Wahai Ninja…. 4 Silinder Sajalah……

(ninja-250r FI)

Yola dulur…. desas desus Kawasaki Ninja akan upgrade ke mesin 4 silinder sudah terngiang beberapa waktu lampau, tepat setelah gacoan baru yamaha yaitu R25 brojol.  Rumor ini dilatarbelakangi lebih mumpuninya spek R25 dibanding mesin lawas ninja 250 FI.

(ninja-250r FI)
(ninja-250r FI)

Kawasaki Ninja 250 Fi yang awalnya berdiri tunggal di kelas sport fairing 250cc multisilinder menjadi punya kompatriot, sedangkan ceruk pasar di kelas ini sangat terbatas. Jumawanya Ninja di kelas 250 cc mengangkangi CBR 250 terancam oleh keberadaan all fresh from oven R25.

CBR250 mono silinder yang ditahbiskan jago sirkuit dan pengasap ninja secara mengenaskan tidak bisa mendekati penjualan sang Ninja. Ini semua karena Dual silindernya, orang mau bilang kurang lincah, mesin jadul, boros, kalah balap, tetap tidak bisa menafikan sensasi mesin dual silinder di jalanan. Nah kali ini R25 menyajikan sensasi yang sama,dengan mesin baru yang secara spek di atas kertas mengungguli jagoan hijau ini, apa nggak bikin telen ludah pihak KMI kalo udah kek gini? dan terbukti, penjualan perdana sang baby M1 ini langsung mepet penjualan Ninja.

zx-250r 4 silinder engine courtesy garagenight
zx-250r 4 silinder engine courtesy garagenight

Kontroversi mesin 4 silinder yang dianggap tidak ramah lingkungan, tidak efisien, tidak sesuai dengan line program kawasaki global menjadi bumbu rumor Ninja 4 silinder. Namun kalau deka boleh beropini, Ninja selama ini jumawa penjualannya karena faktor differensiasinya, beda sendiri, punya taste sendiri. Konsumen memilih Ninja 250 bukan mencari keiritannya, namun sensasi mogenya. Nah karena sudah nggak different lagi karena keberadaan R25, maka kemungkinan pangsa jualnya akan menyusut, kalau dibilang penjualannya berkurang nggak boleh 😀 .

zx 250r 4silinder core
zx 250r 4silinder core

Nah, belajar dari pengalaman, KMI bisa saja mencoba mesin lawas mereka dari motor ZX250 yang 4 silinder. Orang mau bilang mesin jadul, nggak efisien, toh menghasilkan outputpower yang dahsyat. Hal inilah yang akan dicari oleh para Ninja mania, kalau dulu dibikin penasaran oleh mesin dual silinder, sekarang dibikin klenger dengan sensasi mesin 4 silinder. Meskipun mesin old but new, nyatanya dulu ninja 2 silinder sukses di pasaran. Nah sekarang dengan mesin 4 silinder yang dianggap sudah jadul  punya kesempatan mengulang sukses sang pendahulu.

Ingat kelas ini sudah sangat segmented, boleh dibilang kasta tertinggi pasar motor kelas medium di bawah moge. Di kelas ini orang mencari taste, bukan sekedar tunggangan operasional. Kelas dimana orang mencari motor untuk kesenangan, namun bukan motor simpanan. Motor yang menyajikan keasyikan tersendiri saat dikendarai, meskipun struktur jalan di negeri ini,khususnya pulau jawa hampir sedikit untuk bisa untuk mengeksplore potensi mesin 250 cc 4 silinder, namun ora urus…. yang penting zwing…zwing… mungkin itu alasan calon pembeli nantinya.

So… Ninja mempunyai jantung dengan 4 ruang pembakaran?? tetap sangat mengasyikkan jika itu terjadi…. Ninja….kawasaki…. selalu menjadi pioner dalam bidang differensiasi….. jika jadi 4 silinder tapi 😀  .

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

6 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Kalo Jadi, ZX-25R Bukan Pengganti Ninja 250 Fi | 78deka

Silahkan Beropini