(IMHO) Desain Motor Sport Jepang Paling Keren Ada Di 600 CC

yzf-r15

r15 lady

Yola dulur…desain motor saat ini begitu mempengaruhi keberhasilan penjualan sebuah motor, khususnya untuk motor sport fairing. Karena pangsa pasar motor sport fairing yang relatif mahal ini, para konsumennya relatif mempunyai pandangan yang kritis saat menentukan pilihannya. Kelas motor sport fairing tersegmented dimana konsumen membeli bukan karena faktor fungsionalitas, namun soal selera, performa, kesenangan dan pride. Sehingga akan selalu mempertimbangkan soal performa, desain dan harga, setelah digabungkan akan membentuk value yang sesuai dengan masing-masing pribadi.

Demam motor fairing ganteng ini dimulai sejak era ninja, khususnya ninja 250. Sebelumnya memang sempat ada motor fairing seperti cbr 150 old, suzuki fxr, ninja 150rr, namun efeknya tidak sebooming sekarang. Menurut ane, ini adalah faktor ninja effect, setelah terbiasa melihat kegantengan ninja 250, maka derajat standar soal kegantengan sebuah motor kita ikutan naik. Ganteng itu ya yang seperti ninja…ini opini deka, kalo punya opini lain ya silakan saja…namanya juga beda kepala, pasti beda pemikiran πŸ˜€ . Masih ingat soal CBR250 lawan sengit Ninja250 yang dibully di media internet gara-gara desainnya tidak begitu disukai oleh sebagian besar kalangan penyuka motor fairing? Dibilang muka s**p*k…lah, dibilang desainnya ele(k)gan lah, intinya desain berbicara…khususnya sektor muka aka kepala.

Kawasaki_Ninja_250R_vs_Honda_CBR_250R
Kawasaki_Ninja_250R_vs_Honda_CBR_250R

Nah berbicara mopang alias motor jepang, deka mengamati dari lintas kelas, dari kelaskecil, menengah sampai tingkat moge superbike, Desainnya ternyata ada sedikit perbedaan. untuk kelas dibawah 400 cc, rata-rata mengambil desain dari si kakak atau motor yang cc-nya lebih besar diatas 500 cc. Mungkin karena ingin terjual dalam jumlah banyak dengan harga yang relatif dibawah, membuat pabrikan mengambil aura mogenya ke motor kecilnya, biar pride-nya terangkat. Contohnya seperti ini baby r1, ini GSX-R kecil, Ini si baby fireblade, ini little ninja zx, dan lain-lain.

Sedangkan untuk kelas superbike 1000 cc, desain relatif “agak” dikesampingkan. Karena kelas ini khusus untuk biker yang Performa Oriented, sehingga pabrikan mendesain motornya yang mendukung performa, bukan visual yang diutamakan. Dan lagi, dimata deka…desainnya terlalu besar… unsur “besar” sangat ditonjolkan…image-nya its powerfull…..

Nah berbeda dengan kelas 600 cc, di sini deka memandang desain motor-motor sport jepang yang keren-keren ngumpul di kelas ini, dari kelas terkecil sampai 1000 cc, di kelas 600 cc adalah yang paling ganteng. Desainnya relatif serasi, kompak, tidak besar tidak kecil, dan rata-rata desainnya agak menyimpang dibanding yang 1000 cc. Menurut pendapat deka, mungkin hal ini disebabkan oleh pangsa pasar yang lebih besar dibanding 1000 cc, pasar yang lebih menggiurkan. Ada juga yang berpendapat bahwa pangsa pasar 600 cc di eropa khususnya, itu mirip kelas 250 cc dimarih, konsumennya kritis-kritis karena bagian dari kalangan menengah ( kelas eropa lho ya πŸ™‚ ). Sehingga pabrikan juga total dalam mendesain motornya, diluar performa masing-masing.

Coba lihat perbandingan beberapa motor kelas 1000 cc dan 600 cc antar merk berikut ini, menurut dulur-dulur sekalian cocok nggak dengan opini ane ini

Honda

Honda-CBR1000RR-Fireblade
Honda-CBR1000RR-Fireblade
Honda-CBR-600RR
Honda-CBR-600RR

Yamaha

yamaha yzf r1
yamaha yzf r1
yamaha yzf r6
yamaha yzf r6

Kawasaki

ninja zx1000r
ninja zx1000r
kawasaki-ninja-zx-6r-2014
kawasaki-ninja-zx-6r-2014
Suzuki-GSXR1000
Suzuki-GSXR1000
suzuki gsxr 600 black
suzuki gsxr 600 black

 

Bijimana dulur….punya opini lain? silahkan dishare..

By the way… dunia motor bagi ane begitu indah…seperti sebuah lirik lagu When The Sun Meet The Sky Eric johnson berikut ini

So when the sun…meets the sky… I’m gonna take a ride…get to where I do

http://www.youtube.com/watch?v=UJhzmgR9kLc

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

30 Comments

  1. Ternyata selera saia sama,,,,XD
    Kecuali kawasaki dengan ZX1000 nya, semua pabrikan lain terlihat lebih eye catching di kelas 600 cc nya,, kok bisa ya? Selera kita (org indonesia) saja kah? Atau??

  2. Klo ZX 10 ane dari desain n performa mrasa lbh pas ma ZX6R edisi 2013.. lbh cocok buat jln sni.. Sangat nurut ditikungan,plg kencang n kaya fitur.. Cb bro speknya di komparasikan.. Atau nyoba lgsg.. Hehe

  3. Desain CBR1000RR lbh ok, dari pada CBR600R…IMHO
    klo R6 & ZX6R ane sependapat ama ente bro deka…
    Suzuku no komen, kecuali GSR750, moge suzuki yg laen desainnya nggak bgt menurut ane.

  4. pajak PPNbm 125% nya naudzubillah ndan
    rentang 300-500 cc aj deh ada yg 3-4 silinder ga yah,.
    biar vroom vroom

  5. Dunia Superbike itu indah.
    Bicara tentang Superbike, ini Dreambike ku, Superbike tercantik & paling eksotis menurutku..

    1. MV Agusta F4 Series & F3 Series.
    2. Ducati 1299, 1199, 959, 899 Panigale Series & 848 Evo.

    Dari kecil udah cinta aja sama brand MV Agusta & Ducati. Enggak tau kenapa kayanya cantik aja. Apalagi MV Agusta motor paling indah di dunia.
    Cantik, indah, eksotis.. 3 kata buat kedua brand Dreambike ku ini!
    Motorcycles Is Art.. 3 kata khusus MV Agusta!

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. 78deka
  2. Karena Nggak Bisa Lolos Euro4, Honda Akan Kill CBR600RR | 78deka

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*