Servis Pelampung Karburator Bocor Secara Praktis Murah Gampang….

Yola dulur…. melanjutkan artikel tentang motor karburator yang mengalami kebocoran bensin alias bensin kencing dari selang pembuangan karburator yang pernah deka alami. Bagi yang belum membaca,bisa dicek ulang di artikel ini.

bensin ngocor

bensin ngocor

Berhubung tidak ada yang menjual part pelampung terpisah untuk Pulsar 180, maka untuk kondisi darurat deka lakukan penyumbatan menggunakan skrup untuk menutup selang pembuangan. Yah minimal mengurangi resiko bensin tercecer yang bisa mengundang resiko yang tidak diinginkan.

Efeknya kadang untuk stater awal lebih susah karena karburator banjirbensin ke dalam silinder mesin, atau settingan terlalu basah. Namun nggak apa-apa,minimal bensin kebuang terbakar daripada terbuang percuma di jalan. Seperti biasa, jika ada keterbatasan sparepart, maka The Power of Kepepet (TePOK) muncul. Kalau pelampung bocor, kenapa nggak ditambal saja? lha wong ban bocor saja bisa ditambal. Tinggal memilih bahan penambalnya saja.

Berhubung pelampung itu selalu tenggelam atau selalu kontak langsung dengan bensin, maka lem konvensional seperti lem kuning fox, castol, UHU de el el jelas nggak masuk kriteria… langsung bablas bereaksi dengan bensin. Deka juga pernah memakai lem super seperti alteco…. sukses…. namun setelah 1 minggu mulai bocor lagi karena tambalan kegerus bensin. Dan tidak recomended karena malah akan mempersulit untuk penggantian dengan jenis lem lain karena kudu ngerok sisa lem sampai bersih.

 

lem epoxy

lem epoxy

Pilihan yang paling mujarab adalah menggunakan epoxy, atau lem aduk, atau lem besi, atau plastic steel atau lem dextone terserah mau menyebutnya apa. Toh mengarah ke 1 jenis lem ini 😀 . Namun kunci memakai lem ini adalah pembersihan permukaan pelampung sebelum pengerjaan. Jika tidak sempurna maka dijamin gagal total. Dan kuantitas lem, jika terlalu banyak maka akan memperberat pelampung yang menyebabkan pelampung meskipun nggak bocor terisi bensin, namun tetap tenggelam.

Alat dan bahannya adalah:

  • kunci-kunci bongkar karburator
  • cutter
  • jarum suntik ukuran 25-27G
  • amplas halus
  • lem epoxy
  • nampan plastik
  • obeng
  • udud, kopi atau teh dan cemilan 😀

Berikut ini proses pengerjaannya

  • Lepas karburator dari motor…
bongkar karbu pulsar paling gampang

bongkar karbu pulsar paling gampang

  • Setelah karburator terlepas, letakkan di nampan agar onderdil yang terlepas tidak berserakan, kemudian buka dua baut mangkuk karburator, lepas mangkoknya. Kemudian lepaskan baut baut penahan pelampung, ambil pelampung karburatornya (awas.. simpan jarum pelampung jangan sampai tercecer..)
pelampung bocor

pelampung bocor

  • Setelah pelampung diambil,segera tekan pelan-pelan untuk mencari bagian mana yang bocor, ditandai dengan merembesnya bensin dari dalam pelampung. Kalau sudah ketemu bagian yang bocor, siapkan jarum suntik ukuran kecil (25-27 G) jangan yang besar, malah menambah resiko bocor ulang. Tusuk pelampung yang bocor tersebut, kemudian sedot bensin yang ada didalamnya. Bisa juga dengan menekan pelampung, pelan-pelan ya kalau pecah malah fatal….

pelampung bocor3

  • Setelah dipastikan bensin di dalam pelampung kosong, segera bersihkan permukaan pelampung, bisa menggunakan amplas paling halus. Kemudian siapkan lem epoxy secukupnya, campurkan dengan hardener (secepat mungkin, karena 5 menit lem mengeras, akan susah untuk menempelkan ke pelampung dan kurang rekat menempel).

pelampung bocor lem

  •  Oleskan campuran lem tersebut ke bagian yang bocor, ratakan menggunakan besi tipis atau cutter agar rata…selebar mungkin dari sumber kebocoran, namun tidak perlu tebal-tebal. (kerapihan dan kecepatan pengeleman adalah kuncinya). Setelah itu diamkan pelampung yang sudah ditambal, biarkan mengeras sempurna kurang lebih 2-3 jam. Sambil menunggu kering, sekalian ngeteh dan udud dulu, maklum stok kopi lagi kosong 😀

teh udud

  • Setelah 2-3 jam, bersihkan sisa-sisa lem yang rentan lepas karena jika lepas maka bisa menyumbat nosel jet karburator yang pernah deka alami di artikel ini.

pelampung bocor 6

  • Setelah dirsa rapi dan bersih, pasang kembali pelampung ke karburator dan rakit uang karburator. Jangan buru-buru pasang ke motor, mending biarkan 6 jam atau semalaman agar lem mengeras sempurna.

pelampung bocor karbu pasang

Dengan cara ini, ki bagong sudah terbebas dari kencing sembarangan gara-gara pelampung bocor, yah minimal sudah mendekati 2 minggu ini. Namun jika memang ada yang menyediakan pelampung karburator, mending beli yang baru saja… lebih simpel dan gampang :D.

Oh iya…… dengan kejadian ini deka punya ide, kenapa bensin yang terbuang dari saluran buang nggak dimanfaatin saja? nantikan di lain waktu kalau modifannya udah ane kerjain. Inilah enaknya pake karburator, gampang buat mainan oprek.

Salam Tepok

Semoga bermnfaat

Wassalamualaikum

 

 

 

 

 

6 Komentar

Filed under TePOK

6 responses to “Servis Pelampung Karburator Bocor Secara Praktis Murah Gampang….

  1. pakai pelampung subtitusi apa g ada kang?

  2. Wouwww…Emang joss ini bloger…
    Karburator si Rajaku jg spt itu..
    Segera tak praktekin deh Mass….
    Suwun tipsnya Mass…

Silahkan beropini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s