R15??? Maaf Pak….Harus Kredit

si piter waktu baru dulu

Yola dulur…. kemarin saat servis Si Piter MX ke diler yamaha, deka sempatin cas cis cus baik dengan front office staff, tehnisi sampai sales. Dengan gaya sok-sok an kayak mau beli, padahal cuma ingin gali informasi ( 😀 ).

si piter waktu baru dulu
si piter waktu baru dulu

Bisa menjadi beberapa artikel, namun kali ini kita bahas khusus hot item, most wanted bike di kelas berdarah-darah 150 cc sport firing. Kebetulan diler Yamaha ini termasuk besar dan ketika ane tanya ke front office staff, mbak… ini diler R shop? Mbak yang berdandan aduhai tersebut menjawab,Betul pak, diler kita sudah R Shop. Lantas ane tanya berarti jual R15 dan R25? yang ditanggapi dengan antusias….Iya betul pak….kok tahu banyak bapaknya??? Ane cuma nyengir.. 😀 .

Obrolan terganggu ketika ada calon konsumen yang ingin transaksi, sehingga ane nggak mau mengganggunnya, isi waktu dengan jeprat-jepret produk-produk pajangan sambil menunggu antrian si piter ditangani oleh tehnisi. Selang setengah jam…. eh ndilalah ada seekor R15 yang masuk servis rutin…. jepret-jepret lagi. Nah waktu itulah front office staff tadi menghampiri deka sambil bilang ” Ini lho pak R15-nya… cakep kan? “. Ane hanya manggut-manggut sambil bertanya, ” Mbak, kok R15 nggak ada pajangannya?”, si Mbak nya jawab, ” R15 ini barangnya masih terbatas pak, jadi nggak ada pajangannya, tapi jika ada yang beli langsung masuk list inden pak.”

(red white r15)
(red white r15)

Nah… inilah saatnya menguji keseriusan YIMM membenahi jaringan dilernya, dari artikel IWB dan rekan-rekan blogger juga sudah diangkat tentang keseriusan YIMM untuk mengatasi praktik nakal di diler. Ane tanya harga R15 dan R25 berapa, untuk menguji terjadi upping price atau nggak. Ternyata si Mbak-nya bilang ” Harga R15 28 juta, R25 53 juta”. Cocok, berarti harga normal tidak terjadi upping price…. Kini saat pertanyaan krusial,” Mbak R15 boleh beli cash nggak? “….Si Mbak-nya menggeleng dan bilang ” Maaf Pak, R15 harus kredit, nggak boleh cash…”

wpid-kredityamahar15
wpid-kredityamahar15

Cukup sudah jawaban dari front office staff tadi, berarti memang cocok dengan artikel deka disini, disono, dan disana. Ternyata ya memang terbukti benar-benar terjadi di lapangan. Bagaimana nggak, motor yang lagi digandrungi, banyak peminat namun kapasitas produksi terbatas maka akan memancing hukum ekonomi, banyak butuh, barang terbatas, makakalau nggak harga naik ya mencari keuntungan lebih, dengan cara mencari bonus dari leasing.

Sebenarnya dengan tanpa dipaksa saja, pembeli dengan cara kredit masih-masihlah buanyak… tapi dengan menutup sebagian kecil pembeli cash sangat menciderai nama perusahaan, brand image Yamaha sendiri. Nanti akan terbentuk kesan Produk Yamaha kudu kredit…… harga R15 yang aslinya 28 juta itu semu, realitanya kudu via kredit yang jatuhnya di harga 32 sampai 42 juta. Semoga YIMM segera mengatasi masalah kronis ini, demi nama besar YIMM sendiri.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

19 Comments

  1. saya dl mo beli bebek …..surveyy ke diler ymh, ditanya “beli cas apa kredit?” saya jawab “Cash” …..raut wajah sang sales lsg dingin datar …..lain waktu mampir ke diler H, pertanyaan sama dg jawaban sama, dan sales pun lsg berbinar menawarkan pengurusan dokumen saat itu juga …..gayung bersambut, akhirnya datang juga HSX125 😀

  2. komplain langsung ke yimm kang…. dulu ane komplain via lek ipan krn tersinyalir udah upping prise… kagak nyampe 24 jam, yimm melakukan kontak langsung dengan konsumen. ndilalah waktu unit sampai, yg nganterin pun orang yamaha pusat untuk minta maaf keatas apa yg terjadi….

    pengalaman pribadi kang….

    • lha wong ane nggak mau beli kok masbro…. hanya test case lapangan… kalau ada calon pembeli sekitar cirebon e-mail ke ane, Insya Allah akan anesampaikan ke YIMM pusat

  3. Emang H selalu adem ayem, pokok barang keluar, nyetock lagi.. Hehe, udah 2x punya H sekarang menyambut K45 yang tak kunjung tiba.. Yok opo iki gan..

  4. Emang H selalu adem ayem, pokok barang keluar, nyetock lagi.. Hehe, udah 2x punya H sekarang menyambut K45 yang tak kunjung tiba.. Yok opo iki gan..

1 Trackback / Pingback

  1. Jumpa Perdana R15 : Emang Bener-Bener Teaser Nih Motor | 78deka

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*