2 Blunder Suzuki Buat Satria FJ 115 Young Star

suzuki
satria fj 115 young star by monkeymotoblog
satria fj 115 young star by monkeymotoblog

Yola dulur….. suzuki satria fj115 young star ( panjang amat namanya ) sudah secara resmi diluncurkan oleh SIS. Untuk berikutnya, deka hanya akan menyebut motor underbone ini dengan FJ115. Sebenarnya underbone ayago satu ini punya potensi sebagai lumbung uang bagi Suzuki yang lagi kembang kempis eksistensinya. Namun lagi-lagi, sayangnya blue ocean yang terhampar manis tidak digunakan dengan baik. Pihak manajemen malah membuat riak, blunder untuk penjualan FJ115, menurut deka, minimal ada 2 blunder.Sekali lagi, ini hanya opini pribadi deka sebagai bike enthusiast, penggemar dunia permotoran. Jadi kadar kebenarannya tidak 100%, hanya sebatas sumbangsih opini. 2 blunder yang dilakukan oleh Suzuki yang deka tangkap ialah soal segmen market dan bandrol harga. 2 hal ini mempersempit kesempatan awal potential buyer yang terbuka lebar.

Segmen market fj115 sebenarnya sangat potensial, termasuk blue ocean atau lahan yang masih terbuka luas untuk ditanami, hanya meninggalkan kawasaki dengan athlete-nya, itupun kelas 125 dan kawak sendiri sudah enggan bercokol di kelas ini, sementara kelihatannya emang seperti itu. Di mata dekan pasar fj115 ini bisa diposisikan untuk beginner atau entry level kelas medium ( spek menengah kelas entry level ). Fj115 bisa disasarkan untuk orang yang butuh motor daily use dan relatif serbaguna tanpa meninggalkan gaya.

Segmen ini bisa menyasar orang mapan, pelajar, mahasiswa atau pekerja ( niaga ). Sayangnya dari persiapan kelahirannya, Suzuki sudah koar-koar bahwa motor ini menyasar anak SMP…. Jian tepok jidat bener. Sedikit konyol memang statment tersebut, pertama anak smp kisaran umur 13-16 tahun, tentu belum boleh berkendara, karena belum cukup umur untuk dapat SIM. Dan yang paling penting, menggiring mindset publik bahwa motor ini adalah motornya anak SMP, bener-bener mempersempit segmen pasar fj115.

suzuki-raider-j115-fi
suzuki-raider-j115-fi

Suzuki mungkin memang memposisikan fj115 sebagai motornya anak abg yang baru mengenal motor kali ya? Kelas dimana sensasi kencang dan gaya menjadi faktor utama. Suzuki sepertinya lupa kalau orang mapan, atau katakanlah orang dewasa dan pekerja dengan kemampuan motor entry level juga pengen bisa gaya. Deka sendiri sering ngobrol dengan orang umur diatas 40 sampai 50 tahun naik motor satria f atau nvl yang notabene motornya anak muda. Mereka beralasan membelikan motor buat anaknya, padahal mereka ternyata juga ingin tampil modis. Sisi liar anak muda memang sangat menyenangkan buat orang yang sudah lama berkeluarga, cuma banyak yang merasa malu untuk mengungkapkannya.

Suzuki seharusnya memaksimalkan mindset motor suzuki secara umum, motor kencang, bandel, minim perawatan, sebuah syarat bagi motor daily use atau motor entry level. Motor yang dipilih oleh orang yang hanya butuh 1 motor untuk aktivitas harian. Ini pasar yang lebih luas, seperti segmennya revo atau vega, atau jupiter z. Pembeda atau nilai plus dari FJ115 adalah soal gaya… Setang model lakinya memberikan taste macho atau liar… bahasa halusnya seksi.

Blunder kedua yang dilakukan adalah soal bandrol yang diatas 16 jutaan. Jelas ini akan mempersempit potential buyer, di rentang harga ini ada verza, jupiter mx, supra x, metik-metik kelas high entry level serta kawak athlete yang menjadi minoritas pilihan. Untuk kelas medium entry level moped harga segitu termasuk mahal…… Harusnya di rentang harga under 15 juta, atau dengan permainan cantik menjadi 14,9 juta. Untuk sebuah motor entry level, harga kepala 14 masih bisa dipertimbangkan….. 16 koma juta ??? Forget it…. Mungkin itu yang dipikirkan di kelas moped ini.

Atau Suzuki sendiri udah ngeper duluan, sehingga mereka mempersempit target jualan fj115 ini? wah… bahaya kalau ini bener. Suzuki lupa kalau masih ada yang sangat bangga naik motor suzuki…. Mereka memilih merk Suzuki dengan pikiran sadar… Sayangnya manajemen suzuki nggak sadar…. Lebih suka pingsan daripada ikut sikut-sikutan….

Bonus…. Only The Young ┬áBy Journey

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum