Ternyata NVL Pun Punya Tanduk, Tapi Tidak Tumbuh

behel beat

Yola dulur….deka sering membaca komentar di blog-blog senior tentang kaln CBR 150 sampai 300 yang mempunyai tanduk di pantatnya. Ya sepasang behel atau sepasang dudukan biasanya terbuat dari besi atau semacamnya.

behel beat
behel beat

Dulu behel ini dianggap keren karena mengingatkan publik akan sebuah fairing belakang pada mobil sport. Bentuk awalnya dulu rata-rata berbentuk melingkar diatas stoplamp belakang, melingkari jok bagian belakang. Selain pemanis desain, behel berfungsi untuk pegangan motor saat digeser, mengikat barang bawaan, dan sekedar pegangan pembonceng.

Seiring dengan trend jaman, behel model sekarang berbentuk terpisah, tidak menyambung antara kiri dan kanan. Awalnya juga dianggap keren, namun sekali lagi trend mode berubah, motor sport khususnya, sudah meninggalkan behel sama sekali. Sehingga motor yang masih memakai behel dianggap lucu, salah satunya CBr250R….mosok motor sport masih pakai tanduk? Lihat saja, moto GP ataumotor balap mana ada yang pakai tanduk ๐Ÿ˜€ . Sebenarnya ini adalah permasalahan mode desain saja.

Kalau untuk motor komuter baik sport maupun bebek dan metik, keberadaan tanduk atau behel ini malah banyak manfaatnya, karena memang motornya ringan sehingga mudah digeser-geser saat parkir, juga saat bermanfaat untuk fungsionalitas. Berbeda dengan motor sport, dimana parameter motor sport adalah moge dan dan motor sirkuit. Di motor-motor tersebut tidak memperhatikan fungsionalitas, namun yang penting performa, sehingga tanduk ditinggalkan. Apa iya bisamenggeser motor sport seberat 160 sampai 200 kg? jadi untuk motor sport, jika pun memasang tanduk atau behel hanya sekedar hiasan pemantas agar desain lebih masuk.

Nah ternyata motor New Vixion Lightning itu ternyata punya tanduk juga lho…hehehe..bener…ini deka yang sangat katrok karena baru tahu akhir-akhir ini. Tanduk atau behel itu tersembunyi dan menyatu dengan body samping belakang,ย pasย bawah jok belakang. Dulu ane kira memang tidak ada behelnya, jika menggeser motor cuma diberi coakan di bodi samping itu. Pas ada sobat yang membawa motor NVL, tak sengaja bagian tersebut lecet bekas jatuh, dan muncul warna agak putih. Karena penasaran, deka mendekat dan mengamatinya, kalau bahan dari plastik seperti body, nggakmungkin akan berubah jadi putih. Ane penasaran dan ane ketok, ternyata keras seperti besi. Woo….. jebul dari besi to….. wah ini mah berarti tanduk juga, namun karena nggak nongol, ya tanduk yang nggak tumbuh ๐Ÿ˜€ .

Namun dengan desain behel tersembunyi tersebut membuat NVL malah kelihatan keren jika acuannya model motor sport masa kini. Fungsionalitas ย untuk menggeser motor juga tidak ditinggalkan, tanpa mengorbankan desain. Jempol dah buat desainernya. Dan jika dulu ada yang berpendapat bahwa penyebab spakbor NVL yang miring ke samping karena faktor motor digeser ke kiri dengan memegang bodi samping kiri yang terbuat dari plastik, perlu di revisi. Karena ternyata bahan itu terbuat dari logam, bukan plastik.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

51 Komentar

  1. Ijinkan saya ketawa ya om,,,
    Wekekkekekekek
    Si om mah masa ga tau, NVL bole dibilang uda jadi 150cc sejuta umat, masa iya baru tau? XD,
    Makanya kadang ada yg bilang ga jadi beli NVL karena minus behel dan susah geser2 diparkiran, saia miris, ni orang bneran niat beli atau bece, kalo dia bneran niat beli pasti liat tampangnya di diler, minimal tanya sama salesnya, dan ga mungkin ga di kasi tau, nemang kalo buat ngangkut barang yg harus diikat ga bisa di behelnya, mungkin bisa dgn 2 buah cantolan yg disiapkan di bawah jok, bisa coba dibuka ,seperti pada old vixion (soal in saya blm liat juga XD )

    • Saya termasuk orang-orang yg urung beli nvl krn masalah desain behel belakang. Klo emang niat bc banyak bgt bro bahan lain yg bisa jadi bahan bc & yg lebih esensial & masuk akal. Bwt para pehobi bc justru
      behel blkg nvl sering dilupakan krn ga signifikan & ga terlalu penting & ga cukup kuat untuk jd bahan bc atau justru bagi mereka pembecepun behel blkg yg nyatu bodi itu mereka akui keren.

      Soal tau ato tidaknya behel itu, kbykan org sudah tau behel itu ada & sayapun tau persis behel itu ada. Lha wong motor sejuta umat koq, ga usah sengaja ke dealer, di parkiran aja sering ktemu & bisa jajal pegang2 ato emang terpaksa mindahin karena ngalangin motor kita.

      justru karena benar-benar sudah tau behel itulah kita ga jadi beli, semata-mata krn ga suka tampilannya & yg utama feel ato rasa saat dipegangnya yg kurang dalem di jari, sperti juga disebutin bro cadoxs di
      bawah.

      soal nvl jadi motor sejuta umat yg laku keras juga kurang tepat kalo diklaim merupakan pembuktian bgitu hebatnya desain behel belakang yg tersembunyi nyatu di bodi itu sampe bisa bkin motor itu laris.

