Motor Tidak Sekedar Power Dan Torsi, Kalah Atau Menang

Yola dulur…..saat memilih sebuah motor untuk yang akan dibeli tentu kita akan mempertimbangkan beberapa faktor. Di sini kita bicara motor harian atau kommuter, motor yang akan kita pakai untuk sehari-hari.

Thinking-emoticon

Bukan motor untuk hobby atau kelangenan, motor yang dipakai tiap liburan datang atau weekend. Motor jenis ini mah tentu hanya di kalangan yang terbatas dan dalam penggunaan yang terbatas. Berbeda dengan motor harian yang kita kendarai sehari-hari untuk mendukung aktivitas kita, walaupun kadang juga aktivitas tersebut juga hanya terbatas, katakanlah hanya untuk ke tempat kerja yang berjarak 5 km atau motor yang digunakan untuk ke sekolah meskipun dekat,namun yang pasti hampir tiap hari digunakan.

Untuk motor kommuter, mungkin ada yang mempertimbangkan tentang power dan torsi sebuah motor. Menunggu uji test motor jika dibandingkan dengan motor sekelasnya, sebelum membelinya. Siapa yang paling unggul soal power dan torsinya itulah yang dipilih. Kadang ini yang agak rancu jika menjadi acuan utama memilih motor. Bagaimana jika menangnya hanya tipis, katakanlah selisih power 0,1 HP dan torsi selisih 0,1 kg/Nm. Atau katakanlah saat test ride topspeed kalah 5 km/jam, tarikan saat 200 M kalah 0,5 detik, apakah ini akan menjadi pilihan mutlak untuk dipilih?

Yamaha-R15- vs cbr150

Kalau menurut temans ane sih, saat melihat hasil test ride sebuah motor, mereka hanya ingin melihat seberapa besar selisih perbedaan tiap motor, jika dianggap signifikan baru menjadi faktor utama pemilihan. Itu pun jika dianggap kualitas, desain, fungsionalitas, harga, reliabiltas, easy riding, efisiensi dianggap sama. Percuma power torsi menang tipis namun beberapa faktor yang ditunjukkin barusan mereka kedodoran. Atau percuma sebuah motor menang tipis power dan torsi namun selisih harga lumayan tinggi, banyak masalah, kualitas ala kadarnya, desain nggak masuk, atau bahkan efisiensinya kedodoran. Bukan motor yang menang performa namun setelah 1 tahun  harus turun mesin.

motor-bekas

Seseorang yang punya pertimbangan matang tentu akan memperhitungkan semua faktor tersebut. Karena ini menyangkut motor yang akan digunakan sehari-hari, bukan digunakan balapan tiap hari. Selisih 5 detik di jalan raya sejauh 2 km tidak begitu pengaruh, jauh lebih pengaruh efisiensi, kualitas, easy ridingnya, desain yang kita suka. Ingat, ini hanya di jalan umum, bukan di arena balap, jauh berbeda pertimbangannya. Namun poin utama adalah motor mana yang sesuai dengan kebutuhan anda dan sesuai dengan budget anda.

Hanya opini pribadi, jika punya opini lain, silahkan dishare saja.

Bonus…..Everything About You…. By Ugly Kid  Joe.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

 

 

9 Komentar

Filed under motor, opini

9 responses to “Motor Tidak Sekedar Power Dan Torsi, Kalah Atau Menang

  1. shrlockian medan

    Kadang fansboy terjebak iklan sebuah merk, sampe lupa motornya dibeli bukan untuk balap, tapi untuk nganter anak kesekolah,

  2. Design Ok, irit, perawatan mudah, harga bersahabat, dan 3s terjamin. Thats good enough
    http://ferboes.com/aquascape/

  3. setuju, buat apa beli motor buat gaya2an atau kebut2an kalo braninya dijalan raya,
    motor keren ya bagusnya dipajang,
    motor kencang ya buat balapan di sirkuit,
    motor nyaman ya dipake aktifitas sehari2,
    gitu aja kok repot 😀

  4. Nyimak 😀

    —————————————–
    Fungsi Tersembunyi Kaca Spion
    http://rpmsuper.com/2014/06/25/fungsi-lain-dari-kaca-spion/

  5. joss

    —————————————————
    Yuk lihat modifikasi Aneh dan Lucu 😀
    http://rpmsuper.com/2014/06/26/daftar-modifikasi-aneh-dan-unik/

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s