Bukti Kalau Rem Pulsar Bikinan Brembo

bybre
suzuki

Yola dulur…. mungkin artikel ini sangat basi atau bahkan layak menjadi kompos ( 😀 ) , karena penjualnya sendiri sudah cabut dari negeri ini. Namun berhubung motor generasi penerusnya yaitu pulsar 200 NS masih menggunakan part ini, maka masih layaklah menurut deka untuk diangkat menjadi artikel.

bybre
bybre

Dulu awal-awal boomingnya Bajaj Pulsar 180, 200, 220 didengungkan bahwa motor India ini dilengkapi sistem pengereman dari Brembo. Suatu hal yang mencengangkan karena dipasang di motor yang notabene motor murah dari negeri antah berantah India. Banyak yang mempertanyakan kesahihan informasi tersebut.

rem bybre polos

Kesangsian atau ketidakpercayaan tersebut dimaklumi karena pada seri-seri awal pada rem depan pulsar ini tidak menunjukkan merk atau polosan. Mungkin untuk sebagian pemerhati motor, ini hanya sekedar Isu yang dihembuskan agar motornya menjadi terkenal dan membuat penasaran. Apalagi status Brembo sendiri yang merupakan merk elit untuk ukuran rem. Biasa digunakan pada moge seperti ducati, motor eksotis, mobil eksotis dan motoGP.  Masak dipakai oleh motor murah dari India sih? suatu hal yang sangat sulit dipercaya.

rem bybre
rem bybre

Kesangsian itu diperkuat dengan generasi berikutnya dimana brake depan sudah dilengkapi tulisan merk dan ternyata bertulis BYBRE. Lha lak tenan to…. mung nggedabrus thok, mana tulisan Brembo-nya? Dan setelah itu diterangkan oleh beberapa blogger bahwa bybre adalah perusahaan India yang memegang merk Brembo untuk India, dimana mempunyai hak untuk menggunakan tehnologi brembo untuk produknya. Gampangnya, Bybre adalah versi low classnya Brembo untuk diterapkan untuk motor produksi masal. Suatu hal yang lumrah untuk menjaga trade mark Brembo yang high level, sedangkan brembo sendiri ingin untung banyak ketika bermain dengan kuantitas besar untuk motor masal menggunakan merk Bybre.

selang rem brembo pulsar
selang rem brembo pulsar

Namun informasi tersebut tetap ada yang menyangsikan, alasannya bisa saja itu merk hanya mencatut nama brembo, suatu hal yang umum jika berkaca dari merk-merk China. Kalau beneran brembo kenapa pakai merk bybre, by brembo? bukan langsung brembo sekalian. Mungkin opini diatas bisa menjawab, bahwa ini hanya sekedar menjaga brand image Brembo yang sudah kadunghigh class, dan yang jelas brembo sendiri memakai tehnologi advance yang terlalu berat jika diterapkan di motor massal. Makanya dipakai merk Bybre dimana tehnologi masih standar namun dengan kualitas yang disetujui oleh principal brembo. Nah gambar yang ane ambil diatas mungkin bisa menjawab kesangsian beberapa kalangan. Memang bybre itu milik brembo, terbukti dengan tulisan Brembo brake India tersebut.

bajaj pulsar 200ns bybre
bajaj pulsar 200ns bybre

Dan selama ini memang ane rasakan sendiri rem bybre ini joss banget. ki bagong yang sudah 12.000an km selama ini tidak punya kendala di sektor rem depan. Masih pakem, empuk, nggak pernah ngunci, dan yang jelas…. belum pernah dirawat secara khusus, boro-boro buka master rem, sekedar nambah oli rem aja belum pernah.

Yang jadi pertanyaan kenapa brembo serius menggarap pasar India? sedangkan Pasar Indonesia yang begitu besar tidak dilirik? Kenapa Brembo tidak membuat versi Bybre versi Indonesia? bisa dengan merek Olbre (oleh brembo). Merk lokal dengan pengawasan langsung oleh brembo… opo nggak bikin bangga tuh….. Ada yang bisa jawab?

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

19 Komentar

  1. Wah, hati-hati bro, berkata india negara entah berantah… Nanti kasus kaya ‘Bieber’ by Justin yang bilang Indonesia entah berantah.
    Dari ide pokok pikiran untuk postingan artikel menurut saya bagus, tapi pengetahuan bahasa dan kosa kata Indonesia yang baik masih kurang, bro. “sangsi” atau “saksi”?
    Desain Motor Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS di desain oleh desainer BMW, loh. Coba cari tahu…

Silahkan Beropini