Motor Pake Lampu Halogen Akan Ditilang? Preett Lah…

ilustrasi tilang
suzuki

Yola dulur….. Saat surfing ke motorplus, deka tertarik dengan sebuah berita, khawar tentang penilangan yang menimpa seorang biker oleh seorang aparat polisi. Dikabarkan melalui twitter @TMCpoldametro, terjadi penilangan pengendara motor pada malam hari yang motornya menggunakan lampu halogen. Deka terhenyak dengan berita ini, timbul pertanyaan, ini sebuah ketidakpahaman atau hanya cari-cari alasan saja untuk menilang seseorang?

ilustrasi tilang
ilustrasi tilang

Pihak motorplus sendiri langsung menghubungi seorang perwira polisi yang dianggap kompeten untuk menanyakan kasus yang diinformasikan via twitter tersebut. AKBP Hindarsono, Kabaggakkum Polda Metro Jaya. Dan ternyata perwira polisi tersebut membenarkan penilangan tersebut, dan membenarkan pula aksi petugas penilang.

Nggak pakai lama, motorplus-online.com pun langsung mengonfirmasikan seputar hal itu dengan AKBP Hindarsono, Kabaggakkum Polda Metro Jaya. Beliau mengakui kalau penilangan tersebut memang benar dilakukan aggotanya, tapi terhadap motor-motor yang menggunakan headlamp menyilaukan. Karena lampu model seperti sangat membahayakan buat pengendara lain. “Bikin celaka pengendara motor lain,” jelasnya.

Perwira polisi tersebut beralasan, sesuai UU no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan jalan raya, penggunaan lampu yang menyilaukan melanggar UU tersebut. Walau sudah dijelaskan perbedaan antara Xenon, HID dan halogen, serta LED, ia tetap berpendapat bahwa penggunaan lampu di luar standar pabrik melanggar aturan.

halogen lamp
halogen lamp

Nah loh….. Pak pulisi ini kok bikin bingung deka, bukannya lampu halogen pada motor itu membantu penerangan saat malam hari? Bukannya banyak motor yang dari bawaan orok pabrik sudah dibekali lampu halogen? Mbok ya kalau bikin aturan itu dikonsultasikan ke pakarnya yang tahu seluk beluk permotoran. Ini baru soal lampu halogen, belum penggangantian jenis lampu seperti warna standar ke kuning agak pekat, contohnya Osram all season super agar saat hujan dan kabut pencahayaan lebih bagus. Apakah penggantian seperti ini akan ditilang juga? padahal fungsinya untuk peningkatan safety.

Jian….. tepok pantat jidat tenan kalau kayak gini……sebuah ambiguitas aparat. Di lain sisi membuat tenang sebagai pengayom, di lain sisi membuat khawatir karena menilang dengan alasan tidak jelas.

Sumber : motorplus

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

16 Komentar

  1. terkadang memang benar benar menyilaukan bang bila berpapasan dengan motor dengan lampu sangat terang dan sein jauhnya di gunakan, sudah main dim berkali kali tetap nekad, itu sesama raider motor apalagi bagi driver mobil bang …. dengan alasan safety tapi untuk diri sendiri tapi mencelakai orang lain saya kira kurang adil bang

      • Mau halogen halogan halosis.. gk peduli jenis lampunya..kalo sorot lampunya terlalu keatas ya bikin silau..terus penggunaan bohlam jg harus sesuai peruntukannya.. HID hanya khusus buat yg pakai HID proyektor..dan yg pasti setting sorot lampunya lagi harus sesuai.. yg boncengan wajib disesuaikan sorot lampunya krn motor bakal lbh dongak.. trs penggunaan watt bohlam.. watt sesuai standar aja..night breaker, all season dll pun aman dipakai jika watt nya sesuai bawaan pabrik..kalo hal tsb dipenuhi sepertinya aman dr tilang mas..

  2. Celah lagi ini untuk aparat mengeruk duit dari masyarakat…
    Tidak dijelaskan silaunya bagaimana, tidak dijelaskan halogen yang gimana..
    Halogen sudah jamak, bahkan halogen juga ada yang kayak lampu standart..
    polisinya mana bisa bandingin…

    jangan” yang make projector jg bakal kena tilang….

  3. begitulah pak…denger denger temen temen yg punya sodara di aparat…lantas menyumbang 15% setoran pungli … reskrim bisa 30%…jadi kalo nggak dapet setoran mereka bakal dicopot kepalanya…wallahuallam…semoga saja bukan kabar yang benar.

Silahkan Beropini