Beberapa Alasan Kenapa Motor Naked Lebih Mengasyikkan Dimiliki

Yola dulur….. saat ini pemikiran motor keren adalah motor fairing, motor impian atau dream bike rata-rata adalah motor sport full fairing. Memang motor fairing saat ini menjadi primadona atau flagship produk, mengangkat image motor mereka yang bertampang keren, super cepat, hightech kek motoGP.

080914-mobo-best-standard-honorable-mention-2014-yamaha-fz-07

Ya…. di marih gelaran motogp seperti jimat penting dalam penjualan motor. Motor full fairing di motogp sebagai acuan utama untuk motor sport aka motor laki yang sempurna kerennya. Pabrikan menanamkan image motor sport fairing sebagai tolok ukur kegantengan sebuah motor.

 

Triumph-Speed-Triple-R-2012
Triumph-Speed-Triple-R-2012

Motor sport fairing dengan bodi racy, stang jepit, fairing mencolok, pantat nungging, knalpot racy,  fitur traksi kontrol, atau fitur-fitur canggih lainnya memang bikin biker terkesima. Mereka mendambakannya sebagai tujuan akhir kepemilikan motor keren…. motor sport adalah motor yang digambarkan dalam balap motoGP.

Nah kali ini deka ingin memberikan ulasan kenapa motor naked atau standart menurut orang bule lebih value dan mengasyikkan dimiliki dibandingkan motor fairing. Sayangnya pabrikan dimarih kurang dalam memaksimalkan desain si naked untuk menarik pembeli. Kalau orang bule sana mengatakan desain motor nakeditu keluar dari dalam,inner beauty, sehingga pembuatan desainnya memerlukan filosofi yang lebih dalam. Ulasan ini berdasarkan artikelnya Rideapart yang ane nukil untuk anda. Di sini akan dibagi menjadi 5 poin keutamaan motor naked untuk dimiliki.

(cb650f)
(cb650f)

1. Harga

Secara hitungan ekonomi, biasanya motor naked harganya akan dibawah harga sebuah motor full fairing. Apalagi jika anda adalah biker pemula yangmulai menyenangi sepeda motor, bandingkan saja, dengan mesin spek hampir sama motor naked bisa dibeli dengan menghemat uang yang dikeluakan, bisa untuk upgrade atau modif agar nampak lebih keren atau lebih custom. Contohnya NVL dan R15 atau CBR150 dengan CB150R SF, lumayan kah perbedaaannya. Kalau versi aslinya sih mencontohkan motor kek  CB300F, Yamaha FZ-07 dan FZ-09 (MT series kalau eropa bilang), Ducati 696, Triumph speedtriple, atau, BMW R nine T,

2. Kepraktisan

Motor sport naked menjadi motor favorit untuk saran transportasi aktivitas sehari-hari dibandingkan dengan full fairing atau cruiser ( contohnya Harley… jangan Tiger 😀 ). Konsep desainnya rata-rata lebih langsing dibandingkan baik full fairing dan cruiser, sehingga akan lebih mudah saat menyimpan di garasi sempit atau sekedar parkir di tempat parkir umum. Jika Anda seorang biker perkotaan atau bahkan pinggiran kota, naked fantastis dalam urusan lalu lintas. Ukuran motor naked membuatnya lebih mudah untuk bermanuver di jalanan yang sibuk, dan posisi duduk tegak memberikan pengendara pemandangan apa yang terjadi di depan dia.

KTM-390-Duke
KTM-390-Duke

3. Performance dan Handling

Ada banyak berbicara tentang mengapa motor naked adalah hoot to ride, motor naked merupakan motor yang ringan dan cepat, dengan sudur rake yang rendah membuatnya lebih mudah untuk belok dan berkelok-kelok membelah padatnya lalu lintas atau menakhlukkan tikungan di pegunungan dan ngarai dengan cepat.

4. The Fun Factor

mengendarai motor naked itu menawarkan intisari dari arti street riding…. berkendara menelusuri, menakhlukkan  jalan.  Sebuah mesin yang melekat pada dua roda, tidak ada ABS, tidak ada kontrol traksi, angin menghempas anda di dada, perut dan wajah, tidak ada yang lain perlu dipikirkan, kecuali perjalanan itu sendiri. Ada banyak  yang hal yang bisa dikatakan untuk  pengalaman semacam. Itu adalah sensasi yang didapat dengan mengendarai motor naked, dan itu salah satu yang setiap pengendara harus memiliki.

triumph speedtriple
triumph speedtriple

5. Desain Lebih Everlasting

Ya….mungkin karena diterangkan di atas, bahwa mendesain motor naked lebih memerlukan pemikiran yang lebih dalam, filosofi lebih karena tidak ada part seperti fairing yang  bisa diexplore untuk mebuat desain. Desain motor naked ya bodi, rangka itu sendiri serta bentuk mesinnya. Namun jika soul desainnya dapet weh….. everlasting bener tuh kegantengan motornya….. contohnya… Triumph  Speedtriple ini.

So….. gimana dengan dulur sekalian…..ada tambahan lainnya?atau punya selera lain?silahkan dishare saja…

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

13 Comments

  1. naked itu indah…mesinnya terekspos apalagi yg multisilinder…header knalpotnya berendeng ..wuiiih bikin cenat cenut …apalagi kalo sasisny keren kek mt09….hadeeeuuuuhhh kerennnnnyaaaaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*