10 Cara Termurah Untuk Membuat Motor Lebih Kencang

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Kebetulan dapat tips dari media motor luar negeri, tentang bagaimana membuat kencang motor dengan dana paling murah dan mudah. Saat kita memiliki motor, pada suatu titik memang menginginkan kenaikan performa atau ingin membuat motor kita lebih kencang. Namun pada umumnya soal ini tentu akan melibatkan banyak uang, duit agar motor kita lebih kencang. Padahal kita bisa memulai dengan cara yang termurah dulu. Berikut ini 10 tips termurah tersebut.

1. Ganti filter udara 

Dengan mengganti filter udara jenis racing, tentu akan memperlancar udara yang masuk ke ruang bakar. Ada banyak pilihan, dari jenis open filter dan lainnya. Ngadimin sendiri memakai filter udara racing yang terbuat dari serat stainless dan tetap menggunakan box udara asli, jadi bukan open filter. Efeknya, ya itu tadi…. nafas lebih plong, tarikan lebih enteng. Efeknya…. Anda harus lebih rutin membersihkan sektor ini karena kemampuan filtrasi dibawah filter bawaan.

2. Ganti ban

Mengganti ban dengan jenis coumpound yang lebih lunak tentu akan membuat motor lebih kencang. Ban sebagai sarana menyalurkan tenaga motor menjadi kecepatan diatas aspal. Semakin grip bagus, maka loss power akan minim. Traksi ban yang bagus juga akan meningkatkan kemampuan manuver motor saat menikung… motor terasa lebih kencang.

3. Upgrade sistem pengereman

Dengan mengupgrade sistem pengereman dari master, selang, kaliper dan kampas rem, membuat sistem penurun kecepatan lebih bagus. Ini berarti anda bisa membetot gas lebih lama dan mempunyai jarak pengereman lebih pendek. Dalam satu titik berhenti, dengan sistem rem yang lebih advance, anda akan lebih cepat daripada motor yang punya sistem pengereman standar.

4. Pasang Frame Slider

Lho… bukannya frame slider tidak ada hubungannya dengan penambah kecepatan? BETUL….. Namun dengan menambahkan frame slider, rasa pede lebih tinggi saat menikung, kekhawatiran motor rusak parah saat lowside terminimalisir dengan adanya frame slider, anda tidak khawatir lagi untuk menikung, dan itu menambah kepedean saat menikung lebih miring. Makin miring, kecepatan saat menikung lebih kencang.

5. Memakai full Wearpack

Ini juga tidak berhubungan langsung dengan penambah kecepatan. Efeknya sama dengan frame slider. dengan memakai full wearpack protector, anda lebih berani dalam berkendara karena meminimalisir cidera saat kecelakaan. Anda akan lebih berani mempush motor anda.

6. Setup Susupensi

Mungkin akan lebih mudah jika motor anda memang full setup suspensi, bisa diatur preload atau rebound dampingnya. dengan settingan yang pas, motor lebih kencang saat menikung.

7. Ganti oli suspensi

Poin 6 bisa dilakukan jika memang motor anda suspensinya bisa diadjust, bagaimana jika suspensi bawaan tidak bisa disetting. Cara termudah adalah mengganti oli suspensi dengan oli yang lebih kental. Ngadimin pernah uji coba menggunakan oli gardan sae 90 untuk suspensi depan. Efeknya? motor lebih enak untuk menikung dan suspensi tidak mudah mentok saat ketemu jalan bergelombang, anda lebih pede saat menikung.

8. Atur tekanan ban

Tekanan udara ban bia berpengaruh untuk performa sekitar 5-10%. jika ban kurang tekanan maka performa akan berkurang dan membuat motor lebih susah untuk dikontrol. Atur tekanan ban agar sesuai dengan rekomendasi idealnya.

9.  Stomp Grip

Stomp grip adalah sejenis pelapis untuk meningkatkan grip paha saat menggapit tangki motor. Saat riding kecepatan tinggi dan menikung, cara membelokkan motor adalah dengan kendalai paha ke tangki, menekan ke arah belokan. Fungsi stomp grip adalah agar grip paha lebih lekat saat menekan tangki. Feel menikung akan lebih dapat.

10. Ganti Sproket

Cara ini setengah benar, setengah salah. dengan menaikkan atau menurunkan ratio sproket atau gear depan-belakang maka karakter motor akan berbeda. jika ratio rendah maka topspeed bertambah, sedangkan menaikkan ratio berarti menambah akselerasi tapi topseed terpangkas… pilih perbandingan yang sesuai dengan karakter track dan gaya anda.

Bonus Tips : Tingkatkan skill berkendara

Ini jelas cara jitu untuk membuat motor anda lebih kencang di jalan. Percuma motor lebih kencang, tapi skill anda tidak berkembang…. ya tooohh?????

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum