Gara-Gara Rebutan Market Share, Pulsar 200 SS Gagal Meluncur Sampai Akhir Tahun

Bajaj-Pulsar-200SS

Yola dulur…info dadakan dari negara asal cerita Mahabarata, India, kini mengenai salah satu motor sport fairing pertama Bajaj….Pulsar 200 SS.

Bajaj-Pulsar-200SS
Bajaj-Pulsar-200SS

Ya…diakui atau nggak, trend parameter kesuksesan sebuah kumpeni motor adalah dilihat dari seberapa besar kemampuan jual kumpeni tersebut terhadap produknya, disini berarti kemampuan menjual motornya. Bagaimanapun menerangkan kepada publik bahwa sebuah merk motor sukses akan percuma jika  parameter secara penjualan tidak bicara banyak. Jika penjualan atau marketshare hanya mendapatkan porsi yang kecil dan rentan tergusur…bukan sukses namanya.

p200ss head

Dan pabrik Bajaj memakai trend ini, mereka ingin mengembalikan market share di India yang mencapai 24 % pada tahun 2013 yang lalu, dan ini ingin diwujudkan dengan target sampai Oktober-Desember tahun ini.  Manajemen Bajaj auto hanya mengetahui bahwa satu-satunya jalan untuk mencapai market share itudi India adalah dengan berkonsentrasi pada produk motor komuter di kelas 100-125 cc.  Di segmen ini Bajaj mempunyai produk  motor jenis Discover. Sehingga menurut  manajemen Bajaj, tahun ini lebih baik fokus di penjualan motor Discover.

bajaj-discover-125st
bajaj-discover-125st

Padahal Bajaj sendiri pada tahun ini mempunyai rencana untuk meluncurkan dua motor baru dari jenis Pulsar, yaitu Pulsar 200SS fullfairing dan Pulsar 150 NS. Khusus Pulsar 200SS rencananya akan diluncurkan pada waktu 2 bulan ke depan, tapi reportase kali ini membuat rencana itu menjadi buram…gelap……Presiden finansial Bajaj mengatakan bahwa sekarang bajaj auto fokus untuk penjualan discover sampai akhir tahun, meskipun punya dua motor Pulsar siap luncur, namun lebih baik ditunda sampai akhir tahun. Dan untuk sementara, penjualan pulsar hanya produk pulsar yang sudah ada dulu.

Sepertinya Bajaj auto terlalu khawatir akan kehilangan atau berkurangnya market share mereka. Kondisi ini membuat mereka merubah rencana awal tahun secara dramatis, padahal banyak kalangan yang sangat menunggu peluncuran Pulsar 200SS, sebuah tonggak awal motor full fairing produksi bajaj auto. Dan media di India tetap mengharapkan peluncurannya dalam tahun ini.

Itulah kalau perusahaan terlalu mengkhususkan perebutan marketshare, kadang tidak sesuai dengan harapan konsumen kelas tertentu. Lagian menurut rumor…dari dulu manajemen bajaj memang terkenal akan inkonsistensinya…sekarang ya sekarang jalankan….soal nanti kumaha engke….Kok kebalikan dengan Yamaha ya… saat market share tertekan malah mengeluarkan motor sport yang secara pangsa pasar lebih sempit dibanding komuter? Lihat saja mana nanti yang berhasil

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

20 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. CBR300 Bermasalah, Peluncuran Mundur Beberapa Bulan | 78deka

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*