10 Alasan Suzuki SV650 Adalah Motor Mengagumkan

suzuki

suzuki sv650 old

Yola dulur yang budiman…. membaca artikel di media motorcycle.com tentang motor suzuki sv650, deka kok pengen berbagi pada dulur sekalian. Motor yang mirip dengan suzuki bandit, tapi bermesin 650 cc V-twin ini sungguh mendapatkan pujian mulai generasi pertamanya. Berikut ini 10 alasan kenapa sv650 merupakan motor yang mengagumkan.Tentu dengan terjemahan deka yang kelas inggrisnya cas-cis-cus.

1. Harganya Murah

Orang barat sono merekomendasikan untuk biker pemula agar membeli motor seken untuk dijadikan motor pertamanya, alasannya simple, depresiasi harganya rendah, berbeda dengan motor baru. Nah SV650 sangat cocok untuk dijadikan motor pertama karena harganya cukup murah, untuk model tahun 2006 saja cukup dengan harga dibawah 3000 dolar atau di bawah 33 juta, bahkan ada yang berharga 2500 dolar.

sv650 suspensi

2. Onderdilnya Murah

Enaknya memelihara motor berharga murah adalah onderdilnya juga berharga murah. SV65o adalah t5ermasuk motor bandel, namun jika memang terjadi pergantian part, banyak tersedia di toko online, salah satunya di E-bay yang menyediakan onderdil SV650, bahkan bisa lebih murah dari harga diler.

sv650 halffairing

3. Bagus Untuk Pembelajaran

Menjadikan SV650 sebagai motor pemula memang masih menjadi perdebatan. Memang jika baru bisa naik motor, SV tidak direkomendasikan. Namun bila anda mampu naik motor trail, atau bisa mengatur dan merasakan keseimbangan, mampu mengoperasionalkan persneling, maka pilihlah SV650. Motor ini model naked, dengan stang clip on ( jepit ), namun posisi agak tegak sehingga lebih mudah diajak bermanuver. Walaupun motor kommuter, SV juga enak digunakan di track sirkuit. Keuntungan lainnya, part body SV650 minim, sehingga untuk belajar bongkar part akan lebih mudah, akses mudah untuk belajar oprek mesin.

4. Banyak Orang Yang Berpengalaman Dengan Seluk-Beluk SV650

Jika anda kesulitan atau ingin tahu tips-tips memelihara SV650, banyak forum tersedia. Di situ banyak yang sudah berpengalaman dan hafal dengan karakter SV. Anda bisa bertanya apa yang harus dilakukan atau janagan dilakukan dengan SV650. Rekomdasi toko, onderdil, cara bongkar, cara upgrade, de el el ada di forum, salah satunya di SVrider.com .

5. Gampang Up-Grade

Walaupun SV650 standar sudah cukup bagus, namun masih banyak area yang bisa dimaksimalkan lagi. Jika anda suka upgrade motor, tersedia banyak part aftermarket. Mulai dari suspensi depan, suspensi belakang yang sama dudukannya dengan gsx-r, karburator kit untuk gen 1, atau power commander untuk yang injeksi. Semua dengan harga relatif murah, dan tinggal plug and play, mudah dilakukan.

6. Bisa Up-Grade Lebih Tinggi Lagi

Jika anda maniak oprek, SV bisa dioprek lebih dalam. SV650 secara default punya power 70 DK dengan mesin 645 cc V-twin. Jika belum puas, maka tersedia paket bore-up kit yang mampu memproduksi 100 dk. Tentu hal ini harus dilakukan dengan bongkar mesin  total, tapi masih dibilang “bisa dikerjakan”… dan tentunya harganya diatas 10 jutaan. Begitu pula dengan velk, serta suspensi yang bisa diupgrade menggunakan kelas GSX-R.

sv650 trail

7. Benar- Benar Motor Multi Fungsi

Pada dasarnya SV650 adalah motor kommuter yang mengagumkan. Namun jika anda penyuka dirtbike atau trail, Sv bisa dimodif menjadi motor trail yang reliable. Banyak yang melakukannya karena motor ini memang tangguh. Bahkan ada yang menggunakan untuk motor flat track ( balap drifting ). Jika dipasang box, maka akan menjadi motor turing yang bagus.

sv650 racing

8. Tetap Kompetitif Di Fun Race

SV650 mulai debutnya di tahun 1999,tidak lama setelah itu langsung menjuarai fun race di seluruh negeri ( amerika ). Hebatnya, setelah 16 tahun, motor ini masih relevan…. di tingkat fun race, dan masih memenangkan balapan.

sv650 half fairing on street

9. Tidak Capek Dikendarai

Memang banyak motor yang lebih cepat, lebih powerfull, lebih mudah handlingnya. Tapi SV650 memberikan performa yang menyenangkan. Bahkan untuk ukuran biker tulen, performa sv memberikan hiburan yang lain. Untuk Track Day, Sv tidak memberikan performa yang overpower saat digunakan, khususnya untuk mempertahankan kecepatan di saat melahap corner untuk mempertahankan fastlap. Sebagai motor kommuter, karakter V-twin di SV punya karakter torsi di rpm bawah- menengah,sangat lincah untuk selap-selip.

sv650 side

10. SV650 Reborn

Saat Suzuki mengganikan seri SV dengan Gladius, para enthusias dan media tidak setuju dengan langkah suzuki. Dan, pengaruhnya sangat kuat, suzuki akhirnya me-reborn seri SV, dan langkah ini sangat strategis, karena motor yang diingini oleh publik jelas akan punya nilai tinggi. Semoga suzuki memberikan hal sihir baru di new sv650.

Sumber : motorcycle.com

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply