Simbiosis Honda Dan Repsol Berbuah Manis, Numpang Ngiklan Harga lebih Mahal

RC213V marquez-pedrosa

Yola dulur… ..tentu kita semua tahu, atau minimal bisa melihat bahwa tim moto gp HRC selepas selesai hubungan dengan Rothmans ( ada yang ingat ga ya?:D ) kemudian digandeng oleh Repsol, perusahaan oli dari Spanyol dan sejauh ini harmonis sampai detik ini.

marquez-pedrosa
marquez-pedrosa

Kalau biasanya simbiosis seperti ini, tim moto gp adalah sebagai alat pengiklan agar produk yang ditempel di motor balap tersebut banyak dibaca oleh penggemar balapan moto GP. Hal ini dilakukan dengan harapan merk pengiklan ini meningkat dan dikenaloleh kalangan masyarakat. Atau brand image terpatri di benak publik yang melihatnya, ingat merk itu jadi ingat moto gp yang identik dengan keren, hebat, cepat. Di sini si merk pengiklan yang merasa diuntungkan dengan brand image tersebut, sedangkan tim yang mengiklankan diuntungkan dengan bentuk uang pembayaran si pengiklan. Dan ini terjadi tidak hanya di HRC, namun hampir semua tim balap,bahkan tim satelit itu hidupnya dari livery yang menmpel di motor tersebut.

Namun kejadian agak janggal terjadi antara perusahaan Repsol dengan Honda. Livery yang awalnya hanya nemplok di motor balap moto GP, menular ke motor pasaran mereka. Suatu hal yang belum dilakukan oleh perusahaan motor manapun untuk motorproduksi massal mereka. Dan herannya lagi harga jual motor dengan livery Repsol lebih mahal dibanding livery atau striping biasa.

cbr150 r lokal
cbr150 r lokal

Padahal aslinya kan itu iklan berjalan, motor itu mengiklankan merk oli Repsol, saat dipakai dijalan sekalian ngiklanin oli, lha kok malah beli motornya malah lebih mahal ? aneh bukan? Bukannya kebalik, justru yang beli motor dengan livery iklan seperti ini harusnya malah beli dengan lebih murah sebagai kompensasi ngiklanin tu oli? Tapi bentar…. mari kita bahas kenapa kok kejadiannya seperti itu.

Hubungan antara Repsol dengan Honda sepertinya memang sangat menguntungkan keduanya ketika Honda meluncurkan produk motornya dengan livery Repsol. Di pihak Repsol sendiri akan sangat senang karena motor yang laku seperti reklame berjalan yang sangat menguntungkan perusahaan oli tersebut. Bayangkan saja, orang beli motor dengan livery Repsol saja lebih bangga dibandingkan denganyang biasa, terus akan dibaca oleh orang sepanjang jalan, sepanjang waktu….tanpa dibayar. Otomatis merk Repsol akan tertanam dalam di benak masyarakat umumnya, pemilik motor khususnya….masak motornya livery repsol, ngisi oli evalube???? 😀 😀  tentunya repsol juga kan…. Penjualan oli Repsol akan meningkat.

cbr 150 repsol edition
cbr 150 repsol edition

Sedangkan pihak Honda sangat diuntungkan dengan livery Repsol ini. Selain menjual lebih mahal, karena motor terasa lebih eksklusive. Dan siapa tahu mereka mendapatkan pemasukan dari Repsol, kan ngiklanin merk repsol di motor produk massal mereka. namun yang paling utama adalah, pembeli melihat livery Repsoldi motor Honda akan mengangkat gengsi motor tersebut. Orang melihat emblem Repsol di motor akan mengingatkan akan motor cepat, gagah, keren, juara di balap moto GP. Mereka tertarik membeli motor tersebut karena aura moto GP tertular di motor tersebut…Tulisan Repsol identik dengan cepat….pemenang….. keren…. otomatis motornya akan diburu oleh penggemar kecepatan, atau minimal penggemar motoGP khususnya FBH.

Nggak percaya? lihat 2 spyshot motor CBR 150 R lokal diatas, antara striping biasa dengan livery Repsol gantengan mana???? 😀 :D….its all about “Jin” aka mindset. Kalau udah gini apa nggak menguntungkan kedua pihak tuh…… itulah cerdasnya Honda………..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

 

16 Comments

  1. kalo soal r15 yg livery movistar gimana tuh? kok gak dibahas kaya gini juga? apa karena produksinya yg cuma terbatas? IMHO kalo soal lebih mahal motor yg versi repsol menurut saya si lebih kepada pajak tnkb. tau sendiri lah motor dengan warna lebih dari satu biasanya lebih mahal di pajak tnkbnya CMIIW.

  2. di samping itu,untuk yg livery repsol butuh sticker hampir tiga kali lipet lebih banyak dari pada yg setriping biasa..dr situ otomatis biaya pembuatan/beli setriping pasti lebih mahal..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*