Jupiter MX 150cc Aka Exciter 150 Fi, Langkah Logis Kompromis Terhadap Ayago

exciter 150 Fi
suzuki

Yola dulur…. ranag blogger barusan ramai dengan sebuah gambar bebek super milik yamaha Vietnam yang berkubikasi  150 cc. Di sono, jupiter mx ini disebut yamaha exciter 150 FI, ya…fi karena sudah menganut pengabutan sistem injeksi, berbeda dengan jupiter mx di marih yang menggunakan karburator.

exciter 150 Fi
exciter 150 Fi

 

Dengan desain tajam mirip jupiter MX namun menurut media-media kalau MX mengesankan mata elang, maka exciter ini berkesan mata hiu, peletakan lampu blinker mengikuti motor ninja 250,  yaitu nempel di tebeng, serta blinker belakang yang terlepas dari bodi motor alias seperti motor sport yang berbentuk cuping.  Namun dari semua perbedaan itu adalah sektor mesin yang berkubikasi 150 cc. Ini berarti identik dengan mesin minarelli 150 cc yang sangat fenomenal dan terpasang di motor vixion, NVL, R15, serta motor asal spanyol ( lupa namanya 😀 ).

Dengan mesin yang sama dengan NVL, dengan asumsi mempunyai tidak ada perubahan settingan maka otomatis motor ini dengan mudah mengasapi si motor sport naked tersebut. Kenapa? jelas karena bodi MX 150 cc ini lebih ringan, sehingga menghasilkan weight to ratio yang lebih besar. Lha gimana nggak/ dengan kubikasi yang sekarang, yaitu 135 cc saja MX sudah terasa kencang, apalagi dengan berjantung mesin NVL, wes…. udah kebayang dah…ndengklak-ndengklaknya.

Terus apa hubungannya dengan ayago? sudah kita ketahui bersama bahwa sebentar lagi Honda juga akan bermain-main dengan ayagonya, menemani Suzuki yang sudah bermasyuk ria Satria FU-nya. Lha terus Yamaha mau ikutan? nah ini yang akan kita bahas sekarang. Seperti kita sudah mahfumi bersama bahwa kelas ayago adalah kelas underbone yang menyajikan performa seperti kelas sport  batangan. Di ayago inilah pecinta underbone mencari sebuah motor yang kencang, lincah dengan bodi kecil ala bebek. Disini yang dicari adalah performanya….kencangnya…kalau ada yang dianggap irit, itu hanya bonus.

Dengan adanya dua pabrikan jepang yang akan bermain dengan ayago ini, posisi Yamaha sepertinya cari aman. Di kelas ini ceruknya kecil, namun ini melibatkan gengsi brand karena sebagai corong kemampuan kelas underbone aka bebeknya, apalagi yamaha identik dengan sporty-nya, termasuk dengan motor kencangnya. Lha kalau nanti MX inferior dibanding ayagonya honda, bisa panas telinga petinggi-petingginya mendengar bully-ing di media :D.

exciter 150 fi (nempel lek ipan partamax7)
exciter 150 fi (nempel lek ipan partamax7)

Sedangkan untuk membuat line produk baru di kelas ayago, Yamaha harus mengeluarkan kapital segar, waktu riset, plant baru, line produksi baru…. well…. ane agak menyangsikan yamaha akan mau mengerahkannya untuk produk dengan ceruk terbatas. Sedangkan di marih, seingat deka Yamaha punya ayago terakhir adalah yamaha Champ yang masih 2 tak yang lampau. Maaf, Yamaha bukanlah Honda maupun AHm yang modalnya tau sendiri kan??? 😀 .

Nah… daripada enggak nyemplung sama sekali, mumpung punya produk yang mempresentasikan under bone kencang yaitu Jupiter MX, kenapa nggak dimanfaatkan saja. Apalagi dengan munculnya Exciter 150 Fi yang punya basis sama dengan MX, hanya kubikasi yang lebih besar. Hal inilah ayang akan dimanfaatkan Yamaha untuk melayani ayago-ayago kompatriot sesama jepang. Dengan desain sedikit berbeda untuk differensiasi dengan Mx 135 cc, udah injeksi, ban lebih gambot dibanding mx 135, mesin 150 cc minarelli, pengembangannya nggak membutuhkan dan terlalu besar, maka Exciter ini adalah underboneyang sangat cocok, minimal untuk melayani performa ayago-ayago tersebut.

So… Exciter 150Fi adalah angkah yang paling logis serta kompromis daripihak yamaha jika ingin ikut berkecimpung di dunia hyper underbone. Daripada mengucurkan modal yang besar untuk tetek bengek pembuatan produk baru dengan segmen pasar terbatas. Toh sama-sama kencang kok, meskipun nantinya Jupiter MX 150 cc nggak pake setang jepit…. yang penting ngueeeeeeeennnggggg…….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum.

 

3 Komentar

  1. lha kalo bebek bentuknya ya mesti kayak gini..klo FU mah bukan bebek..itu ayago beda jenis..lha klo bebek super saat ini cuman TVS Tormax..dan bakal di ganti sama motor yamaha ini..biarkan saja honda gontok2an ayago sama suzuki..tapi buat ane yg cari bebek super ya motor ini

1 Trackback / Pingback

  1. Jupiter MX Bukan Untuk Jabanin Satria F, CS 1 Reborn-lah Penantangnya | 78deka

Silahkan Beropini