Welcome To TT Isle Of Man…Balapan Setor Nyawa

suzuki

Yola dulur…..wktu sudah menunjukkan minggu akhir dari bulan Mei, untuk ajang balap motor internasional berarti waktunya balapan spektakuler dan legendaris…….TT Isle Of Man !!!

tt-logo

Balapan di sebuah pulau kecil bagian dari negara Inggris ini sangat legendaris, sangat prestis (pakai bahasanya om farouq 😀 ), bahkan paling prestis dari even balapan motor manapun. Paling prestis karena sangat sering sebagai ajang pertemuan pembalap-pembalap motor dunia, sekedar menonton, cari hiburan atau keperluan bisnis mereka.

Kejuaran yang mirip festival karena panjangnya waktu penyelanggaraan, yaitu dari minggu akhir bulan Mei sampai minggu awal Juni atau dua minggu. Acara tidak sekedar balapan, namun juga termasuk karnaval, temu fans, turing bareng mengelilingi pulau, pameran motor, diskusi dan seminar permotoran dan lain, lain.  Makanya dari tahun 1989 TT (tourist trophy) juga dibawah naungan department of tourist negeri Elisabeth karena mendatangkan ratusan ribu tourist dan hampir sebagian besar adalah biker. Bisnis dari perhotelan, restoran dan lain-lain kejatuhan rejeki berlimpah, sedangkan untuk lowbudget bisa camping selama 2 minggu full di tempat-tepat yang disediakan.

1370824077-isle-of-man-2013-tt-street-racing-festival_2136199

Legendaris karena sudah dimulai dari tahun 1904, kemudian dijadikan even resmi oleh FIM di tahun 1947, dan awet sampai sekarang, serta penggemarnya tersebar di seluruh dunia. Pembalap-pembalap terkenal motogp yang pernah ikut TT Isle Of Man bisa di sebut yaitu Mike Hilwood, Agostini, Carl Fogarty. Sedangkan record paling banyak menjuarai TT Isle Of Man adalah ayah dari pembalap TT Michael Dunlop, Joey Dunlop yang sudah menjuarai sebanyak 26 kali.

tt isle of man start

TT Isle Of Man terbagi dalam beberapa kelas yaitu kelas side-car (motor dengan kereta samping), untuk motor terbagi menjadi lightweight (125 cc sampai 650 cc standar ), Supersport (600 cc), Superstock (1000 cc standar), dan Superbike (1000 CC), serta terbaru adalah TT Zero dimana balapanmemakai motor listrik 0 % emisi. Balapan dalam bentuk time trial, atau mencari waktu pembalap yang paling cepat di sirkuit jalanan umum yang melingkari pulau Isle Of Man tersebut. Seperti balapan di Rally mobil, dimana motor start satu-per satu.  Sirkuit adalah jalanan biasa yang dipakai dalam aktivitas sehari-hari penduduk pulau itu. jadi bisa melintasi perkotaan kecil, ngarai perbukitan, pinggir pantai, padang penggembalaan, hutan kecil, perumahan penduduk dan tebing perbukitan.

isle-of-man-tt-3d

Yang menjadi isyu paling terkenal balapan ini adalah soal safety, keselamatan pembalap,penonton dan penduduk lokal. Lebih dari 250 nyawa melayang sejak awal mulainya balapan TT Isle Of Man. Sehingga menjadi perhatian khusus pemerintah dan penyelenggara perlombaan. Namun pada era modern, korban meninggal paling banyak adalah di kelas side-car dan para simpatisan, karena di suatu waktu sirkuit dibuka untuk umum agar para turis biker menikmati medan sirkuit dengan motor mereka. Pembalap motor yang terakhir manjadi korban meninggal adalah pembalap asal Jepang Yoshinari Matsushita di tahun 2013 kemarin.

