Kalo Jadi, ZX-25R Bukan Pengganti Ninja 250 Fi

zx250 young machine

Yola dulur…. rumor ninja 25R atau Ninja 4 silinder ( siapkan wadah air liur 😀 ) makin deras dan gamblang sejak kemunculan renderan motor ini di majalah Young machine. Ya…karena majalah motor  negeri naruto dan Gundam ini dianggap kredible dan paling banyak kemungkinan tepatnya untuk prediksi motor yang akan diproduksi. Sehingga majalah ini banyak sebagai acuan media untuk menebak motor apa yang akan muncul dan diproduksi oleh pabrikan kedepannya.

Dari asumsi keberadaan Ninja 250 Fi yang terancam oleh keberadaan Yamaha R25, maka berhembuslah rumor Kawasaki sedang mengembangkan Ninja bermesin 4 silinder paralel yang jelas akan memberikan differensiasi dan pride berbeda, lengkapnya silahkan lirik artikel ini. Bahkan ada rumor motornya sendiri sudah ada di markas Kawasaki Indonesia dimana sedang dilakukan pengembangan. Nah… jika nanti benar adanya ada Ninja 4 silender, apakah ini menjadi petunjuk bahwa Ninja 250 Fi akan tamat? Mari kita bahas bersama-sama.

zx25R old
zx25R old

Dengan kondisi Kawasaki Indonesia yang marketnya segmented di kelas motor sport saja, penghilanagn suatu line produk adalah sangat beresiko dan tidak strategis. Ini sama saja mengurangi amunisi jualan,kalaupun diganti dengan jenis lain, kenapa tidak yang lebih menguntungkan saja yang diambil? menambah line produksi, menambah amunisi. Deka beropini seperti iniberkaca dari kasus ninja 150RR dan konco-konconya yang masih 2-tak, line produksi yang dipertahankan meskipun lambat laun akan hilang juga karena regulasi.

Kenapa Ninja 250 Fi nggak diperlakukan sama? toh selama ada penggemarnya sama saja menghasilkan keuntungan kok. Tinggal bagaimana membuat Ninja 250 Fi selalu digemari oleh para biker, entah melalui facelift tiap tahun, upgrade tiap tahun atau what else, mereka lebih tahu. Nama Ninja 250 Fi sudah begitu melekat di mata penggemar motor sport full fairing. Trade mark motor sport ganteng gagah selama ini di kalangan masyarakat adalah Ninja…. motor ganteng dikit dibilang kayak ninja…. silahkan cek masyarakat daerah 😀 😀 .

(ninja-250r FI)
(ninja-250r FI)

Jadi menurut deka Kawasaki ZX25R aka Ninja 4 silinder ini lebih baik sebagai pendamping Ninja 250 Fi yang dua silinder. Selain sebagai penambah amunisi, juga bermanfaat sebagai penguat brand Kawasaki sebagai produsen motor-motor super kencang. Ketika orang bilang ninja, maka akan bersambung ke pembicaraan ninja yang mana dulu… 1 silinder, 2 silinder atau 4 silinder?….cara anchoring yang mantap dimindset para biker. Meskipu lambat laun akan memakan pasar Ninja 250 Fi, namun itu perlu proses waktu. Nah selama proses waktu itu Kawasaki masih bisa meraup untung dari Ninja 250 Fi, seperti langkah yang sudah ditempuh pada ninja 2 tak.

Kalau punya opini lain silahkan dishare, karena kadar kebenaran dari penulis masih diragukan 😀 ….. Monggo…

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

1 Trackback / Pingback

  1. Syukurlah Kalau Proyek Ninja 4 Silinder Jadi | 78deka

Silahkan Beropini