Tarikan New CBR150R Lebih Enteng, Efek Penambahan Gigi Sproket?

spek data new cbr150r
suzuki

Yola dulur…. baca-baca hasil performa mesin new CBR150R yang dipublish secara resmi oleh AHM saat peluncuran kemarin diperoleh hasil bahwa secara power on crank atau output power yang keluar dari mesin mengalami penurunan menjadi 17,1 PS @ 10.500 rpm. Sedangkan power output dari mesin CBR150R versi thai adalah 17,8 PS.

spek data new cbr150r
spek data new cbr150r

Sedangkan bobot motornya sendiri mengalami penambahan sebesar 5 kg dibanding versi import. Seharusnya dengan melihat spek di atas kertas tersebut new CB150R underperform dibanding versi lawasnya. Namun menurut blogger yang diundang oleh AHM untuk testride rata-rata mengatakan hal sebaliknya. Mereka rata-rata berkomentar positif terhadap versi terbaru CBR150R ini.

Hmmm…. kalau deka mengumpulkan serpihan-serpihan informasi sebelumnya soal motor new CBR150R ini, perubahan yang paling kentara adalah gear reduksi primer dan penambahan mata gear sproket belakang menjadi 46 mata. Ini berarti power yang dihasilkan oleh pembakaran mesin dihantarkan ke ban dengan lebih ringan. Mungkin juga ada perbaikan di sektor efisiensi agar power output tidak banyak terbuang saat penghantaran ke ban. Perbandingan sederhananya adalah saat kita memindah gear belakang ke gear yang lebih besar saat naik sepeda gunung. Nah rasanya lebih enteng bukan saat mengayuhnya?

cbr 150 repsol edition
cbr 150 repsol edition

Itulah yang terjadi pada new CBR150R ini, menurut para testrider, tarikan terasa lebih enteng, padahal power dan torsi disunat dari versi sebelumnya. Yups….pengaruh perubahan gear yang lebih besar tersebut membuat karakter penyaluran power mesin ke ban menjadi sedikit berbeda dibandingkan versi CBR 150R mata tunggal. Mungkin mendekati karakter stop n go-nya mesin sohc. Namun hal ini juga akan berpengaruh ke pemangkasan pencapaian topspeed di peak RPM.

Yamaha-R15- vs cbr150

Hal ini mungkin dibuat agar menjadi faktor diferensiasi dibanding CBR thai dan mengejar kelemahan tarikan awal dibandingkan si kompetitor R15. DOHC CBR divariasikan dengan setting tarikan maknyusnya agar mendekati sensasi full torsinya mesin SOHC, meskipun mengorbankan topspeed. Namun tetap ada yang tidak berubah….. konsumsi bbm tetaplah sama. Sama-sama mesin DOHC yang agak haus dibandingkan mesin SOHC , ah….. namanya juga output powernya lebih gede dibanding SOHC.

Ini adalah pengamatan seorang deka yang memang bukan pakar permesinan, hanya sebatas pengamatan sederhana. Jika ada pemirsa yang lebih pakar soal permesinan silahkan share saja untuk pencerahan.

Semoga bermanfaat

Wassalamaualaikum

 

15 Komentar

  1. Selain gear belakang yg lebih besar, ECU jg disetting untuk mendapatkan torsi pd rpm yg lebih rendah shg tarikan awal terasa lebih ringan, tp efeknya antara puncak torsi dan puncak power ada gap rpm yg cukup jauh (3000 RPM).
    Susah untuk mencapai peak [email protected] RPM krn setelah 7500RPM kekuatan torsi mesin akan menurun.
    Bandingkan dengan CBR150R versi CBU:
    Power max 17.8PS @10500 RPM
    Torsi max 12.6 Nm @8500 RPM
    Antara power dan torsi didapat pada RPM yg relatif dekat (selisih hanya 2000 rpm) shg untuk mencapai tenaga puncak akan lebih mudah/torsi belum drop

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Perubahan Inilah Yang Membuat Akselerasi New CBR150R Lebih Nampol Dibanding Versi Thai | 78deka
  2. Kenapa GearDepan R-15 Lebih Besar Dibandingkan NVL? | 78deka

Silahkan Beropini