Salahkan Pulsar Jika Next Tiger Nggak Nongol-Nongol

honda tiger revo

 

honda tiger revo
honda tiger revo

Yoal dulur…. judul diatas mungkin agak terasa gimana gitu…..terlalu mengada-ada kali. Namun biarlah…buat seru-seruan saja. Namun dari opini deka, bisa kok dihubungkan antara efek bajaj Pulsar, khususnya mulai dari Pulsar 180 sampai Pulsar 200NS dengan pasar sport naked 200 cc yang sebelumnya beredar di marih…. khususnya Honda Tiger dan Yamaha scorpio… Namun kita ngomongin Tiger saja, lha wong mantan status quo motor 200 cc pada masanya.

Mari kita bicara Tiger dulu kala merajalela pasar motor naked Indonesia. Pada waktu itu Tiger merupakan representasi sebuah motor yang menyajikan gengsi, pride tersendiri. Motor dengan kubikasi paling besar ( jangan bandingin ama moge ), power paling joss, bodi bongsor dibandingkan lainnya ( sekali lagi jangan bicara moge πŸ˜€ ). Tiger adalah puncak idaman motor laki yang terjangkau waktu itu, kalau mau ganteng ya naik tiger….. Setelah pasar terbentuk, kemudian dilanjutkan dengan terbentuknya komunitas Tiger yang menyebar di seluruh pelosok negeri, menguatkan image pride pemilik tiger.

pulsar 180
pulsar 180

bahkan denga kemunculan dari kompatriot sesama jepangnya, Yamaha scorpio yang menawarkan mesin dengan kubikasi lebih besar sedikit, power dan tarikan lebih joss, suspensi monoshock namun gagal mendongkel tiger dari status quo penguasa motor 200 cc. Keberadaan Scorpio hanya menjadi selingan diantara kemeriuhan eksistensi Tiger. Namun tak disangka-sangka…..bukan dari negeri matahri terbit yang menurunkan kredibilitas tiger sebagai motor pride. Tapi dari negeri acha-acha nehi-nehi, Bajaj datang dengan motor naked yang sekelas dengan Tiger, namun dengan fitur dan performa yang lebih….. Daaaaaaaaannnn harga yang terpaut bak anyer dan jakarta πŸ˜€ .

Publik permotoran terhenyak dengan apa yang diberikan Bajaj untuk sebuah motor sport naked diatas 150 cc, Pulsar 180 meskipun kalah kubikasi namun performa nyaris mendekati sang Tiger, plus fitur-fitur yang nggak dimiliki oleh sang status quo, sama-sama dual shock, bodi bongsor, karburator, air cooled namun pulsar memberikan mesin baru, tehnologi 2 busi, keiritan lebih, speedo digital, kelistrikan canggih, tutup tangki rata, stang jepit, ban besar, dengan selisih harga mendekati 9 jutaan. Ini belum bicara Pulsar 200 yang sudah oil cooled, Pulsar 220 yang performa jauh diatas tiger plus lampu projector, atau bahkan Pulsar 200NS….. membuat Tiger inferior jika dilihat dari segi harga yang disandangnya.

pulsar 200ns red fi
pulsar 200ns red fi

 

Mungkin tingkah polah Pulsar series ini yang membuat AHM seperti cenut-cenut kepalanya untuk mengerjakan proyek next tiger. Lha gimana….diporak-porandakan oleh si acha-acha Β tentang mindset motor dengan harga yang valueable jeh…. Dulu, atau okelah bicara tiger revo yang paling baru itu dengan harga paling wah dibanding rekan sejawatnya namun apa yang diberikan dikangkangi semua oleh Pulsar…. kecuali Pride yang masih tersisa meskipun makin tergerus oleh jaman. Bahkan sudah banyak gaung….. overprice….. Dan mulailah perubahan mindset akan sebuah motor sport di negeri ini, Vixion muncul…dan seterusnya

Kini kalaupun mau mengerjakan proyek next tiger, nantinya akan dibandrol berapa??? Apakah masih bermain under 30 juta? udah penuh motor keren disini. mau bermain di angka diatas 30 juta? weh… ada ninja mono. Terus efek wow apa yang akan diberikan oleh next Tiger??? Sekarang tiger atau bahkan Scorpio pun seperti liuer…. pusing… bingung mau diposisikan dimana, Harga sekarang begitu kompetitif.

Inilah gathuk mathuk ala deka tentang hubungan pulsar dengan tiger. Hanya bicara intermezzo obrolan khas warung angkringan yang kadar kebenarannya patut dipertanyakan :D. Kalau punya opini lain, monggo dishare saja…. kalau memang mau membantahnya ya monggo saja…. anggap saja artikel ini untuk memancing obrolan.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

30 Comments

  1. opini ane:
    1. Next tiger harusnya tetep 200cc dohc oil cool/ naik kubikasi ke 250cc dohc oil cool high torsi dgn psikologis harga 30-32jeti jika mau tetep pride, biarlah cb250f yg akan berjibaku dgn RRmono
    2. Jika kekuh pakai SOHC y must 2cyl oil cool tp diharga under 30jeti klo mau jualan secara kuantitas

  2. makanya tiger agak susah u. diupgrade.
    pake mesin cbr 250 , tanggung, ngak akan wow.
    sedangken ini si legenda, jadi mesti agak wow, walu buat ahm sendiri,

    yach yg plg ideal itu pake mesin v-twin. wow nya ada lagi, legenda bisa idup lagi,
    hrag lebih mahal juga ndak masalah

  3. semoga aja next tiger mengusung mesin V twin yang legendaris dan disertai dengan setandar tengahnya ya bang…habis sering buat mainan anak anak bila tidak di setandar tengah takut jatuh menimpa anak anak abang terutama pada waktu berkunjung ke tempat saudara..hadeh ngeri bila tanpa setandar tengah ^_^

  4. tiger kan mau punah kang. makanya nih sedang dikembangbiakan dulu. kalo sudah ketemu bibit unggul baru nanti dikawin silangkan sama yang lokal. biar bisa beradaptasi dengan baik di iklim tropis indonesis. opo iki! πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*