Hasil Inden Online New CBR150R Nggak Se-Wow R15, Yo Wajar……

Yola dulur…. membaca hasil inden CBR150R yang diadakan oleh AHM untuk melayani calon pembelinya ( baca disini ), mengingatkan kita akan program yang sama yang pernah dilakukan oleh Yamaha saat launching perdana motor sport mereka R15.

skema inden CBR150R

skema inden CBR150R

Namun hasilnya sepertinya nggak sama seperti apa yang diraih oleh R15, dimana saat itu respon calon pembeli atau indener begitu membahaaaaana, dimana dalam 8 jam saja sudah mencapai 1500 indener. Sedangkan menurut pantauan bro aripitstop, sampai jam 20.00 wib , indener CBR150R di http://www.madeofchampion.com baru mencapai 200 indener, padahal inden dibuka mulai jam 08.00 wib sesuai jadwal diler buka.

Apakah hasil sementara bisa sebagai representasi capaian penjualan CBR150R nantinya akan jauh dibawaih R15? weits….. nanti dulu dulur….. bisa iya bisa nggak. Namun itu jadi bahasan yang terpisah, biar waktu nanti yang menjawabnya, kalau saat ini masih terlalu dini untuk menyimpulkannya. Masih ingatkah dengan kasus beat yang mengangkangi Mio? ya mungkin saja karakter pembeli motor sport berbeda dengan pembeli metik…who knows, makanya biarlah nanti waktu yang menjawabnya, semua masih bisa terjadi.

cbr 150 repsol edition

cbr 150 repsol edition

Kali ini mari kita fokus dikejadian yang sudah terjadi saja, dan mengira-ira apa penyebabnya. Ya…indener CBR150R “hanya” mencapai 200 orang di hari pertama, sangat jauh dibandingkan capaian hasil hari pertama inden online R15. Hasil ini jelas ada penyebabnya, nggak “mak bedunduk” hasil penjualan ini diperoleh. Ada latar belakang yang menyebabkan indener CBR150R ini nggak se wow R15. Mari kitabahas bersama-sama, meskipun ini hanya dari kacamata seorang blogger kampung pinggiran kota Cirebon.

Sudah diketahui bersama bahwa AHM atau Honda mempunyai massa Netizen ( pengguna internet ) yang lebih sedikit dibandingkan oleh Yamaha. Hal ini sudah dibuktikan beberapa waktu lampau oleh sebuah media online, dimana Yamaha mendapatkan penghargaan sebagai merk motor yang digemari oleh para Netizen . Sedangkan penginden online atau publik yang mengetahui adanya program inden online paling banyak adalah netizen. Berarti yang melaksanakan inden online tentu lebih sedikit pula. Background pembeli motor Honda adalah masyarakat non netizen aktif yang jumlahnya sebenarnya jauuuuuuhhhh lebih banyak dari netizen.

cbr150 r lokal

cbr150 r lokal

Yang kedua, tanda-tanda hasilnya tidak akan se wow R15  sebenarnya sudah nampak sebelum inden online ini dibuka. Petunjuknya jelas dari respon saat berbagai media online dan blog mengeluarkan printilan part atau spyshot new CBR150R yang terkesan biasa-biasa saja. Hal ini mungkin karena populasi CBR150R versi sebelumnya sudah ada, sehingga yang new terkesan hanya lokalisasi dan facelift dari model lama mereka. Berbeda dengan R15 yang memang baru pertama-kali kehadirannya di marih.

Karakteristik psikologis konsumen Honda yang lebih holistik atau semua umur atau awam bahasa kasarnya, mempunyai karakter pelan namun pasti saat mempertimbangkan membeli motor. Berbeda dengan R15, dimana mindset konsumen Yamaha adalah anak muda, spirit semangat muda dimana anak muda mewakili fast respons, memutuskan secara cepat. Hal inilah yang membuat rata-rata penjualan motor Honda peningkatannya cenderung lambat, namun pasti. grafiknya landai namun naik terus, bukan naik tajam namun seperti gergaji.

Itulah beberapa alasan kenapa indener online CBR150R tidak seperti indener R15 yang membahaaaaaana itu…..tapi ini baru hari pertama, mungkin berikutnya akan berbeda karena metodenya saja berbeda. Inden online CBR150R sebenarnya hanya seperti inden pada umumnya, konsumen datang ke diler, mengisi data sebagai bukti memesan motor CBR. Bedanya, jika inden pada umumnya mungkin data dikirim ke pusat bisa seminggu atau lebih bersama inden motor jenis lainnya yang dipesan oleh diler tersebut, sedangkan CBR150R ini saat itu juga data langsung direspon oleh AHM pusat.

Jika ada opini lain… monggo di share saja…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

NB : Update data jam 23.30 ternyata data berubah menyusut menjadi 100 indener, entah kenapa…. cek di aripitstop

7 Komentar

Filed under honda

7 responses to “Hasil Inden Online New CBR150R Nggak Se-Wow R15, Yo Wajar……

  1. mantap opininya lek… juossss
    ———–
    Adakah nama lads sebagai kandidat pemenang?
    http://kobayogas.com/2014/09/05/intermezzo-ini-dia-jawaban-kuis-satu-tahun-kobayogas-com/

  2. Tambah lagi bonus jaket yg trlalu “sedikit” dari ahm, sedang yimm ngasi 1500 helm, secara ga langsung konsumen yimm kala itu berharap jadi salah satu di 1500 pertama, kalo cuma 200an pcs ,mgkin org akan mikir “ahh, mana mungkin kbagian lagi” cmiiw

  3. biarah waktu yang akan menjawabnya :mrgreen:

  4. Hari Jum’at kang, masih banyak yg kerja, hari sabtu atau minggu mungkin dealer akan diserbu. .
    lagian pelayanan ala AHM kan ndak bisa langsung banyak (multitasking) 😀
    one to one aja tapi lebih jelas n pasti IMHO CMIIW

  5. Mantap om. Memang agak repot juga sih kalau indent online mesti keluar rumah atau kantor menuju dealer 😀

    http://klxadventure.com/2014/09/08/touring-lampung-surabaya-via-jalur-selatan-bandung-tasik-jogja/

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s