Beat Murah, Beat Fit, What Else, Sebuah Pemanfaatan dan Penguatan Product Brand

Yola dulur…. denger-denger nih, Astra Honda Motor akan mengeluarkan metik entry level dari entry level mereka, si fenomenal Beat. Ya… metik sejuta umat ini begitu membahana larisnya.

pinjem dari wak haji TMC

pinjem dari wak haji TMC

Beat termurah ini akan diposisikan dibawah beat yang sekarang beredar. Otomatis akan terjadi penyunatan dari sektor fitur-fiturnya, namun deka yakin nggak menyentuh sektor mesin dan desain bodi. Pengurangan fitur itu mungkin hanya pada bagian aksesoris seperti velk, striping, mungkin juga tidak menganut sistem ACG stater, atau box-box penyimpanan barang.

Mungkin juga diibaratkan beli mesin dan bodi beat namun dengan fitur yang minim untuk menekan harga. Sebuah titikharga yang dianggap olehkumpeni bisa menyasar masyarakat level bawah yang membutuhkan sebuah motor metik dengan harga terjangkau. Sebuah jalan bisnis yang kalau kita mengamati langkah-langkah AHM dari dulu akan mempresentasikan strategi mereka. Kalau dulu mereka begitu mengeksploitasi nama supra agar bisa menyasar level bawah dengan cara mengeluarkan edisi Fit, Supra Fit, revo fit. Sekarang mereka akan menggunakannya pada produk beat mereka.

Ya…. nama beat begitu menggiurkan, sudah tertanam di benak publik bahwa metik ini adalah metik terlaris, nggak rewel, onderdil banyak, nggak boros, merk Honda yang secara jual balik harganya aman. Sebuah modal untuk menggoda publik yang membutuhkan motor untuk membelinya. Kekuatan brand Beat seperti inilah yang akan dimanfaatkan oleh AHM dengan mengeluarkan Beat Fit aka Beat murah…..meskipun nggak murah-murah amat lha wong di rentang harga 11-12 juta….. 😀 😀 bandingkan dengan TVZ dazz yang di rentang 9-10 juta.

TVS-Dazz

TVS-Dazz

Namun itulah Honda,mempunyai kekuatan brand yang ampuh, jualan apa saja jadi duit. Mereka dengan sengaja menjual nama Beat dengan versi murah atau Fit agar bisa menambah sektor pasar, mungkin cara ini kurang menyenangkan di mata konsumen level menengah, masak barang yang dibelinya ternyata ada cap murahnya…tengsin dong….. namun kalau dari kacamata konsumen low, ini bagai sebuah keuntungan. Karena bisa memperoleh motor metik yang dipunyai banyak orang dengan mengeluarkan dana lebih sedikit.

Cara seperti ini juga secara langsung menguatkan kekuatan product brand di msyarakat. Beat akan tambah menjamur, beat dimana-mana, beat akan disebut sampai kolong desa…..metik is beat…..seperti jaman bebek jaya dulu… bebek is supra, entah supra x, supra D, supra fit… pokoke supra…..Dan yang jelas merk Honda. Hebat bukan??? Ya mungkin dengan cara seperti ini nantinya nama brand beat itu akan jenuh, namun sekaligus kuat.Mungkin produk beat-fitnya sendiri yang akan dianggap rendahan, namun tidak dengan nama Beat. terbukti dengan nama supra yang sampai sekarang sebagai icon bebek.

Itulah startegi sepele namun sebenarnya membutuhkan modal yang sangat sulit…bukan modal capital maupun SDM, namun modal kepercayaan akan sebuah nama Brand…. dan nama itu adalah HONDA. Modal yang diperoleh dalam jangka waktu yang lama.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

 

4 Komentar

Filed under honda

4 responses to “Beat Murah, Beat Fit, What Else, Sebuah Pemanfaatan dan Penguatan Product Brand

  1. Wong Mranggen

    Lumayan nambah untung.

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s