Alat Kecil Ini Terasa Sekali Manfaatnya Untuk Eco Riding Atau Cruising

push helper
suzuki
push helper
push helper

Yola dulur…… alat ini entah namanya apa, kalau deka sendiri menyebutnya push helper. Alat ini ternyata terasa sekali manfaatnya, melebihi harganya yang hanya berkisar antara 10 sampai 15 ribu rupiah. Untuk mencarinya pun tidak sulit, setiap toko variasi motor pinggir jalan selalu menyediakan dengan berbagai merk dan warna. Bentuknya rata-rata hampir sama bahkan identik, yaitu berbentuk seperti seperti papan oval melengkung mengikuti kontur pangkal telapak tangan. Papannya melebar ke arah dalam dengan satu sisi ada dudukan berbentuk bulat yang dikaitkan ke handle grip motor.

Pada awal pemakaian alat ini biasanya kita akan merasakan kagok karena ada sesuatu yang mengganjal pangkal telapak tangan kita. Namun jika sudah terbiasa, justru akan bayak manfaatnya saat kita mengendarai motor. Pada awalnya kita harus memposisikan push helper pas dengan karakter tarikan gas motor kita. Jika nggak pas, maka justru akan merepotkan kita sendiri karena setelan gas akan terlalu besar atau terlalu kecil. Intinya adalah merubah posisi alat ini sampai kita merasa nyaman dan cocok dengan kecepatan saat rooling.

push helper
push helper

Jika setelan sudah pas, maka alat ini akan memberikan beberapa keuntungan, seperti kita nggak merasa pegal saat lengan menarik gas terlalu lama. Aktivitas menarik throtle gas biasanya dilakukan oleh jari-jari tangan kita yang menggenggam dan pergelangan tangan. Dimana disitu adalah tempat yang paling cepat pegal dari bagian tangan ini. Dengan alat ini, menarik throtle gas sebagian besar dilakukan dengan pangkal telapak tangan, jari-jari hanya untuk menggenggam stang untuk kemudi. Bahkan tanpa tenaga ekstra, throrle gas akan tertarik karena berat tangan yang kita letakkan, tidakperlu tenaga tambahan. Akibatnya tangan kita tidak mudah pegal…bahkan untuk perjalanan jauh.

Keuntungan lainnya adalah dengan memasang alat ini, maka seperti mengajarkan pada kita tentang kebiasaan berkendara secara eco riding, gas cenderung stabil, kecepatan stabil tanpa membuang bensin percuma dengan menekan gas terlalu dalam. Dengan style eco riding seperti ini berarti akan membuat berkendara lebih irit. Tangan kita seperti terbatasi saat menarik selongsong gas. Jika ingin menambah kecepatan saat menyalip kendaraan lain misalnya, tinggal memindahkan penggunaan tenaga ke jari-jari kita untuk menarik throtle.

Namun manfaat ini terasa jika style berkendara kita style kalem atau biasa, tidak akan terasa untuk rider dengan tipe gaspol, justru akan mengganggu dan bikin ribet. Begitu pula dengan motor dengan kopling otomatis seperti bebek atau metik, karena alat ini rentan ketekan secara tidak sengaja. Ada beberapa kasus alat ini ketowel atau kesangkut lengan pakaian panjang tanpa sengaja saat berhenti dilampu merah. Di motor bebek kita kadang lupa menetralkan gigi, sehingga motor tiba-tiba melonjak karena throtle tertekan, begitu pula dengan metik. Perlu kewaspadaan yang lebih untuk memasang di kedua jenis motor tersebut. Sehingga paling cocok untuk motor yang menggunakan kopling, jika tertekan tidak sengaja maka tetap aman karena kita berhenti dengan menekan koplin, paling mesin hanya menderum saja.

So… alat ini sangat rekomended untuk rider yang suka turing atau menggunakan motor secara eco style dan rolling stabil……. silahkan dirasakan sendiri.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

Keuntungan

13 Komentar

  1. Sudah make lama beud, waktu itu harga 30rb-an, bli warna putih.
    Setelah posisi pas lsg sy iket pake kabel ties, krn kdg suka melorot jg,
    plus jd anti tangan jail.

Silahkan Beropini