Review Movie : Le Mans Wajib Tonton Bagi Penggemar Mobil Balap Klasik Gulf Porsche VS Shell Ferrari

suzuki

Yola dulur yang Budiman…¬†Mumpung weekend, mari kita membahas review movie, barangkali bisa untuk mengisi waktu liburan lebih berkesan. Movie kali ini menyasar untuk penggemar mobil-mobil balap klasik era 60-70an. Dan balapan le mans 24 jam. Di film ini diwakili oleh persaingan antara team Gulf Porsche dan Shell Ferrari .

Movie dengan judul Le Mans, dengan aktor utama Steve McQueen. Namun jika anda menonton sepenuhnya film ini, justru mobil balap Gulf Porsche dan Shell Ferrari adalah aktor utamanya di film klasik karena pembuatan di era tahun 1970-1971.

Dan hebatnya, di era minim tehnologi effect film, lemans berhasil menyajikan gambar-gambar real seperti balap aslinya. Apalagi seorang McQueen yang perfectionist, sehingga bisa memberikan detail balapan lemans secara meyakinkan. Bahkan pembalap di film ini menggunakan mobil dan pembalap asli lemans tahun 70an.

Untuk mendapatkan gambaran real balapan lemans di tahun 1970, saat itu belum ada tehnologi efek digital, atau animasi 3D. Apalagi kamera-kamera mini era sekarang. Maka film ini memasang ratusan kamera yang ukurannya Segede Gaban di tiap mobil balap dan tiap sudut sirkuit.

 

Untuk penggemar mobil balap klasik, mata anda akan sangat dimanja oleh film ini. Banyak mobil-mobil balap klasik spek standar pabrikan sampai full racing seperti gulf Porsche 917 K, Porsche 917 LH, porsche 908, Ford GT, Lola, Shell ferrari 512S, Alfa Romeo, Chevy Corvette, jaguar, dan lain-lain tumpah ruah di film ini. Meskipun bagaimanpun Porsche adalah main actornya. Disini juga ngumpul merk-merk oli klasik dari elf, castrol, total, Lucas, Shell, dan tentunya Gulf.

Film lemans memang sangat unik. Di film ini, minim dialog antar pemain. Dialog pemain hanyalah pengisi dari cerita balapan. Ya… Dialog hanya secukupnya sebagai bagian kecil dari gambaran total balapan 24 jam lemans. Film ini tidak menjual dialog indah, kata-kata puitis dan emosi pemain. Tapi murni menggambarkan balapan lemans24 HR seriil mungkin.

Jadi film lemans minim drama. Bahkan film tidak ada efek shock, kaget, kejadian dramatis yang membuat kaget atau tegang. Semua mengalir alami layaknya kita menonton sebuah balapan di pinggir sirkuit. Meskipun demikian, kita akan dimanja dengan sengitnya persaingan balapan antara Gulf Porsche dengan Shell Ferrari. Dan film ini memang berdasarkan kisah nyata pemenangan Gulf Porsche di balap lemans tahun 1970 dan 1971.

Penggambaran kondisi balap lemans klasik 70 secara apik diwakili oleh film ini. Mata kita akan menangkap kondisi riil balapan kala itu, dari gambaran bahwa balapan selalu cantik. Padahal kondisi aslinya jauh dari kesan cantik… Berbeda dengan film tema balap lain seperti rush, days of Thunder, dan lain-lain yang full drama, tokoh utama menjadi pemenang…Hero.

Di film lemans, mobil balap akan nampak kumuh kotor penuh noda lumpur dan oli. Kokpit mobil juga nampak kumuh semrawut, minimalis khas mobil balap era jadul. Paddock juga tidak seindah gambaran kita. Begitu pula emosi dari semua anggota team sampai pembalap yang begitu riil seperti apa adanya saat balapan berlangsung. Tidak ada kondisi yang didramatisir. Kecuali di akhir balapan.

Film lemans juga tidak menampilkan pembalap adalah seorang Hero. Kemenangan yang ditunjukkan adalah kemenangan team. Tidak ada permusuhan dramatis antara pembalap jahat dan pembalap Hero. Yang ada hanyalah persaingan antar team dan pembalap. Friksi antar pembalap pun ditunjukkan seasli mungkin mirip kondisi nyata. Kadang persaingan emosi antar pembalap ada, namun mereka masih bisa jabat tangan atau saling sapa.

Jadi film ini adalah eyegasm bagi penggemar mobil klasik dan balap klasik. Film kaya dengan keindahan mobil-mobil klasik, serta kaya dengan suara dentuman mesin-mesin berbagai konvigurasi dari V12 sampai flat 12. Semua asli dan terpampang jernih. Berikut ini salah satu link film lemans dengan kualitas HD.

https://indoxx1.com/movie/le-mans-1971-4kg/play

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum