Piala Dunia Di Mata Darmogati (Balada Darmogati)

dillo brasil 14

Yola dulur…..gelar piala dunia sudah dimulai dengan kemenangan tuan rumah Brasil yang mencukur Kroasia 3-1. Kebetulan deka selain anthusias dengan dunia permotoran, juga hobby nonton bola sejak tahun 1994 dimana waktu itu kenal ama Roberto Baggio dan Juventus, kemudian disusul dengan Del Piero. Sejak itu selalu mengikuti berita bola luar, kalau dalam negeri ogah…banyak kelahi ama rusuhnya.

(nonton bola)
(nonton bola)

Di kampung ane juga terasa demam piala dunia, darianak SD sampai aki-aki tua bicara bola. Kebetulan ane sore tadi udah di rumah, berhubung bundanya anak-anak lagi pergi akhirnya ane putusin cakrukan bareng tokoh imajiner ane… si Darmogati The Dargombezz. Sekedar ngobrolin dunia bola, sama ingin tahu wawasan orang semprul itu tentang bola.

Ane                : ” Bro….kira-kira piala dunia kali ini yang bakal sukses  juara siapa bro? ”

Darmogati  : ” Sudah jelas yang bakal sukses adalah negara BeRhASIL….ngomong pinjem koreknya coy…”

Kemudian ane sodorin korek ke arahnya.

Darmogati  : ” Minjemin jangan pelit gitu dong…. rokoknya sekalian….”

Wassem…..mau minta rokok aja begaya lu…..

Ane              : ” Kalau kesempatan Jerman gimana bro? kemungkinan bisa juara nggak nih?”

Darmogati : ” Susah kek-nya…. Jerman terkenal dengan julukan Tim diesel, makin panas makin ganas…. masalahnya saat dieselnya panas, tim lain udah pada finish coy…..”

Ane             : ” Berarti negara paling digdaya sepakbolanya itu Brasil ya bro?”

Darmogati :” Nggak juga, brasil mah cuma spesialisasi juara dunia. Kalah jauh ama negara Itali, Jerman, Prancis, Spanyol.”

Ane              : ” Ane bingung…. bukannya Brasil adalah negara paling banyak merebut juara piala dunia? ”

Darmogati :” Ente itu dikandhani kok ngeyel…. Brasil itu cuma menang piala dunia tok. Beda ama Itali, jerman, Prancis, Spanyol yang selain pernah juara piala dunia juga pernah juara Piala Eropa!!!, Brasil boro-boro juara…ikut aja kagak pernah….”

Plok!!! tepok jidat bener nih orang…. Kemudian Darmogati balik nanya ke Ane….

Darmogati :” Ente kayaknya tahu banyak tentang bola coy…..ane tanya soal sepele…. kenapa waktu pertandingan sepak bola adalah 45 menit? ”

Ane            : ” Itu mah udah kesepakatan bersama aturan FIFA udah kek gitu….”

Darmogati : ” Kalo cuma jawab kek gitu, keponakan ane yang belum sunat aja bisa jawab…. ? ”

Ane               : ” Lha terus alasannya apa waktu 45 menit tersebut bro? ”

Darmogati : ” Gini coy…..Tahu bola pada pertandingan sepak bola ada berapa jumlahnya? ”

Ane             : “Lha jelas satu…… keliatan banget gitu kok…. terus apa hubungannya? ”

Darmogati : ” Nah….. ini……salahnya opini sampeyan itu disini. Bola yang kelihatan itu memang cuma satu, tapi jumlah pemain tiap tim kan ada 11 orang tuh. Nah laki-laki kan masing-masing punya bola 2 biji, jadi totalnya ada 22 bola. Di pertandingan pasti ada dua tim yang bermain, jadi total ada 22 pemain kali 2 bola total 44 bola, ditambah 1 bola yang disepak-sepak itu…. pas 45 bola….. makanya waktu mainnya adalah 45 menit.

GUBRAAKK… ane jatuh dari kursi…….

Ane            : ” Lha terus kalo ada waktu tambahan itu?”

Darmogati: ” Lho… waktu tambahan itu suka-suka wasit… kan masih ada cadangan bolanya, ada wasit, penjaga garis…tuh itung aja ada tambahan berapa biji bola, terserah mau dikasihkan berapa….”

Ane cuma garuk-garuk kepala, tapi belum terima juga : ” Ini kan bicara sepak bola pria, sedangkan sekarang kan ada sepakbola wanita…”

Darmogati   : ” Ente itu bener-bener katrok……. justru pada wanita itu bolanya malah nampak lebih jelas….lebih gede……. nanti hitungannya akan sama, ketemu 45!!!!! ”

GUBRAKKKKKK!!! kali ini ane kejengkang tanpa bisa bangun…. Kapok ngobrol ama Darmogati….

Salam enteng-entengan.

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*