tt isle accident

Namun ini tidak mengurangi keganasan balapan ini, bayangkan saja balapan di jalan umum rata-rata selebar 4 sampai 5 meter, kadang bergelombang, meliuk-liuk, dan tanpa pembatas pengaman, melintasi perumahan, ngarai jurang, naik turun bukit dengan motor superbike kecepatan tinggi,lengah sedikit bisa menghantam tembok rumah, pagar batu, masuk toko pinggir jalan sampai masuk jurang….. memang cocok disebut dengan balapan setor nyawa. Bahkan dalam suatu wawancara, bekas juara dan legenda motoGP Mike Doohan yang berkunjung ke sana, dia ngeper jika disuruh balapan di sini. Ini adalah suatu kegilaan, jauh dari imajinasi sebuah balapan kata Mike.

part time hero
guy martin-part time hero

Makanya di sini seorang pembalap jauh lebih terkenal atau melegenda daripada merk motornya sendiri. Buat penulis sendiri, balap TT Isle Of Man adalah salah satu faktor yang membuat deka sangat antusias dengan dunia motor dan terobsesi dengan dunia biker, di mata ane, pembalap TT Isle Of man adalah biker sejati. Mereka mengikuti lomba bukan mencari prestis juara, namun karena passion, menumpahkan segala daya upaya sampai limit di atas motor superbike, untuk mengetahui batas limit kecepatan kemampuan diri. Dan ane sangat menyukai pembalap Guy Martin, Michael Dunlop, Bruce Anstey dan Mc Guinness.

Berikut ini cuplikan -cuplikan TT Isle Of Man favorit ane

Yang diiringi lagu Rev Station,  Hell Yeah….

 

Yang diiringi lagu  Within Temptation, Faster

 

Yang diiringi lagu Linkin Park, New Devine

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

36 Komentar

    • ralat nih om deka itu lagu linkin park judulnya
      new divide .
      tetap soundtrack yang paling asik itu versi
      bastille – pompeii sama blind faith vs one day
      mashup.
      balapan yang diadakan di snaefell mountain
      course ini sepanjang 60 km tiap lapnya om,
      bukan 42 km.. dan kelas yang di perlombakan di
      luar TT zero dan sidecar ada 5, superbike TT ,
      supersport TT , Superstock, Supersport II , dan
      senior TT.
      untuk superbike dan senior TT 6 lap. jadi
      balapan sampai 360 km di sirkuit yang ga ada
      toleransi seperti itu
      tim yang paling dominan saat ini masih
      dipegang honda. dengan tim inti TT legends /
      Padgett Honda.
      pembalap favorit saya. absolutely guy martin
      walau belum pernah menang. dia benar2
      seorang attention seeker di arena, selanjutnya
      ada john mcguiness, dunlop bersaudara,
      cameron donald (casey stonernya TT, selain
      aussie dia jg selalu bawa pacarnya nona karen
      ‘kaz’ anderson. cantik behh)
      lapis 2 ada simon andrews (RIP, kecelakaan di
      northwest 200 tgl 19 mei kemarin) conor
      cummins, ian hutchinson, bruce anstey, sama
      ian lougher (tukang rusuh kalo di balap road
      race yang lain)
      bahas balapan road racing yang lain om seperti
      northwest 200, ulster grand prix, southeast 100,
      macau GP yang ga kalah seramnya.

  1. ralat nih om deka itu lagu linkin park judulnya new divide . 😀

    tetap soundtrack yang paling asik itu versi bastille – pompeii sama blind faith vs one day mashup.

    balapan yang diadakan di snaefell mountain course ini sepanjang 60 km tiap lapnya.. dan kelas yang di perlombakan di luar TT zero dan sidecar ada 5, superbike TT , supersport TT , Superstock, Supersport II , dan senior TT.

    tim yang paling dominan saat ini masih dipegang honda. dengan tim inti TT legends / Padgett Honda.

    pembalap favorit saya. absolutely guy martin walau belum pernah menang. dia benar2 seorang attention seeker di arena, selanjutnya ada john mcguiness, dunlop bersaudara, cameron donald (casey stonernya TT, selain aussie dia jg selalu bawa pacarnya nona karen ‘kaz’ anderson. cantik behh)

    lapis 2 ada simon andrews (RIP, kecelakaan di northwest 200 tgl 19 mei kemarin) conor cummins, ian hutchinson, bruce anstey, sama ian lougher (tukang rusuh kalo di balap road race yang lain)

Silahkan Beropini