2015… Biaya urus SIM NAIK 300 %

Yola dulur…. info dadakan yang penting nih, soal pengurusan perpanjangan dan pembuatan Surat Ijin Mengemudi aka SIM. Sepertinya pemerintah akan menyesuaikan tarif biaya pembuatan sim untuk tahun depan. Kebijakan ini sebenarnya peninggalan keputusan DPR yang menjelang berakhir jabatannya. Hal ini dilakukan untuk menaikkan pendapatan negara non pajak.

ujian sim
ujian sim

“Agar dalam tahun 2015 pemerintah menetapkan penyesuaian tarif PNBP fungsional untuk penertiban SIM A, B, dan C dari Rp 80.000-Rp 120.000 menjadi Rp 300.000,” ungkap anggota Badan Anggaran DPR, Dolfie OFP, di Jakarta, Minggu (28/9/2014).

Bukan hal yang mengejutkan sih… lha wong sekarang bikin sim saja banyak kok yang habis diatas 400.000 rupiah…. lewat orang dalam ๐Ÿ˜€ . Namun bisa puyeng juga untuk daerah yang memang uji SIM-nya luar biasa susah ( ada lho… ), bisa habis diatas 700.000 rupiah nih…..

Segi positifnya sih, dengan mempersulit pembuatan sim akan membuat tingkat keselamatan lebih baik. Namun sisi negatifnya adalah semakin naiknya biaya yang dikeluarkan karena melalui orang dalam baik terpaksa atau memang disengaja….. Pembuatan sim di negeri ini memang perlu pembenahan….. harus ada keseragaman metode pengujian….. masak sudah jamannya simulasi masih ada yang menyuruh uji real dengan kelok-kelok kurang dari 2 m, kaki ngangkat dari footpeg langsung diskualifikasi……. ah…… sudahlah…. namanya juga oknum…..( oknum kok banyak ๐Ÿ˜€ )

Semoga bermanfaat

Wassalamualakum

 

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*