Bensin Ngocor Dari Pembuangan…. Ini Sumber Masalahnya

ki bagong
suzuki

Yola dulur…. beberapa waktu yang lalu rumah deka terjadi kehebohan pada jam 02.00 malam. Pas lelap-lelapnya mengarungi alam mimpi, ane dibangunin oleh bundanya anak-anak dan adik ipar.

 

ki bagong
ki bagong

Katanya siisi rumah bau bensin….bener juga, deka mencium bau bensin yang sangat menyengat. Secara naluri deka menuju ke ruang tamu dimana ki bagong biasa ane simpen dan menjadi tempat tidurnya ki bagong.

Dan lhadalah…….lantai ruang tamu basah semua dan bau bensin yang sangat menyengat. Bensin sebanyak ini darimana asalnya ya? batin ane. Ane ngelongok bagian bawah ki bagong, dan wooooo ini sumber masalahnya. Ki bagong ngompol aka kencig sembarangan, bensin ngocor deras sekali dari saluran pembuangan karburator. Ane langsung matikan kran saluran bensin, dan menyuruh seisi rumah keluar dulu, sambil ane membersihkan genangan bensin di ruang tamu, khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Setelah menghilangkan beberapa liter bensin yang tumpah dan mengepel lantai dengan air, semua kembali tidur, ane juga gitu. Sumber masalahnya kenapa sampai bocor parah seperti itu besok pagi saja saat terang.

bensin ngocor
bensin ngocor

Esok paginya anecek ulang, kran bensin ane buka, dan kembali bensin ngucur deras. Ane simpulkan bahwa karburator ki bagong bermasalah dan wajib bongkar. Setelah menyiapkan perkakas dan peralatan bongkar, ane mulai melepas karburator Pulsar 180 UG4 yang terkenal ribet saat pelepasan karena keterbatasan ruang di sekitar karburator. Ada cara simpel melepas karburator pulsar, yaitu melepasnya sekalian leher intake, tapi ini beresiko merusak drat baut leher, dan ini terjadi pada ki bagong 🙁 .

bongkar karbu pulsar paling gampang
bongkar karbu pulsar paling gampang

Setelah proses bongkar karburator selesai, ane teliti satu-satu bagaikan dokter motor profesional 😀 . Ada kejanggalan dimana pelampung mangkuk karburator terasa berat, harusnya ringan.  Ternyata di dalam tangki pelampung sebelah kiri di dalamnya penuh bensin. Woooo…..ini penyebabnya, karena bocor, pelampung karbunya tenggelam, otomatis membuka jarum intake bensin. Karena jumlah bensin di mangkuk karburator melebihi batas atas otomatis terbuang via saluran pembuangan. Pantesan saja beberapa waktu itu ki bagong terasa boros sekali, dimana biasanya 1 L bisa menempuh sekitar 40an km, sekarang mentok di 30an km.

pelampung bocor
pelampung bocor

Permasalahan tidak selesai di sini saja, setelah ane keliling di toko spare part, bengkel bajaj langganan dan media online, tidak ada yang menyediakan pelampung karbu Pulsar, kudu beli 1 set karburator. Wes tepok pantat jidat bener dah… masak harus ratusan ribu melayang. Nah, bagaimana cara mengatasi dan menyelesaikan masalah ini dengan biaya murah dan praktis, nani kita sambung di artikel berikutnya.

NB : kejadian ini bisa terjadi pada motor apapun yang menggunakan karburator, tidak terbatas pada pulsar saja.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

25 Komentar

  1. ane pake karburator asli kebo juga gitu gan.. apa karena pelampungnya juga ya? service berkala yg lalu ane udh komplain, tp skrg gitu lagi, tp gak banyak keluarnya..

  2. Wow.. untung segera ditangani.. ngeri jg klo tb2 terbakar mana lg bobo.. nauzibillah..amit2

    Mas Deka, itu kira2 apa ya penyebabnya?? Apa bisa krn kebiasaan lupa nutup keran bensin?? Atau kebiasaan standar samping??

  3. Gan ane numpang nanya kan motor ane ninja r 150 itu bensin keluar terus tiap motor berhenti udah bolak balek bengkel tpi sering kumat lumatan. Mau nanya apung apapung (pelampung) sama jarum nya ada di jual atau harus ganti karbu set gan mohon info nya kalo dari pd ganti 1 set karbu

  4. Mas numpang tanya, motor saya karisma 125d. Saat dihidupkan pagi hari agak susah nyalanya. Tapi kalo udah nyala malah keluar asap putih sama bensin netes dari knalpot. Itu bagaimana cara ngatasinya sma apa penyebabnya ?? Mohon pencerahannya

1 Trackback / Pingback

  1. Servis Pelampung Karburator Bocor Secara Praktis Murah Gampang…. | 78deka

Silahkan Beropini