Iklan Ini Malah Jadi Bahaya Laten Yamaha

Yola dulur….. warga permotoran Jawa Timur sedang heboh akan sebuah iklan di sebuah koran. Disitu dengan jelas memapangkan motor hot item Yamaha R-15 dengan tulisan sangat jelas… READY STOCK Tanpa Inden…..

iklan r15 tanpa inden
iklan r15 tanpa inden

Apakah ada yang aneh di iklan tersebut? kalau buat warga yang awam sih nggak ada yang salah….namun beda cerita ketika yang membaca adalah seorang bike enthusias. Seseorang yang melek akan dunia permotoran yang penuh dengan cerita dan gosip yang begitu dinamis.

Bagi seorang bike enthusias jelas iklan ini seperti kontradiktif dengan kenyataan riilnya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa motor R15 adalah motor yang banyak diburu calon pembeli. dari awal juga pihak YIMM menyarankan untuk inden online, kemudian diberitakan juga bahwa kapasitas produksi R15 selama 1 tahun “hanya” berkisar 120 ribuan dengan porsi 50% buat export, sisanya untuk dalam negeri. Maka dari itu yamaha melakukan kebijaksanaan inden karena kapasitas produksi tidak bisa mengimbangi permintaan. Lha kok ini berani-beraninya bilang “tanpa inden”, ini hanya mencari sensasi untuk mengimbangi kapastias produksi CBR150-nya AHM atau gimana?

Well…. kalau menurut deka, bisa saja itu hanya permainan kata. Calon pembeli diberikan daya tarik dengan memberitahukan bahwa R15 bisa beli tanpa inden. Namun jumlahnya terbatas, hanya untuk menarik potensial buyer saja, dan mengurangi unsur “kebohongan”…sah-sah saja….namun punya efek bahaya laten.

iklan maaf yamaha

Ya…. dalam jangka panjang jelas ini membahayakan marketing Yamaha sendiri. Konsumen yang merasa kagol, merasa diakal-akali itu sembuhnya lama, dari suka akan menjadi benci. Ketika apa yang dijanjikan ternyata berbeda dengan kenyataan maka konsumen merasa dikecewakan. Masak ngeluarin uang untuk beli barang cuma dapat bohong-bohongan, walaupun dengan alasan stock habis karena sudah keduluan ama yang lain…. tetap saja dicap PEMBOHONG.

Apalagi iklan tersebut tanpa menunjukkan sumber pengiklan, inden di diler mana, daerah mana. Publik yang membacanya jelas akan menangkap bahwa di semua area, jika beli R15 itu ready stok baik warna maupun barangnya…tanpa harus menunggu barang 1 haripun. Datang ke diler, pulang bawa motor R15 sesuai selera….Well..kayak mimpi disiang bolong yah…. ( tanya lek ipan 😀 ). So… iklan yang menggunakan syarat dan ketentuan berlaku seperti itu memang banyak mudhorotnya…..manfaat untuk jangka pendek, namun efek negatifnya akan berkepanjangan….terlalu panjang bahkan.

Terus ada yang bertanya, jangan-jangan itu iklan hoax…. yang pasang iklan bukan dari pihak Yamaha…… Ah…. embuhlah……. entar juga ketahuan kok……

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

14 Komentar

Silahkan Beropini