Orang Kawasaki Bukan Benda Mati, Harusnya Ada Reaksi

Kawasaki_Ninja_250R_vs_Honda_CBR_250R

Yola dulur…. dengan peluncuran Yamaha R25  kemarin, berarti menambah spesies motor 250 cc sport fairing di tanah air kita ini, menyusul teman-temannya di kelas 250 cc seperti CBR250, Ninja 250FI, Ninja 250 SL, dan motor yang sedikit terlupakan Hyosung GT-R250.

Kawasaki_Ninja_250R_vs_Honda_CBR_250R
Kawasaki_Ninja_250R_vs_Honda_CBR_250R

Karena Hyosung GT-R250 kurang muncul di permukaan, maka yang akan kita bahas adalah Ninja 250FI. Kenapa CBR 250 nggak ikutan dibahas? yah… CBR biar diurus oleh Ninja 250SL….kan sama kelasnya… 250 cc mono silinder, segmen pasarnya beda selera dari ninja 250FI dan R25.

Dengan munculnya R25, otomatis yang terganggu situasinya adalah Kawasaki Ninja 250 ini. Terima atau tidak, diakui atau nggak, akan berpengaruh ke pasar dan penjualan. Memang Ninja punya basis komunitas dan fans tersendiri, namun dengan adanya R25 memberikan pilihan lain di kelas 250 cc sport fairing twin silinder. Kalaupun basis penggemarnya tidak terpengaruh, maka potensial buyer yang dulunya akan memilih Ninja, sekarang bisa ada opsi untuk meminang R25. Jadi tetep berpengaruh buat pasar Ninja 250 FI kan?

(naik ninja)
(naik ninja)

Kita kesampingkan soal desain dan harga masing-masing motor ini, secara performa standar pabrik, R25 mengungguli Ninja, ini menjadi pertimbangan khusus buat konsumen untuk memberikan poin plus kepada baby M-1 ini. Suara yang keluar dari moncong-pun lebih gahar dibanding Ninja, kalau bicara bawaan pabrik, tanpa dioprek sudah mengeluarkan suara layaknya empat silinder…. wor..worr…zwing…. 😀 . Namun yang paling menohok adalah fakta bahwa mesin yang digendong oleh R25 ini adalah all new engine. Ibarat kata, roti yang masih berasap, keluar dari oven, bau harumnya menyebar ke mana-mana :D.

(ninja-250r FI)
(ninja-250r FI)

Nah…. dengan adanya R25 yang mengintimidasi pasar Ninja 250Fi, apakah pihak Kawasaki berdiam diri? Menganggap angin lalu karena  merasa Ninja masih aman, pede dengan dukungan komunitas Ninja? Well… ane rasa kok ngga seperti itu ya… Orang-orang Kawasaki adalah manusia yang hidup, bisa mikir, bisa polah , semut atau rayap saja bisa berubah perilaku saat ada perubahan lingkungan, masak manusia nggak? Deka yakin, sekarang atau bahkan sebelum sekarang, pihak Kawasaki sudah membuat strategi, siasat untuk mengantisipasi keberadaan R25, yah kalau boleh dibilang Ninja 250 SL salah satunya.

Namun ane yakin itu bukan akhir dari strategi Kawasaki, kalau cuma mengandalkan Ninja SL, belum begitu mengena sasaran, karena sasarannya adalah kelas twin silinder, sebuah segmen motor gaya hidup, bukan motor yang memikirkan fungsionaltias. Namun  motor yang mewakili sebuah performa, sensasi kencang, gaya hidup, dan pride tersendiri. Dengan adanya kompetitor yang mengeluarkan motor yang lebih up-to date dan lebih powerfull, secara psikologis akan ada desakan dari klub-nya agar kawasaki segera menyegarkan atau memberi perubahan pada Ninja 250FI.

kawasaki-ninja-zx-6r-2014
kawasaki-ninja-zx-6r-2014

Perubahan tersebut bisa dalam bentuk refreshmen desain, re-tuned-up mesin, bukan sekedar facelift ringan. Dari pengamatan deka, R25 merupakan ancaman yang sangat besar sehingga tidak cukup diatasi dengan sekedar facelift. Mungkin dengan langkah perombakan total… minimal di sektor mesin… Seperti kita ketahui bersama bahwa mesin Ninja 250 FI adalah mesin dari tahun…? Nah meskipun boleh dibilang masih sangat powerfull dalam performa, namun secara image ini kurang begitu menarik, karena sekarang sudah ada motor yang memakai mesin all new.

 

Apakah Kawasaki mampu? weisss, bicara kawasaki adalah bicara kumpeni besar yang bermain dibanyak bidang industri. Sekarang tinggal mau apa kaga, ada “will” apa nggak… hanya mereka yang tahu. Seperti yang sudah-sudah, strategikawasaki susah diendus… semua serba tertutup, mengendap-endap, langsung attack dengan kilat. Bisa saja sekarang Kawasaki sedang memperiapkan Ninja baru, dengan mesin baru. Kalau mau ribet dengan riset bisa dengan all new engine…. tapi naga-naganya kok belum terendus ya?

zx-250r 4 silinder engine courtesy garagenight
zx-250r 4 silinder engine courtesy garagenight

 

Jangan-jangan mesin prototipe yang dipamerkan beberapa waktu yang lalu… yang ada superchargernya itu lho….. siapa tahu. Namun ada opsi yang lebih murah, namun punya efek wow nan mantab…. masih ingat mesin kawasaki ZX-250RR yang empat silinder itu….nah loh…….oya !!….. bisaJEGLER….. kelas 250 cc.  45 DK standar pabrik… suara zwing-zwing……….hehehe your life style was killing me… kata Joe Satriani.

Bonus… Joe Satriani… Lifestyle

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

18 Comments

  1. Senjata 1-1nya sekarang adalah tampang, jujur penampilan N250Fi masih lebih memanjakan mata ketimbang R25, yamaha masih kurang greget nih desainnya,, andai bodi R25 lbih cakep dari N250Fi , yakin dah kabur smua potential buyernya,,,,

  2. Kyk nya untuk main 250cc 4 silinder gk mungkin bro..terutama mengenai regulasi emisi yg semakin nggilani, membuat pabrikan berpikir keras menciptakan mesin yg efisien.. ini juga mengacu kepada mesin2 moge 400cc keatas, banyak yg pakai 2 cilinder..ya karena efisiensi dan regulasi emisi.. CMIIW

    • Namanya jg barangkali bro… Siapa tahu kawak bikin 4 silinder euro3.. Lha mesin mobil 4 silinder aja bisa bikin euro4 kok… Hehehe… Semoga saja didenger ama kawak…. Kan josss permotoran

  3. klopun zx250rr rilis maning bakalan H2H sma cbr250rr dunk sma2 250cc 4cyl, tp mg2 memang iya ben tambah pening & panas sing milih…..wkkkwkkkkk

  4. klopun zx250rr rilis maning bakalan H2H sma cbr250rr dunk sma2 250cc 4cyl, tp mg2 memang iya ben tambah pening & panas sing milih…..wkkkwkkkkk

  5. minimal upgrade power, ya sukur2 jadi 34-35 atw sama 36 ps yg sebelumnya 32 ps

    padahal klw scr stroke panjangan r25, bore stroke r25 60 mm x 44,1 mm, ninja 250 fi 62 mm x 41,2 mm tapi power dn torsi tinggian r25, kyaknya keadaan standart tuning ala pabrikan dri pabriknya lebih baik r25 drpda ninja 250 fi

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*