Review Oli Castrol Active X-tra 20w-50 Untuk Ki Bagong

Yola dulur….. kali ini deka akan mengulas tentang pengalaman deka menggunakan oli merk Castrol Active 20w-50. Timbul pertanyaan kenapa deka memilih oli yang kental pada motornya, sedangkan sekarang trendnya pada pakai oli yang lebih encer.

castrol active 20-50

castrol active 20-50

Alasan deka sangat simpel, karena motor deka spesifikasi dari pabriknya cukup membutuhkan oli yang sae 20-50. Pernah deka coba dengan yang kekentalannya standar 20-40 saja mesin terasa kasar, memang secara tarikan lebih enteng, namun style riding deka yang kalem tidak begitu membutuhkan mesin yang responsif. Yah… standaran saja cukup.

Kalau sebelum ini deka mengulas oli nasional dengan sae yang sama ( cek ), sekarang ane mau mencoba oli rasa Inggris, castrol karena infonya mesin jadi enteng tanpa suara kasar. Oli tersebut ane tebus dengan harga 41 ribu rupiah di toko oli, dikemas dengan botol 1 literan. Harganya memang relatif lebih tinggi dibanding produk nasional seperti federal oil yang cuma berharga 28 ribuan 1 liternya. Maklum produk Inggris….yah…. namanya juga coba-coba, mumpung ada rejeki ane tebus dah tuh oli. Korban dikitlah untuk menebus pengalaman… toh nanti bisa dishare bareng-bareng buat dulur sekalian.

castrol active 20-150

castrol active 20-150

Sore harinya, oli yang ada di mesin ane kuras. Berhubung nggak punya kompresor, maka ane pakai cara manual. Oli sisa di dalam mesin ane biarkan menetes keluar semalaman, jadi ritual pengisian oli baru dilakukan esok paginya. Oh iya, jika memakai cara ini, motor di standar samping ya Lur, biar oli dalam mesin bisa keluar semua.

Pagi harinya, setelah cap penutup oli mesin dipasang,oli ane tuangkan ke lubang pengisian samapai oli dalam botol ludes, kalau ibarat makan sampai licin tandas piringnya 😀 . Seteleh selesai, sekalian saja bersihin saringan udara dan karburator, bair nggak kerja dua kali. Kelar semua, mesin ane nyalakan dan biarkan stasioner, nggak perlu dibleyer-bleyer,  sekitar 3 menitan agar sirkulasi oli lancar dulu. Setelah itu silahkan bleyer-bleyer pelan dan ready to roll.

Impresi yang deka peroleh adalah, mesin jadi lebih halus dan lebih resposif. Mungkin ini oli terenak yang pernah deka rasakan selama ini untuk mesin Pulsar. Mesin terasa enteng saat rpm naik, dan tanpa vibrasi berlebih. Panas mesin juga normal-normal saja seperti saat penggunaan oli Federal sebelumnya, namun hal ini menjadi rancu karena motor deka sendiri sudah dipasangi oil breather dan water methanol injek yang efeknya memang bikin panas mesin berkurang. Berbeda dengan oli-oli yang pernah deka pakai sebelumnya, dimana saat mesin terasa lebih responsif, namun suara mesin cenderung lebih kasar, yah ada harga ada rupa, apalagi ini produk patent Inggris otomatis harga juga lebih tinggi dibanding oli nasional.

Namun tak ada gading yang tak retak, meskipun impresi awalnya sangat memuaskan, namun ketika KM menunjukkan 1000 lebih dari awal penggunaan, oli menunjukkan penyusutan meskipun sedikit, dan suara mesin menjadi cenderung lebih kasar. Namun itu semua masih ane anggap normal lah, impresi oli Castrol ini sangat memuaskan buat deka……kecuali harganya itu…… 😛

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

9 Komentar

Filed under merk, pulsar

9 responses to “Review Oli Castrol Active X-tra 20w-50 Untuk Ki Bagong

  1. Kalo standaran dari BAI dulu buat bajaj oli apa om?

  2. untuk pulsar cobain oli SGO dari suzuki om sama impresinya kayak castrol active 20-50w malah lebih murah 😉

  3. arfan

    Bener tuh masbro,ane pake bwt supra ane mantab

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s