      Ingat, tidak banyak orang seidealis saya, yg cuma gara2 satu faktor lantas mempengaruhi jadi tidaknya keputusan pembelian. Buktinya banyak pembeli atau calon pembeli yg juga menyayangkan desain headlamp nya tapi suka motornya secara keseluruhan & masalah tampilan headlamp tidak lantas membatalkan niat mereka untuk jadi beli.

      NVL laku keras karena secara keseluruhan barangnya memang bagus, bukan laku karena model behel belakangnya. Yang buat NVL laku itu nama besar yamaha, reputasi old vixion yg udh terbukti, hrga masuk
      akal, mesin, power, rem, warna, grafis & motornya sendiri sbagai satu paket yg utuh secara keseluruhan.

      Saya yakin kalopun NVL dulu keluar dengan desain behel belakang terpisah bodi, tetep bakalan laris manis seperti sekarang, krn paket motornya sendiri secara keseluruhan udah sip & menarik, bukan gara2 satu faktor behel belakang lantas bikin itu motor laris ato ga laris. wong lampu sinchan aja yg jelas2 kbykan orang anggap culun ga lantas bikin NVL ga laku toh, ini bukti daya jual motor bukan ditentuin satu faktor saja apalagi hanya masalah bokong motor.

      Mengenai pertanyaan bro 78deka “Apa iya bisamenggeser motor sport seberat 160 sampai 200 kg? ”
      jawabannya bisa,

      Kita pasti taulah motor kelas dewa kayak kawasaki ninja zzr 1400 & suzuki hayabusa 1300cc yg horsepowernya 170-200an DK, lari 300kpj keatas & beratnya 220kg – 239kg, ini motor aja masih pake behel belakang konvensional yg enak dipegang, & ini bukan cuma untuk pegangan boncenger tapi juga buat geser & angkat2.

      Buktinya selain ada behel mereka malah nambahin sendiri standar tengah yg byk dijual genuine accesories atau aftermarket & diminati biker2 moge ini diluar negri sana. buat contoh bisa lihat di forum2 biker moge super ini:
      http://advrider.com/forums/showthread.php?p=21744908
      http://www.hayabusa.org/forum/attachments/general-bike-related-topics/172487d1263147337-busa-center-stand-img_4891.jpg
      http://www.ebay.co.uK/sch/i.html?_kw=GENUINE+CENTER+STAND+SUZUKI+HAYABUSA

      Dunia ini luas, orang2nya juga banyak dengan kebutuhan2 & persepsinya masing2, jadi bijaklah kalo kita bisa & mau melihat dari angle yg lain. Semoga bisa memperluas wawasan & membantu untuk melihat dari sudut pandang yg berbeda

  2. nach itulah kekurangan nvl yg behelnya brsembunyi yaitu spakbor jd miring, krn spakbor belakangnya nempelnya langsung dgn behel kanan kiri, klo pengndaranya sdng menggeser motornya kekiri atw lgi standarin tengah pasti kan yg dipegang behel sblah kirinya, nach pda saat biker mnggeser atw sdng menstandarin tngah motornya, scra gk lngsung spakbornya itu itu ikut ktarik kekiri… y klo sekali dua kali sich blum ktauan miringnya, tp klo dach brkali2 behel sblah kirinya sring digeser2 atw diangkat psti tuch lama2 spakbornya miring, cba aj liat djalan2 rata2 pngndara nvl yg sdah pnya dlam jngka wktu beberapa bulan atw lama psti spakbornya bnyak miring pdhl gk smua pngndaranya jatuh dri motor..y mngkin spakbornya miring mng krn faktor tdi..

  3. plastik om,, bukan logam. tapi tebel banget, 1 cm lebih.
    coba baut nya dilepas, tar kelihatan plastiknya di tempat kepala baut yang agak terkelupas

  4. ane rasa behelnya sma bhannya sprti bahan behel dimotor2 lain pd umumnya..kyanya sich brupa besi gtu..!
    nach jstru krn lubang bautnya yg bntuknya elips bkan bulat shingga ktika pngndranya lgi mnggeser atw lg menstandarin tengah nvlnya mnggunakan behel sebelah kirinya otomatis spakbornya ketarik dn gmpang brgeser jd miring y krn lubang bautnya elips yg kta om rifz td..

    • ma’af om, koreksi. Sedikit pencerahan. Behel nvl itu dibuat bukan dari besi atau plastik, apalagi fiberglas. Tetapi dari bahan alumunium yg bersivat kuat keras tapi ringan. Dan masalah slebor miring itu ga ada hubunganya sama behel, karna tidak ada penghubung behel sama slebor. Behel dibaut kesasis, dan slebor juga di baut kesasis posisi baut slebor berada di bawah lampurem dan sebelang samping tertutup bodi yg berwarna hitam. Yg menghubungkan slebor dengan bodi lain hanya baut” clips dari plastik sebagi pengikat, jadi kalo behel di pegang buat narik atu geser motor, ga ngevek ke slebor. Yg bikin slebor miring itu karna posisi lobang baud yg berada di bwah lampu rem yg kurang pas.

  5. oh dri plastik keras toch…trnyata plastik ad yg keras kya besi atw logam jg y..hehehe! itu tuch yg ane gk suka dri nvl yaitu spakbornya gmpang miring, ane hrap s’ndainya nvl ad yg baru lagi, mslah spakbor gmpang miring hrus dibenahi lgi agr tdk merusak tmpilan mtornya..

  6. Plastik keras mata loe soek

    Itu logam

    Kalo bahel motor2 matik sm bebek honda baru karet yg letoy kyk fbh

    Ngoahahahahah

  7. Desainer Yamaha emang jagonya klo bikin body motor. Desainer Kawasaki juga keren. Dua pabrikan ini doang yang selalu keren (y)

Silahkan Beropini