Klub Motor….Harusnya Dapat Respek Besar Dari Pabrikan

klub ninja
suzuki

Yola dulur….kita sudah tidak asing dengan namanya klub motor. Sebuah komunitas yang berisikan anggota yang mempunyai kesamaan merk dan jenis motor sebagai tunggangan.

klub ninja
klub ninja

Klub motor bisa saja dari motor jadul yang sudah tidak diproduksi bahkan langka sampai motor baru fresh from oven sudah terbentuk komunitas maupun klub-nya. Bukanlah hal yang haram jika sebuah motor bebek atau sport yang baru berumur 1 bulan dari launching sudah ada komunitas atau klub yang menampungnya. Namanya juga punya kesamaan selera, wajar jika membentuk sebuah komunitas.

klub satria

Kegiatan rutin dari sebuah klub motor adalah rutinitas kopdar atau jumpa darat, sekedar ngumpul di sebuah tempat, riding bareng, berbagi pengalaman atau modifikasi, share perbaikan, tips and trick, dan lain-lain seputar dunia motor. Namun dari semua kegiatan tersebut, ada hal yang paling penting terutama buat pabrikan motor tersebut. Tak lain dan tak bukan adalah menunjukkan eksistensi motor tersebut di kalangan masyarakat secara langsung.

klub-motor-vixion
klub-motor-vixion

 

Mereka seperti iklan berjalan pada masyarakat, iklan nyata bukan angan-angan bahwa motor yang dikendarai bisa dirasakan langsung. Khusus untuk motor baru, masyarakat seperti disuguhin fakta “Ini lho…motor udah banyak yang pakai “. Bahkan kekuatan sebuah klub bisa mempengaruhi penjualan sebuah motor, masih ingat nasib motor Tiger yang legendaris itu? sangat tertolong dengan adanya klub.

klub tiger
klub tiger

Dengan besarnya “jasa” klub motor, harusnya pabrikan memberikan respek yang besar terhadap sebuah klub. Respek tidak harus berupa uang, respek bisa berbentuk penghargaan seperti undangan saat acara, even sebuah pabrikan, kemudahan ataupotongan khusus pembelian part jika ikut sebuah klub resmi yang terdaftar, kiriman informasi seputar motornya, atau hal lain….bagian personalia perusahaan lebih expert tentang hal ini.

klub byson
klub byson

Sebuah pabrikan besar akan memberikan porsi yang besar pula terhadap eksistensi klub motor. Ada buktinya kok ketika pabrikan tidak respek atau bahkan tidak mengakomodir sebuah klub motornya, berseteru dengan klub motornya…ada yang tumbang, ada yang hidup enggan mati tak mau.

So…..bagi pabrikan motor yang ingin punya grassroot penggemar yang kuat? Cintailah klub motormu….tapi bukan gank motor lho ya…

Bonus…. Bad English… Straight To Your Heart

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

13 Komentar

  1. pantesan rata2 anak club motor pada arogan di jalan raya…
    ga ada bedanya sama geng motor…
    hadeeeehhh…
    ternyata sebabnya kurang “mendapat apresiasi” dari ATPM…

Silahkan Beropini