CBR 150 Lokal Kalah Gaung ? Bukan Parameter Kegagalan…

Yola dulur…. waktu peluncuran motor sport fairing 150 cc merk berlambang sayap, K-45 aka CBR 150 lokal semakin dekat. Beberapa botjocoran gambar juga sudah beredar di dunia blog, para blogger juga udah mendapatkan bisikan dan gambar wujud aslinya, meskipun masih belum boleh di publish. Dan kebetulan ane pernah didatangi wujud penampakan si sport fairing lokalan AHM ini 😀 .

ilustrasi

Berbagai bocoran part, bentuk fairing, knalpot, speedo, dan printilan-printilan lain bertebaran berurutan menyambut hari-hari kemunculan K45 ini, seperti dulu saat menjelang kemunculan R15 nya Yamaha. Namun ada perbedaan antusias penerimaan dari kedua motor ini, khususnya pemberitaan di dunia internet, blog khususnya.  Padahal porsi pemberitaan hampir sama, karena blogger sendiri sangat suka dengan info atau sumber berita baru,nggak memandang merk apa. Namun di sini respons pembaca yang tida seheboh saat berita printilan R15. 

Masih hangat dalam ingatan kita waktu itu, begitu ada bocoran r15, perbincangan seperti tiada hentinya mengalir, kolom komentar penuh dengan perdebatan, baik positif maupun negatif. Namun kini, meskipun berkali-kali CBR 150 lokal ini bocor part maupun wujud organnya, namun respons seperti adem ayem. Yah mungkin karena sebagian dari pembaca sudah bisa meraba akan seperti apa K45 ini nantinya.

Sudah seperti biasanya, Honda melalui AHM dalam meluncurkan produk motornya tidak akan melenceng jah dari pakem desain biasanya yang relatif elegan. Apalagi K45 ini sudah dihembuskan langsung oleh pihak pabrikan bahwa wujudnya akan sama dengan CBR versi internasional ( yang terbaru). Dan hal ini sangat cocokdengan foto cbr lokal ini yang ane liat kemaren yang masih dalam proses perakitan. Kalau pernah lihat CBR 250 dual keen eye, nah….. itulah gambaran K45 ini…plek bagai pinang dibelah dua.

Mungkin karena wujudnya yang sudah bisa ketebak inilah menurut beberapa rekan blogger pemberitaan CBR lokal  seperti nggak ada gregetnya lagi. Namun kalau dipikir-pikir, wujud R15 dulu juga udah bisa ketebak, lha wong di India udah lama ada keberadaannya, spek mesin juga berbasis mesin Minarelli-nya Vixion. Tapikenapa waktu itu pemberitaan sangat heboh? yups….. singkat saja, hal ini dikarenakan jagonya pihak Yamaha mengatur managemen isyu, rumor sehingga sangat menarik atensi publik. Diakui apa nggak, AHM masih dibelakang YIMM untuk hal yang satu ini.

ilustrasi
ilustrasi

Namun apakah daya tarik atensi publik terhadap produk motor sebelum peluncurannya  merupakan indikasi kesuksesan motor tersebut nantinya? hmmm…. bisa iya bisa nggak, perlu kajian lebih lagi. Namun produk yang sambutannya meriah lebih mudah penetrasi pasarnya….jika berkaca dari marketing umum.  Namun Honda adalah Honda, AHM adalah AHM, sebuah pabrikan dengan kejumawaan kapital yang sangat timpang dibanding kompetitornya.

Resource yang sangat besar ini bisa menutupi ketimpangan startegi-strategi yang sudah dibikin oleh kompetitornya.Nama Honda adalah jaminan marketing untuk menjual produknya, nama  yang sangat dikenaloleh masyarakat. Hal ini terbukti dengan motor Verza, CB150R, kalau boleh diambil sebagai contoh. Meskipun secara head to head produk belum ada yang menggoyang Vixion, namun secara umum di kelas sport AHM sudah 11-12 dibanding Yamaha.

Memang secara brand produk masih belum menang, namun soal brand secara umum Honda masih kipas-kipas sejuk di puncak gunung 😀 . So….bukan hal yang nggak mungkin K45 aka CBR lokal ini akan sukses di pasaran nantinya. Its all about man behind the gun. Honda gitu loh………….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

13 Comments

  1. kemungkinan yang muncul para raider sudah mempunyai asumsi produg honda dengan tampilan elegan dan kualitas mesin yang dapat di prediksi beserta nama besarnya yang sulit untuk di bc selain harga yang over yang membuat banyak raider kecewa dan sebagai koping mekanismenya menjelekannya … membuat jengah dan sungkan untuk memperdebatkannya karena bagaimanapun nama besar honda masih melekat di hati sebagian besar raider indonesia dengan berbagai inofasi tehnologinya yang begitu menarik bang

  2. Yg jelas H selalu terdepan..dan yg ngaku semkin di depan trnyta tdk bnr2 di depan,dari semua sisi sudah keliatan/ketauan..ane sdar memang tdk smua produk semuanya smpurna,pasti y ada bbrpa part NG yg lolos inspeksi/quality control y maklumlah nmanya juga buatan manusia kcuali ntu prodak/motor buatan Tuhan:-) tp klo bnyk part NG yg nympe lolos k tgn konsumen apakh wajar?
    Menurut ane sebaiknya sbagian profit prshaan lbh baik di alokasikan untk ksjhtraan krywn agar mrka bkrja spnuh hati ktimbang lbh bsr utk biaya uklan dan promosi…

  3. Dr bln lalu gw mau beli honda cbr150r warna hitam. Tp indent sekitar 2 minggu kata si sales.
    sementara yg ready hanya cbr150r repsol.
    terus terang karna sering googling kekurangan cbr150r lokal. Gw jd tau kalo kualitas cat nya apalagi yg repsol itu kurang bagus.
    belum lg ada yg bilang kalo stang nya berkarat ( ini sih bisa ane semprot pake wd )
    Makanya gw pengen pilih yg warna hitam.
    tp indent nya itu gk kuat gw. Apaalagi gw mau nya cash.
    Karna jawaban yg kurang memuaskan dari sales honda, akhirnya gw memutuskan pindah ke rivalnya. Yamaha.
    Di dealer, r15 black nya ready stock. Dan gw cash langsung pun wellcome si sales gk neko2. Stnk jg keluar hanya 2 minggu ( 10 hari kerja )
    Jd untuk honda, tolong pelayanan penjualannya di tingkatkan lagi, dan stock cbr di perbanyak lagi ( pd sajalah seperti r15 ) jgn repsooooooool melulu. Pelayanan anda mengakibatkan konsumen yg mau ambil honda jadi mikir 10x…

    Sekian dari gw.

1 Trackback / Pingback

  1. Impresi Awal Spyshot CBR150R Nggak Meriah, Sudah Terlalu Biasa | 78deka

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*