CBR-300R Mungkin Motor Sport Terbaik Di Kelasnya………Untuk Pemula

2015 Honda CBR300R

Yola dulur…. mungkin kita masih ingat dengan motor sport fairing Honda upgrade dari CBR250R, yaitu CBR300R. Motor yang agak susah masuk ke marih karena kebijakan pajak motor lebih dari 250 cc yang menjadi ganjalan karena akan mempengaruhi harga secara signifikan.

2015 Honda CBR300R
2015 Honda CBR300R

Motor ini lahir sebagai kritikan publik biker bule sono akan CBR250R yang dianggap kurang nendang torsinya. Setelah beredar maka sebuah media Amrik, rideapart mencoba mereview motor ini dengan impresi berkendara selama satu hari.

Review tersebut akan deka rangkum dari versi aslinya yang panjangnya kek rangkaian kereta api. Berikut ini poin-poin yang direview oleh tester akan motor fairing tersebut

2015 Honda CBR300R
2015 Honda CBR300R

– Yang baru dari CBR300R 2015

Kalau menganggap motor ini besar adalah salah besar, pabrikan  membuat motor ini tidak lebih hanya untuk biker pemula. Hanya seperti naik CBR250R dengan tambahan sedikit rasa wow. Kalau CBR300R dianggap sebagai new model sepertinya nggak cocok, realistisnya motor ini adalah upgrade dan pengganti dari yang 250 cc.  Motor ini sebenarnya bukan murni 300 cc, itu berlebihan, hanya stroke-up atau menambah langkah dari 250 cc menjadi 286 cc. Dengan stroke-up ini motor menjadi punya torsi melimpah di rpm bawah. Perbedaan dengan 250 cc lainnya adalah soal bodi adalah  soal lampu dan bodi yang lebih ramping sehingga lebih enak saat paha mengempit motor.

2015 Honda CBR300R
2015 Honda CBR300R

-Impresi berkendara

Kalau dilihat dari jarak 5 M-an, nggak ada perbedaan signifikan dengan yang 250, paling hanya dari redesain fairing belaka, namun saat anda menaikinya,maka akan terasa bahwa Honda telah memakan waktu banyak untuk mengembangkan motor ini. Motor mempunyai  rentang torsi yang menyenangkan di berbagai area RPM, namun tidak agresif, melompat halus meskipun gas dibejek habis. CBR300R memang mempunyai torsi berlimpah di RPM bawah, enak untuk dalam kota dan liak-liuk di antara mobil, tapi tidak lebih dari itu.

Jika menemui Highway yang bisa memungkinkan lari diatas 100 mil/jam ( 160km/jam), jangan harap motor ini memuaskan dahaga anda, namun motor sangat enak saat dikendarai di kecepatan sekitar itu. Gearing atau pengaturan gearbox adalah kuncinya, dan Honda sukses dengan hal itu. Perpindahan giginya nyaman sekali, kita tidak perlu kehilangan torsi walaupun belum di rpm paling ideal, apalagi saat di kecepatan 100-120 km/jam.

Ada banyak hal yang buruk tentang-cc kecil dan sensasi satu silinder, tapi Honda membuat perbaikan rekayasa besar untuk menghindari banyak masalah yang melekat. Suara dan daya output adalah satu-satunya hal yang mengingatkan saya bahwa saya berada di sebuah sensasi. Honda memang tidak pernah mengeluarkan secara resmi ouput powernya, namun kita merasakan bahwa ada curva power yang berbeda dibanding 250 cc.

Motor sangat gesit untuk dikendarai, bahkan seorang pemula pun akan bisa berseang-senang saat mengendarai motor ini. Biker  baik pemulamaupun yang sudah berpengalaman saat mengendarai motor ini akan menjumpai banyak kesempatan untuk bermain sebelum potensi uncak motor ini teraih dan akan tumbuh melapaui itu.

2015 Honda CBR300R
2015 Honda CBR300R

-Faktor minus

Saat di highway kecepatan tinggi, raungan mesin memang cukup baik untuk mesin 1 silinder. Namun ada gejala motor”gugup”, kontrol berkurang, serta kegesitan menjadi masalah. Lebih baik hindari kecepatan tinggi untuk perjalanan sejauh 45 km di highway kecepatan tinggi. Aerodinamis dan ban kecil membuat kurang kepercayaan diri saat di highway. Posisi duduk kurang nyaman karena hantaman angin dari depan terasa langsung, sehingga mengurangi aerodinamik ( maklum bule tinggi-tinggi amat).

-Verdict

Motor ini sangat menyenangkan buat seorang biker pemula, memeberikan ruang bersenang senang yang banyak. Posisi duduk, gearing nyaman, kegesitan, torsi yang merata, serta harga yang murah ( di amrik sekitar  $ 4399 aka 49 jutaan) membuat motor ini menjadi layak beli. Motor terbaik di kelasnya….. tepatnya terbaik untuk seorang pemula

Sumber : Rideapart

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

20 Komentar

  1. Kontras sekali sama biker dimari,,
    Kalo sempet lah ada FBH garis keras endonesah yg punya ini motor dan disuru ngereview,,,
    Bakalan lain ceritanya,,,
    Ya, fby-fbh indonesia itu unik, kadang mereka lupa, 250cc honda-yamaha cuma ibarat bebek 97cc di luar sana, apalagi hanya dohc-sohc 150cc? XD

Silahkan Beropini