dengan desain yang cukup masuk dan keknya bisa diterima oleh publik permotoran, mesin yang irit, performa memadai, fitur yang cukup terpenuhi dan rumornya harga bandrolnya termasuk di kelas entry level ( 13-14 juta ) yah… sekelah dengan beat versi tertinggi, Suzuki bisa berharap pada metik ini. Suzuki bisa mengharap akan bangkit dari keterpurukan selama ini. Bukan apa-apa, eksistensi sebuah pabrik motor bisa dikatakan besar jika mereka sukses dipenjualan motor entry levelnya. Honda dengan Beatnya, Yamaha dengan Mionya….. Di segmen itulah kumpeni bisa meraup untung besar.

suzuki-Address

suzuki-Address

Namun semua tidak berhenti di situ saja buat Suzuki. Mindset yang terbentuk di publik sekarang masih banyak negatifnya daripada positifnya untuk produk Suzuki. Bukan bicara kualitas produk, namun setelah produk tersebut lakulah yang membuat mindset banyak negatifnya. Dari sparepart mahal, bengkel resmi jarang, harga jual balik  anjlok sebagai contohnya.

Semua adalah mindset… sedangkan mindset sendiri merupakan pembentukan dari opini yang diterima oleh publik. Nah di sini pihak Suzuki perlu melakukan counter opini dengan tindakan nyata. Opini yang tersebar, khususnya yang negatif, selain terbentuk sendiri oleh pemakai motor suzuki, namun lebih banyak lagi yang dibuat oleh kompetitor, yah….namanya juga bisnis….. sebar jin adalah wajar, baik jin positif maupun negatif.

suzuki-Address

suzuki-Address

Disinilah peran Publik relasi suzuki akan bekerja keras, selain mengkounter pihak lawan juga meyakinkan kepada baik calon maupun konsume suzuki itu sendiri kalau opini yang ada adalah salah atau kurang tepat. Sebagai contohnya mindset sparepart mahal bisa dirubah menjadi mahal tapi awet…… bisa di cek diartikel ini. Merangkul hati konsumen loyal adalah sebuah keharusan, aftersales yang ramah dan welcome, sigap menanggapi keluhan jauh lebih penting dan mengena daripada mengkounter opini bentukan lawan, apalagi ikutan nyebar blasck campaign merk lain. Sama-sama menguras pikiran, namun lebih banyak manfaatnya jika dicurahkan kepada konsumen loyalis., dan tentunya calon konsumen mereka.

Untuk produk entry level, Suzuki  Address sudah cukup baik desain maupun fitur. Tinggal bagaimana mengemas dan nyebar jin ke publiknya seperti apa. Mampukah jin-jin tersebut menyebarkan pelet nan ampuh buat menggoda publik di marih? Itu jauh lebih penting…. touch the heart…… dan soal nyebar jin serta menyentuh hati ini…. AHM jagonya….. belajarlah dari situ…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

26 Komentar

Filed under opini, suzuki

26 responses to “Akankah Suzuki Address Akan Merubah Nasib Suzuki ?

  1. frankly speaking….I doubt it…
    —————–
    bagi penyuka cerita misteri…
    http://kobayogas.com/2014/10/02/merinding-series-didatangi-makhluk-penghuni-danau/

  2. Sepertinya gak terlalu, tapi kalo gixxer dan gsx150r (yg kaia gambar kemarin) kaianya punya potensi besar pakdhe 😀

  3. Address ? IMHO Bisa goyang penjualan spacy (quantity), saya rasa sudah sangat bagus…. youknowlaahh 😀

  4. beraaat… H terlalu superior di segmen matik,kang… IMHO

  5. Dynamatic125

    Yg pasti petinggi2 suzuki global tdk akan diem gtu aj masbrow, melihat hasil produksi sendiri yg tdk diterima pasar pastinya mereka2 mencari cara agar produknya bs bersaing dg pabrikan lain, toh mobilnya suzuki terbukti bs laris manis dipasaran nasional dan internasional. Emang sih beda manajemen antara suzuki mobil dan mongtor, tp masa iya sih suzuki mongtor bilang ke suzuki mobil ” Aku rapopo, aku raiso popo… “. Sedikit banyaknya sih dipastikan belajar masbrow, heheh…

  6. bisa saja laku…asal warna yg keluar sama dengan yg di ngeropah….jangan dikasih stripink yg norak2…hehehe

  7. kodokijo

    Ngimpi itu mah, wkwkwkwkwk… Perlu usaha yg lbh besar lg utk bisa bangkit dari keterpurukan di tubuh Suzuki. Apalagi dgn jualan model2 yg ada skrg, apa yg bisa diharap dgn tambahan satu model yg gak ada spesialnya jg. Status Nex sebagai skutik entry level teririt pun kaga bisa membuat Nex laku lumayan. Suzuki butuh dobrakan yg lbh dahsyat lg kl mau bangkit, atau setidaknya menjadi lbh baik.

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s